x

Iklan

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Rabu, 21 Agustus 2019 15:07 WIB

Pembelajaran Online Gratis untuk Isi Kegiatan Belajar di Rumah

Pembelajaran berbasiskan teknologi ( edutech) memiliki komitmen menolong siswa di daerah terpengaruh Covid-19 untuk selalu belajar dengan cara mandiri berkaitan kebijaksanaan penghentian pekerjaan belajar di sekolah oleh beberapa pemerintah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebanyak 5 platform pembelajaran berbasiskan teknologi ( edutech) memiliki komitmen menolong siswa di daerah terpengaruh Covid-19 untuk selalu belajar dengan cara mandiri berkaitan kebijaksanaan penghentian pekerjaan belajar di sekolah oleh beberapa pemda. Beberapa pihak yang konsentrasi meningkatkan skema pendidikan dengan cara daring serta akan memberi pertolongan diantaranya Kelas Pintar, Microsoft, Ruangguru dan Sekolahmu.

Mendikbud Nadiem Makarim memberi apresiasi atas dukungan ini. "Kami menghormati mitra-mitra di bidang swasta yang dengan cara suka-rela memberi dukungan skema pendidikan nasional serta pastikan beberapa siswa terus belajar berdasar sasaran yang sudah diputuskan oleh guru serta sekolah sesuai dengan keperluan serta implementasi evaluasi dengan tuntunan orangtua serta guru dari jarak jauh," tutur Nadiem Makarim

Dia mengharap dukungan perusahaan bagian tehnologi pendidikan bisa jadi bentuk "gotong royong pendidikan" serta jadi jalan keluar bersamaan menambahnya kebijaksanaan Pemda hentikan sesaat kegiatan belajar di sekolah untuk menahan penebaran Covid-19.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berikut daftar platform dan Website pembelajaran jarak jauh yang akan memberikan fasilitas untuk bisa digunakan dalam proses belajar secara gratis :

Rumah Belajar Kemendikbud

Kemendikbud meningkatkan aplikasi evaluasi jarak jauh berbasiskan portal serta android Rumah Belajar. Beberapa feature favorit yang bisa dibuka oleh peserta didik serta guru salah satunya Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, serta Bank Masalah. Rumah Belajar bisa digunakan oleh siswa serta guru Pendidikan Anak Umur Awal (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Akses Rumah Belajar: https://belajar.kemdikbud.go.id

Kelas Pintar

Pendiri Kelas Pintar memberi dukungan langkah antisipatif Kemendikbud untuk meminimalkan penebaran Covid-19 di Indonesia. Menurut dia, pemberhentian sesaat pekerjaan belajar mengajar di sekolah, tidak lalu membuat proses belajar siswa berhenti. Siswa dapat terus belajar dengan cara daring, guru dapat terus memberi pendampingan dalam proses belajar siswa, serta orangtua dapat memantau perubahan belajar anaknya. Semuanya dapat dikerjakan dengan jalan keluar pendidikan berbasiskan tehnologi seperti Kelas Pintar. "Sepanjang sebulan ke depan, Guru atau Siswa di semua Indonesia dapat memakai jalan keluar belajar daring dari Kelas Pintar dengan gratis. Supaya proses evaluasi siswa masih bersambung, kapan serta dari mana saja," jelas Uffie.

Akses Kelas Pintar: https://kelaspintar.id

Microsoft Teams

Benny Kusuma, Education Lead PT. Microsoft Indonesia menerangkan faksinya sediakan akses Office 365 untuk pendidikan. Untuk manfaatkan sarana ini, faksi sekolah perlu sediakan domain lembaga jadi jati diri digital beberapa guru serta murid. Dengan sarana Teams dalam Office 365, proses belajar mengajar masih bisa berjalan dengan cara digital serta guru dapat bertatap muka dengan murid lewat sarana video conference jika diperlukan. "Guru bisa mengirim materi ajar berbasiskan teks, suara atau video lewat teams class pada beberapa muridnya. Demikian juga beberapa murid dapat berdiskusi dengan guru serta murid lainnya di teams class itu," jelas Benny.

Akses Microsoft Office 365: https://microsoft.com/id-id/education/products/office

Ruangguru

Belva Devara, Chief Executive Officer (CEO) serta Pendiri Ruangguru memberitahukan pembukaan Sekolah Online Ruangguru Gratis. Lewat program ini, beberapa siswa bisa ikuti evaluasi jarak jauh dengan cara daring (live teaching) tiap hari Senin sampai Jumat, seperti sekolah seperti biasa. Diawali pada Senin, 16 Maret 2020, siswa dapat ikuti evaluasi Sekolah Online Ruangguru Gratis dari jam 08.00 - 12.00 WIB, dimana akan ada 15 kanal live teaching yang meliputi semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional dari mulai kelas 1 SD sampai kelas 12 SMA (IPA serta IPS), yang dibantu Master Teachers Ruangguru. “Para guru di Indonesia dapat ikuti Training Guru Online gratis sepanjang sebulan kedepan. Ada 250 video serta modul training guru yang meliputi materi-materi kompetensi fundamen di bagian pedagogik serta profesional,” jelas Belva.

Akses Sekolah Online Ruangguru Gratis: https://ruangguru.onelink.me/blPk/efe72b2e

Sekolahmu

Radinka Qiera, Direktur Sekolahmu sudah mengadakan evaluasi kelas atau profesi dengan bekerjasama bersama-sama beberapa ratus sekolah serta organisasi. Evaluasi daring ini diperuntukkan buat semua murid, guru, serta orangtua. Program-program yang disiapkan Sekolahmu sudah direncanakan dengan benar-benar baik oleh team akademik yang eksper dalam mengaplikasikan evaluasi berbasiskan kompetensi yang sukses. "Sekolahmu akan sediakan kelas-kelas home learning buat semua tahap dari pra-sekolah sampai SMA, orangtua, jadi alternatif pekerjaan belajar mengajar di sekolah yang akan dikurangi atau ditutup sebab Covid-19 dengan gratis. Kami memfasilitasi sekolah serta guru untuk selalu bisa mengajar sesuai dengan kurikulum yang diperlukan dengan cara fleksibel," jelas Radinka.

Akses gratis belajar online Sekolahmu: https://www.sekolah.mu/tanpabatas

Ikuti tulisan menarik Redaksi Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB