x

Iklan

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Minggu, 6 Oktober 2019 07:07 WIB

Pengertian dan Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa

Istilah artikel pasti sangat ramai di dunia Mesin pencari Optimization (SEO). Sampai ada tipe artikel khusus yang namanya artikel SEO

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Istilah artikel pasti sangat ramai di dunia Mesin pencari Optimization (SEO). Sampai ada tipe artikel khusus yang namanya artikel SEO. Kemudian, ada kembali Artikel SEO Friendly. Sebetulnya, apa sich Perbedaan artikel SEO dan Artikel biasa?

Keterangan ini kali lebih memiliki sifat penilaian yang didasari pada literatur dan pengalaman penulis. Di mana penulis sedikit pernah kuliah hingga cukup kenal dengan beberapa istilah artikel dan seluk-beluknya.

Pengertian Artikel SEO

Untuk kamu yang telah eksper masuk ke web atau blogger, pasti sudah mengenal donk dengan artikel SEO. Pokoknya, artikel website ialah sebuah artikel yang menyengaja dicatat untuk memaksimalkan web di penelusuran Google (atau Search Engine yang lain).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pola penulisan artikel untuk Google lebih diperuntukkan ke mesin penelusuran. Hingga susunannya dibikin struktural supaya mesin penelusuran mudah mengetahui dan tempatkan artikel itu ke halaman khusus hasil penelusuran (page one).

Dulu, artikel untuk website dibikin dengan benar-benar kaku, karena mungkin algoritme Google belum juga sehebat sekarang ini. Di jaman ini, article SEO betul-betul dipandang dari hubungan pembaca dan kualitas link yang terancang baik.

Pengertian Artikel Biasa

Sebetulnya, tidak ada istilah artikel biasa. Konotasi artikel biasa ialah sebuah artikel yang dibikin dengan arah yang paling luas. Dalam pengertian, artikel biasa ialah ide definitif yang biasa.

Secara istilah, artikel ialah sebuah cerita atau esai berbentuk karya tulis yang mempunyai ide yang faktual untuk sampaikan satu tujuan tertentu ke pembaca. Oleh karena itu, artikel banyak memiliki macamnya.

Bisa disebutkan, artikel SEO adalah tipe artikel tetapi untuk Google. Adapun beberapa jenis artikel yang lain ialah:

  1. Berdasar Tingkat Kesusahan

Artikel ringkas ialah artikel naratif yang lebih dari penulisan artikel biasa tanpa konsentrasi pada satu ulasan yang detil dan dalam.

Artikel enteng ialah Artikel yang dapat dibaca dengan fokus biasa, rileks dan dicatat dalam bahasa terkenal.

Artikel penilaian ialah artikel yang memiliki sifat argumentatif, bahasa lebih subyektif dan hasil pengetahuannya lebih relatif dan interpretatif.

Artikel ilmiah ialah artikel yang dicatat dalam bahasa baku, terancang, dan mempunyai sumber yang dapat dipercaya dan konsentrasi pada ulasan satu hal (ranah akademis atau riset).

Artikel analitis pakar ialah artikel yang dicatat oleh seorang yang pakar di bagiannya, mempunyai sumber dan data yang aktual dan faktual (ranah akademis atau riset).

  1. Berdasar Arah

Artikel persuasif ialah artikel yang dicatat untuk memberi ajakan ke seorang supaya ikuti skema argumentasi yang ditampilkan dalam konten artikel.

Artikel informatif ialah artikel berbentuk penyuguhan data mendalam dan intens, hingga dapat memberi pengetahuan pada kognitif pembacanya.

Artikel solutif ialah artikel yang menjawab sebuah persoalan, premis, atau topik sains atau humaniora lewat pengkajian data atau riset.

Artikel pertunjukan ialah artikel yang dicatat dalam bahasa terkenal, memberi info, tetapi lebih ke selingan dan tidak pada sektor detil.

  1. Berdasar Penulisan

Artikel preskriptif ialah artikel yang dicatat dengan style menerangkan secara indrawi akan satu hal.

Artikel eksplanatif ialah artikel yang dicatat dengan style menjelaskan dengan detil dari beragam pemikiran. Lebih ke arah pada ulasan satu mekanisme, skema, atau transisi.

Artikel eksposisi ialah artikel yang dicatat dengan style pengutaraan yang informatif, singkat, padat, dan terang untuk memberi wacana ke pembaca.

artikel argumentasi ialah artikel yang dicatat dengan style penilaian, mempunyai pemikiran yang subyektif dan membahas satu hal yang berisi tujuan penulis.

  1. Berdasar Tipe Penulis

Penulis artikel buku ialah orang yang menulis untuk jadi buku, tipe artikel ini sesuai buku yang dicatat.

Penulis artikel informasi ialah orang yang membuat artikel dengan style tulisan menjawab 5W+1H dengan style penulisan publisistik.

Penulis artikel web ialah orang yang menulis untuk kebutuhan web, entahlah itu content web pada umumnya, atau copywriting, atau website.

Penulis artikel akademis ialah penulis artikel baku yang didasari pada pembahasan ilmiah kepustakaan dan riset ilmiah pada ranah sains dan humaniora.

Bila Anda pahami keterangan awalnya, Anda tentu dapat tangkap bila ‘artikel SEO adalah tipe article yang relatif aktif'. Hingga style penulisannya dapat digolongkan pada siapakah yang menulisnya.

Begitu sedikit keterangan dari kami, mudah-mudahan menolong dan jawab pertanyaan yang ada dipikiran Anda. Kembali kami ucapkan, semuanya yang kami catat di atas ialah dari hasil pengalaman dan literatur yang dijumpai penulis.

Hingga bila ada kekeliruan atau miss pada info tentang Perbedaan artikel SEO dan artikel biasa ini dapat dimengerti. Selamat mempraktikkan dan tentunya terus belajar dan membaca.

 

Ikuti tulisan menarik Redaksi Indonesiana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler