x

Kampus hijau UPH Sangat Kondusif untuk Belajar

Iklan

Rosse Hutapea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Agustus 2019

Jumat, 6 September 2019 21:57 WIB

Kampus Hijau UPH Raih Peringkat 23 Nasional Versi UI GreenMetric 2018

Kampus UPH didesain dengan konsep green campus, dimana area kampus didominasi oleh taman hijau dan rindang, menciptakan lingkungan yang aman dan sehat, serta kondusif untuk belajar begitu juga untuk beraktivitas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sejak berdiri, Universitas Pelita Harapan (UPH) yang berada dilingkungan Lippo Village, Karawaci, Tangerang, telah dirancang dengan konsep green campus. Area kampus didominasi taman hijau dan rindang, sehingga menciptakan lingkungan yang aman dan sehat. Tentu saja juga kondusif untuk belajar dan beraktivitas. Tidak salah jika kampus hijau UPH menjadi kampus pilihan bagi yang menyukai lingkungan hijau.

Perbandingan ideal antara area terbuka hijau dengan bangunan sangat diperhatikan. Penataan pohon dan taman di area hijau ini pun ditindaklanjuti dengan pemeliharaan rutin oleh tenaga outsource yang secara khusus merawat dan menjaga kebersihan taman setiap hari. Pengelolaan sampah  di lingkungan kampus UPH diolah khusus dan dimanfaatkan menjadi kompos. Juga disediakan lahan untuk pembudidayaan tanaman, agar dapat semakin mewujudkan suasana kampus yang asri.

Selain perwujudan lingkunan hijau dan sehat, UPH secara rutin mengkampanyekan kampus yang bebas rokok. Setiap tahunnya, organisasi kemahasiswaan bergabung untuk menyuarakan gerakan bebas rokok. Tujuannya, selain menjaga lingkungan, juga untuk mewujudkan gaya hidup generasi muda lebih sehat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mahasiswa di UPH juga diajak aktif peduli lingkungan melalui kegiatan-kegiatan yang menumbuhkan semangat cinta lingkungan. Seperti proyek pengabdian masyarakat yang dikoordinasi departemen kemahasiswaan, diantaranya yang sudah dilakukan menanam 3 ribu bibit pohon bakau di Pantai Marunda, Jakarta Utara. Juga ada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala (mahasiswa pencinta alam), serta kegiatan lainnya yang terkait dengan lingkungan.

Para dosen dan mahasiswa dari berbagai program studi juga aktif melakukan riset terkait lingkungan, seperti prodi Arsitektur, Bioteknologi, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Industri dan Biologi. Beberapa riset yang sudah dilakukan diantaranya manajemen  pengelolahan sampah, teknologi ramah lingkungan,  pemanfaatan solar cell, dan beberapa topik lainnya.

UPH terus meningkatkan aspek-aspek green campus, sebagai tanggung jawab kepada lingkungan sekaligus kepada masyarakat. Dengan demikian UPH  layak menjadi pilihan unggul bagi siswa yang mencari kampus yang kondusif untuk belajar, serta pilihan terbaik bagi orang tua untuk mengirim anak-anak mereka belajar di kampus aman dan sehat.

UI GreenMetric 2018 menyadari inisiatif UPH serta universitas-universitas lainnya untuk mendorong generasi muda lebih menyadari kepentingan menjaga kondisi bumi yang semakin lama semakin berbahaya. Posisi ke-23 nasional dan 451 sedunia ini mendorong UPH terus berkembang dan lebih lagi fokus pada penyediaan ruang hijau, serta melakukan riset lebih mendalam di bidang pelestarian lingkungan. Tujuan semua itu adalah untuk mewujudkan kampus yang sehat bagi seluruh mahasiswa dan publik.

Ikuti tulisan menarik Rosse Hutapea lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler