Salut Atas Kolaborasi Emas Jokowi-JK - Analisis - www.indonesiana.id
x

Ferguso Kubangun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 23 Oktober 2019 11:57 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Salut Atas Kolaborasi Emas Jokowi-JK

    Tidak terasa sudah lima tahun pemerintahan Joko Widodo- Jusuf Kalla memimpin negeri ini. Tentu segenap prestasi telah diukur indah oleh kedua nya. 

    Dibaca : 2.427 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

     

    Tidak terasa sudah lima tahun pemerintahan Joko Widodo- Jusuf Kalla memimpin negeri ini. Tentu segenap prestasi telah diukur indah oleh kedua nya. 

    Dalam lima tahun derap pembangunan infrastruktur di semua bidang: jalan, jalan tol, jembatan, pelabuhan, bendungan, bandar udara, sampai pos-pos lintas batas negara terlaksana tuntas.  Terlihat jelas, segenap infrastruktur itu tersebar di seluruh daerah di Indonesia, dari Saban sampai Marauke, dari Pulau Weh hingga Palau Rote. 

    Semua itu bersambung ke kawasan-kawasan produksi rakyat, industri kecil, Kawasan Ekonomi Khusus dan pariwisata. Serta terhubung ke kawasan persawahan, perkebunan, dan tambak-tambak perikanan, tanpa satu sektor pun terlewatkan. 

    Dengan begitu, kedua nya telah memberikan kita "bekal" percaya diri untuk melangkah ke depan. Bekal menyambut lima tahun berikutnya dengan tetap melanjutkan pembangunan yang telah berjalan, seraya membangun sumber daya manusia sebagai fokus utama. 

    Keberadaan JK sebagai Wakil Presiden tetap setiap bersama Jokowi meski dilanda kesulitan dan tantangan mengelola Indonesia. Tidak berlebihkan jika pemerintahan Jokowi-JK dapat berjalan dengan baik dan dapat diberi rapot hijau. 

    Dan masih segar diingatan kita semua, Indonesia pun diproyeksikan menjadi negara dengan ekonomi terbesar keempat di dunia pada 2045. Untuk itu, Indonesia harus memiliki optimisme untuk bisa mencapai proyeksi tersebut.

    Catat! Jangan sampai kami merasa lemah, rendah karena bangsa ini adalah bangsa besar, negara besar.

    Ikuti tulisan menarik Ferguso Kubangun lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.








    Oleh: Hadirat Syukurman Gea

    3 hari lalu

    Analisis Sistem Jual-Beli Ijon pada Komoditas Mangga Berdasar Ekonomo Makro

    Dibaca : 203 kali

    Mangga merupakan salah satu komoditas buah yang digemari hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Mangga turut menyumbang perekonomian Indonesia karena menjadi komoditas yang di ekspor. Pada tahun 2015, ekspor mangga sebesar 1.515 jutatonyangsebagianbesarmerupakanjenis Mangga Gedong Gincu dan Mangga Arumanis. Kabupaten Kediri merupakan salahsatudaerahyang menjadikan mangga khususnya Mangga Podang sebagai oleh - oleh khas daerah dikarenakan banyaknya pohon mangga yang tumbuh di sekitar lereng GunungWilis.ManggaPodangkhasKediri banyak ditemukan di daerah sekitar lereng Gunung Wilis yaitu Kecamatan Banyakan, Tarokan, Grogol, Mojo, dan Semen. Semakin berkembang perekonomian suatudaerahmakasemakinberagam pula cara produsen dan konsumen melakukan jual beli.Salah satu sistem jual beli yang dilarang dalam Islam adalah jual beli yang mengandung unsur gharar. Sistem jual beli ijon adalah salah satu sistem jual beli yang mengandung unsur gharar sehingga dilarang oleh Allah SWT. Ijon berkaitan dengan perilaku produsen dan konsumen. Hal ini dapat dikaitkan dengan ekonomi mikro berupa keputusan pengusaha dan konsumen, terbentuknya harga barang atau jasa dan faktor produksi tertentu di pasar, dan alokasi sumber daya ekonomi.Penelitian ini menggunaka nmetode penelitian studi literatur. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder dengan metode pengumpulan data berupa pengumpulan sejumlah studi pustaka. Berdasarkan studi literatur terkait sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro, diperoleh hasil analisis bahwa sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro saling berhubungan. Hal ini dikarenakan ijon berkaitan langsung dengan perilaku produsen dan konsumen dan ekonomi mikro turut mengatur perilaku produsen dan konsumen. Keywords: Ijon, Komoditas Mangga,Ekonomi Mikro