x

Iklan

danar dono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Juli 2019

Rabu, 4 September 2019 07:49 WIB

Seseorang yang Mengubahmu

Kiat memotivasi diri menggunakan pendekatan self determination theory (SDT)

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Terkadang (atau seringkali) kita mencari-cari seseorang (entah keluarga, pasangan, sahabat) yang ‘bersedia’ memotivasi dan memberikan petunjuk setiap saat supaya kita bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih baik sebagaimana yang kita impikan. Tapi pencarian pada ‘seseorang’ itu akhirnya tak membuahkan hasil. Tak seorang pun yang ‘memahami diri’ kita. Sehingga kita lelah lalu membersihkan diri dan melihat ternyata ‘seseorang’ kita cari ada di permukaan air atau cermin. Seseorang itu adalah “aku”.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum kaum itu sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka” (QS. Ar-Ra’d [13]: 11).

Jika kita menelisik ilmu psikologi, terdapat teori bernama “Self Determination Theory ” (SDT). Menurut teori ini, motivasi seseorang tergantung pada determinasi (tekad) dari orang itu sendiri. Determinasi diri adalah motivasi intrinsik keadaan yang berasal dari dalam diri individu sendiri yang dapat mendorong melakukan tindakan tujuan yang individu inginkan sendiri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jika kita menginginkan mencapai kesuksesan, maka determinasi/ kebulatan tekad kita-lah yang pada akhirnya akan menemukan bagaimana kita bisa tetap ‘gigih’ memperjuangkan apa yang kita impikan hingga berhasil. Kita beranggapan dan barangkali sering berkata, “Saya ingin sukses supaya bisa membahagiakan masyarakat, keluarga, pasangan, anak, dll”, tapi pernahkan kita berkata, “Saya ingin sukses supaya saya bisa bahagia.” Itulah yang disebut determinasi diri.

Tak peduli bagaimana kita ingin mencapai kesuksesan, pada akhirnya kesuksesan itu untuk diri kita sendiri (terlepas dari efek makronya seperti apa), maka dari itu kita-lah yang menetapkan usaha-usaha untuk mencapainya. Untuk itu, kemandirian, kompetensi, dan rasa percaya diri mutlak diperlukan mengusahakan impian kita masing-masing.

Oleh karena itu, jika kita ingin mencapai kesuksesan itu, maka impian kita ‘seharusnya’ lahir dari kemauan kita sendiri, bukan dari kata orang, sehingga ketika ada halangan atau ‘godaan’ kita tetap ‘keukeuh’ memperjuangkan apa yang kita impikan dengan kemandirian, kompetensi dan rasa percaya diri yang kita miliki. Demikianlah SDT mengajar kita.
#motivasi #SDT #Determinasi #tekad #kemandirian #kompetensi #relasi

Ikuti tulisan menarik danar dono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB