UI, ITB, IPB, UB, UGM, dan ITS Masuk Ranking Universitas Dunia - Viral - www.indonesiana.id
x

Ranking Universitas Dunia 2020

Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 17 September 2019 17:33 WIB
  • Viral
  • Pilihan
  • UI, ITB, IPB, UB, UGM, dan ITS Masuk Ranking Universitas Dunia

    Dibaca : 9.520 kali

    Universitas Brawijaya (UB) "mengungguli" Universitas Gadjah Mada dalam rangking universitas dunia yang dirilis oleh The Times Higher Education (THE) World University Rangkings 2020. Dalam laman resminya, UB dan UGM diketogorikan di urutan 1001+ namun UB ditempatkan lebih tinggi.

    Ada pun enam besar universitas di Indonesia dalam rangking dunia ini berturut-turut adalah Universitas Indonesia (di rnagking 601-800), Institut Teknologi Bandung (1001+),  Institute Pertanian Bogor (1001+), UB, UGM, dan  ITS (1001 +).

     THE menggunakan 13 indikator yang dikalibrasi secara hati-hati untuk mengukur kinerja universitas di 92 negara. Indikator itu, antara lain, soal pengajaran, pencapaian riset, publikasi internasional, proses transfer ilmu pengetahuan dan lain-lain.

    Berdasar itu, Universitas Indonesia memperoleh skor total 28.3–35.2, dengan rincian proses pengajaran 38.7, penelitian 19.2, kutipan internasional 16.7, sinergi dunia industri 81.6, dan pandangan internasional 53.7

    Seluruhnya ada 1400 peguruan tinggi yang dipantau. Hasil pemeringkatan ini diaudit oleh PricewaterhousCoopers, sehingga menjadi kepercayaan mahasiswa, para guru, dan kalangan industri di seluruh dunia.

    Perguruan tingi mana yang menempati posisi puncak? Untuk empat tahun berturut-turut Universitas Oxford memimpin di peringkat pertama. Urutan kedua disegel oleh Institut Teknologi Kalifornia yang tahun sebelumnya ada di peringkat ke-4. Tahun ini Universitas Cambridge turun ke posisi 3.

    Sementara itu Stanford, Yale, Harvard, dan Imperial College London muncul di sepuluh besar.

    Bagaimana dengan Asia? Benua terbesar ini boleh berbangga karena dua universitas Cina Daratan ada di peringkat 23 dan 24, yakni Universitas Tsinghua dan Peking. Universitas-universitas di negara ini terus memperluas pengaruh dan kehadiran mereka di panggung dunia.

    Kita tunggu kiprah perguruan tinggi dalam negeri agar segera bisa menerobos peringkat elite dunia.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.