x

Iklan

Aurelia Natasya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Juli 2019

Rabu, 2 Oktober 2019 08:31 WIB

MOKA dan Qwords Berbagi Inspirasi Bisnis Teknologi di UPH


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Digitalisasi memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Hingga kini, melalui inovasi teknologi informasi, digitalisasi telah merambah ke berbagai sektor, salah satunya yang paling berkembang pesat adalah sektor bisnis.

Bagaimana implementasi teknologi digital dalam dunia bisnis dibagikan oleh dua perusahaan startup IT yang berhasil di Indonesia, MOKA dan Qwords, dalam talk show bertajuk “Maximize Business Value Through Digital Inovation”, pada 24 September 2019, di UPH Kampus Lippo Village.

Talkshow yang digelar mahasiswa School of Information System and Technology (SISTECH) Universitas Pelita Harapan (UPH) ini diselenggarakan dalam rangkaian acara Falcon Project 9, menghadirkan Emeraldo Faris Alifar – Growth Marketing Manager at Moka, dan Andi Triadi – Product Manager at Qwords Cloud Web Hosting Indonesia untuk membagikan pengalaman dan memotivasi sejumlah siswa SMA, serta mahasiswa UPH yang memiliki minat pada dunia digital.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Narasumber Talk Show Falcon Project 9 UPH (kiri Andi Triadi - Product Manager at Qwords Cloud Web Hosting Indonesia, kanan Emeraldo Faris Alifar - Growth Marketing Managet at MOKA)

Emeraldo Faris Alifar memaparkan bahwa inovasi digital merupakan fase yang paling penting dalam melakukan kegiatan bisnis, terutama start up, karena diperlukan suatu terobosan terbaru yang dapat memudahkan dan menyelesaikan masalah masyarakat.

Menurut Emeraldo sebelum adanya teknologi POS, toko-toko biasanya menggunakan cash register yang mengharuskan business owner untuk datang setiap hari agar mengetahui jumlah sales, atau produk apa yang paling laku. "Berangkat dari permasalahan itu, Moka  berinovasi dengan menggunakan teknologi POS untuk menciptakan cash register yang dapat memudahkan business owner, “ tutur dia.

Selain melakukan inovasi, menurut Andi Triadi, pelaku bisnis juga harus senantiasa mempertahankan bahkan memaksimalkan business value melalui teknologi digital. Pelaku bisnis harus terus belajar karena teknologi selalu berubah dengan cepat, tidak ragu menerapkan teknologi baru, dan harus bisa mandiri. "Seperti Qwords yang berani melakukan eksperimen dalam berinovasi, walaupun mengalami kegagalan, tetapi pasti ada saja yang dapat kita jadikan pembelajaran.” 

Tidak lupa, Emeraldo juga memberikan semangat kepada para peserta untuk terus menumbuhkan rasa keingintahuan (curiosity) terhadap suatu hal yang baru, “Terus lah selalu merasa ingin tahu akan segala hal, dan jangan cepat puas agar dapat terus belajar. Apalagi kalian masih sekolah dan kuliah, jadi sering-sering lah untuk melakukan eksperimen, serta jangan takut gagal”, kata dia.

Para Peserta Yang Hadir Dalam Talk Show Falcon Project 9 UPH

Hal serupa juga dilontarkan Andi terhadap para peserta. Melengkapi Emeraldo, Andi menyampaikan bahwa para peserta, khususnya mahasiswa dianjurkan untuk terlibat aktif dalam berbagai komunitas yang bergerak di bidang teknologi informasi.

Selain mendapatkan inspirasi dari para profesional bisnis digital, para siswa dan mahasiswa UPH yang berminat pada IT dapat mengikuti acara lainnya seperti, kompetisi, exhibition dan awarding night yang berlangsung pada 27 September 2019. (na)

Ikuti tulisan menarik Aurelia Natasya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB