Babinsa Modongan Koramil Sooko Dampingi Petani Panen Padi Ciherang - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Babinsa Koramil 0815/03 Sooko Pelda Sunaryo saat mendampingi petani panen padi

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 26 Agustus 2019 22:58 WIB
  • Gaya Hidup
  • Pilihan
  • Babinsa Modongan Koramil Sooko Dampingi Petani Panen Padi Ciherang

    Dibaca : 342 kali

    Mojokerto, - Babinsa Koramil 0815/03 Sooko Kodim 0815 Mojokerto Pelda Sunaryo turun langsung mendampingi petani panen padi di Desa Modongan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (26/08/2019).

    Panen padi varietas Ciherang di lahan seluas 5.000 meter atau 0,5 hektar milik Haryono, anggota kelompok tani (Poktan) Margo Tani, Dusun Tangkil Desa Modongan tersebut, dilakukan secara manual dengan bantuan buruh tani dari desa sekitar.

    Pelda Sunaryo mengungkapkan, perkiraan gabah yang dihasilkan dalam panen padi tersebut mencapai tiga setengah ton. Berarti produktivitas padi dalam satu hektar sebanyak tujuh ton. Namun itu belum dikurangi manakala terjadi penyusutan.

    “Untuk harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani saat ini berada di kisaran Rp 4.600,- per kilogram. Sedangkan harga gabah kering giling (GKG) antara Rp 4.900,- hingga RP 5.100,- akan tetapi harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu,” ungkapnya.

    Terpisah Danramil 0815/03 Sooko Kapten Inf Hari Subiyanto, mengungkapkan, aktivitas pendampingan merupakan bagian tugas dan tanggungjawab Babinsa dalam upaya khusus ketahanan pangan guna membantu petani mewujudkan swasembada pangan sesuai yang diprogramkan pemerintah.

    Danramil berharap dengan turunnya Babinsa ke lapangan, selain memberikan motivasi juga mampu mengidentifikasi setiap kendala dan hambatan yang dihadapi petani guna dicarikan solusi mengatasinya. “Namun tentunya dalam pelaksanaannya dikoordinasikan dengan PPL dan Poktan,” pungkas pria kelahiran daerah Matraman.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.