x

Warga Dusun Jatiroto, Manggis, Mojosongo, Boyolali mengikuti pawai obor di di sepanjang jalan kampung mereka, Sabtu (31/8/2019).

Iklan

Eksani Boyolali

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Mei 2019

Senin, 2 September 2019 10:44 WIB

Tahun baru 1441 Hijriyah, Warga Jatiroto Boyolali Gelar Pawai Obor

BOYOLALI (JAWA TENGAH) --- Ratusan warga di Dukuh Jatiroto, Manggis, Mojosongo, Boyolali menggelar pawai obor dalam rangka memperingati tahun baru islam 1441 Hijriyah, Sabtu (31/8/2019). Warga yang terdiri dari jam’ah masjid dan anak anak TPA ini berjalan menyusuri sepanjang jalan kampung mereka dengan jarak sekitar 1 kilo meter. Sebelum pawai obor dimulai, warga melaksanakan shalat magrib berjamaah di masjid setempat, tepat pada pukul 18.30 WIB warga yang sudah berkumpul di depan masjid langsung berdoa dan menyalakan obor yang sudah mereka siapkan. Tidak hanya orang dewasa saja, namun juga anak anak, remaja hingga orang tua ikut meramaikan pawai obor tersebut. Menurut salah satu takmir masjid, M. Adni (54) mengatakan, “kegiatan ini bertujuan untuk mengenang perjuangan Nabi Muhammad saw saat hijrah dari mekah ke madinah selain itu juga memohon kepada Allah untuk keselamatan kampung, keamanan bangsa serta kebahagiaan warga kampung kami, kegiatan ini sudah kami laksanakan setiap tahun, kali ini ada sekitar 150 obor yang kami nyalakan untuk ikut pawai, harapannya warga bisa mengenang para nabi dan para wali dengan dengan bermujahadah dan pawai obor ini, Ujarnya. Sementara itu ketua RT setempat, Joko Purnomo, “mengatakan “kegiatan ini menyongsong peringatan tahun baru islam 1441 Hijriyah, selain itu juga berharap kampung kami aman, tidak ada pengacau dari dalam maupun dari luar kampung, warga kami diberikan kesehatan dan keselamatan oleh Allah SWT,” Ungkapnya. Setelah pawai obor selesai warga menuju masjid untuk melaksanakan shalat isya berjamaah dan dilanjutkan bermujahadah, harapannya kegiatan ini bisa meningkatkan ketaqwaan warga serta mengenang hijrahnya Nabi Muhammad SAW. (Eksani)

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Peringati Tahun baru 1441 Hijriyah, Warga Jatiroto Boyolali gelar Pawai Obor

BOYOLALI (JAWA TENGAH) --- Ratusan warga di Dukuh Jatiroto, Manggis, Mojosongo, Boyolali menggelar pawai obor dalam rangka memperingati tahun baru islam 1441 Hijriyah, Sabtu (31/8/2019). Warga yang terdiri dari jam’ah masjid dan anak anak TPA ini berjalan menyusuri jalan kampung mereka dengan jarak sekitar 1 kilo meter.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelum pawai obor dimulai, warga melaksanakan Shalat Magrib berjamaah di masjid setempat. Tepat pada pukul 18.30 WIB warga yang sudah berkumpul di depan masjid langsung berdoa dan menyalakan obor yang sudah mereka siapkan. Tidak hanya orang dewasa saja, namun juga anak anak, remaja hingga orang tua ikut meramaikan pawai obor tersebut.

Menurut salah satu takmir masjid, M. Adni (54) kegiatan ini bertujuan mengenang perjuangan Nabi Muhammad saw saat hijrah dari Mekah ke Madinah. Selain itu juga memohon kepada Allah untuk keselamatan kampung, keamanan bangsa serta kebahagiaan warga kampung. "Kegiatan ini sudah kami laksanakan setiap tahun, kali ini ada sekitar 150 obor yang kami nyalakan untuk ikut pawai," kata dia. Adni berharap warga bisa mengenang para nabi dan para wali dengan dengan bermujahadah dan pawai obor ini.

Ketua RT setempat, Joko Purnomo, mengatakan kegiatan ini digelar menyongsong peringatan tahun baru Islam 1441 Hijriyah. "Kami juga berharap kampung aman, tidak ada pengacau dari dalam maupun dari luar kampung, dan warga kami diberikan kesehatan dan keselamatan oleh Allah SWT,” kata dia.

Setelah pawai obor selesai warga menuju masjid untuk melaksanakan shalat Isya berjamaah dan dilanjutkan bermujahadah. Mereka berharap kegiatan ini bisa meningkatkan ketaqwaan warga serta mengenang hijrahnya Nabi Muhammad SAW. (Eksani)

Ikuti tulisan menarik Eksani Boyolali lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB