x

Iklan

Ahmad Irso Kubangun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 29 Agustus 2019 15:28 WIB

Tetap Indonesia, Jangan Ada Lagi Deiyai Lainnya

Sabang sampai Merauke adalah Indonesia. Dari Aceh hingga Papua terajut dalam bingkai persatuan sebuah negara berdaulat yakni NKRI. Itu harus terus terawat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sabang sampai Merauke adalah Indonesia. Dari Aceh hingga Papua terajut dalam bingkai persatuan sebuah negara berdaulat yakni NKRI. Itu harus terus terawat.

Dari Tanah Papua, kabar tentang gejolak yang terjadi di sana belum juga usai. Baru saja kembali terjadi kontak senjata di Deiyai, Papua, antara oknum tidak bertanggungjawab dengan pihak TNI dan Polri.

Kabarnya: seorang prajurit TNI dan dua anggota Polri tewas dalam baku tembak itu. Sedangkan informasi lainnya masih ditelusuri kebenaran validitasnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Papua tidak boleh lepas dari rajutan NKRI. Mutlak. Harus. Bukan kebijakan yang boleh dinegosiasikan, ditawar-tawar. Artinya: segala upaya harus ditempuh supaya Papua damai lagi.

Dengan begitu sudah tepat sikap pemerintah untuk mengutamakan upaya menciptakan ketertiban dulu di Papua. Terjaminnya suasana aman adalah priorotas dan merupakan langkah baik.

Bila Papua telah tenang kembali, maka yakinlah segala hal yang menjadi akar masalah pergolakan di sana bakal dapat diselesaikan. Dituntaskan penyebabnya.

Menuju itu sudah sepatutnya masyarakat memberikan dukungan total ke pemerintah Indonesia. Papua tidak akan tenang dan damai lagi jika oknum provokator tidak ditumpas, ditangkap dan diproses hukum.

Jangan diskreditkan pemerintah Indonesia bila menempuh upaya tegas untuk menindak pelaku provokator gejolak di Papua. Sebab dengan ditindaknya provokator Papua maka wilayah itu bakal aman kembali. Seperti diinginkan mayoritas warga Papua.

Lalu kembali juga kepada kita sebagai masyarakat agar terus merawat persatuan dengan seluruh anak bangsa. Dari provinsi manapun sebab semua adalah pemilik NKRI.

Jangan malah menyudutkan sepihak kepada kelompok tertentu. Sebaliknya: suara yang harus disampaikan adalah pesan perdamaian dan persatuan di NKRI. Tidak meneriakkan ungkapan provokasi. Atau juga malah terprovokasi.

Papua itu Indonesia. Dan Indonesia memiliki Papua. Persatuan tak boleh lepas untuk utuhnya kedaulatan NKRI. Semoga Papua damai. Tidak ada lagi peristiwa serupa di Deiyai.

Ikuti tulisan menarik Ahmad Irso Kubangun lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler