Cara Komunitas Pensil Memaknai Hari Sumpah Pemuda - Viral - www.indonesiana.id
x

Hari Sumpah Pemuda tahun 2019 mengambil sebuah tema "Bersatu Kita Maju" untuk merefleksikan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda dan pemudi yang telah diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia. Ikrar ini yang menjadi landasan bahwa dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Silivester Kiik

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 29 Oktober 2019 08:21 WIB
  • Viral
  • Berita Utama
  • Cara Komunitas Pensil Memaknai Hari Sumpah Pemuda

    Dibaca : 342 kali

    ATAMBUA - Hari Sumpah Pemuda tahun 2019 ini mengangkat tema "Bersatu Kita Maju"untuk merefleksikan kembali komitmen yang telah dibangun para pemuda-pemudi saat ikrar pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa Indonesia. Ikrar ini yang menjadi landasan bahwa dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

    Sebagai generasi milenial, kita turut merayakannya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan memotivasi masyarakat umum terutama kaum muda. Inilah yang menjadi dasar bagi "Komunitas Pensil" untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 2019.

    "Komunitas Pensil" adalah sebuah komunitas literasi yang digagas para penggiat Relawan Literasi Belu yang peduli terhadap motivasi dan minat baca anak-anak di wilayah perbatasan (RI-RDTL) Kabupaten Belu-NTT.

    Tema yang diusung adalah "Generasi Milenial Sebagai Pilar Jendela Dunia dan Agen Perubahan Lingkungan." Tema ini menggambarkan bahwa generasi muda sebagai pilar pembangunan bangsa harus memiliki karakter yang bermartabat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan gemar membaca dan peduli terhadap lingkungan.

    Kegiatan ini diikuti oleh Kelompok Belajar dan Taman Baca dalam lingkup "Komunitas Pensil" yang tersebar di beberapa lokasi di Kabupaten Belu.

    Kelompok Belajar dan Taman Baca tersebut meliputi Kelompok Belajar Oan Lidak, Kelompok Belajar Fatubaun, Kelompok Belajar Felisitas, Kelompok Belajar Toman Diak, Kelompok Belajar Lopo Cerdas, Taman Baca Toro, dan Taman Baca Lesepu.

    Kegiatan dimulai pukul 15.30 wita, Senin (28/10/2019) dan dibuka oleh Ketua Panitia Redemptus Ukat bertempat di depan Toko Regio, Jalan-Vetor Lidak Atambua. Di awal kegiatan anak-anak menyanyikan lagu-lagu yang telah diajarkan oleh pembina dari masing-masing Kelompok Belajar dan Taman Baca.

    Anak-anak dibagi ke dalam empat kelompok masing-masing dengan pembinanya. Kegiatan yang dilakukan adalah membersihkan sampah-sampah di sekeliling lokasi Pasar Baru Atambua. Setelah itu anak-anak diajarkan tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar. Kegiatan ini dipandu oleh para pembina.

    Tahap kegiatan selanjutnya adalah membaca dan mewarnai. Kegiatan ini dipandu oleh Ibu Fransisca Oktavia dari Jakarta. Ibu Sisca adalah salah satu anggota penggagas Komunitas Kulturku dan Sahabat Masa Depan.

    Pada tahap kegiatan ini, Ibu Sisca memberikan apresiasi kepada anak-anak dengan memberikan hadiah kepada mereka yang terpilih sebagai karya terbaik, masing-masing Rinto dan Rani Selan (Taman Baca Toro), Misel (Kelompok Belajar Lopo Cerdas), Kelvin, Ajeti, dan Wardi (Kelompok Belajar Oan Lidak).

    Ibu Sisca dalam penjelasannya mengatakan bahwa anak-anak dengan motivasi dan belajar yang giat maka dapat tercapai cita-citanya.

    Lebih lanjut Ketua Panitia dalam ucapan terima kasihnya mengatakan bahwa kegiatan ini luar biasa untuk memaknai ikrar Sumpah Pemuda sebagai pilar pembangunan bangsa. Untuk itu, memaknainya dengan terus belajar dan giat membaca.

    Dalam pesan dan kesan yang diceritakan dalam catatan, anak-anak menyatakan sangat bahagia dengan kegiatan ini. Membersihkan sampah dan membaca serta mewarnai merupakan kegiatan yang sangat memacu mereka untuk terus belajar.

    Sebagai generasi milenial, kita tidak hanya sebatas untuk berkata-kata, namun diperlukan adanya aplikasi dalam tindakan yang berkarakter dalam mencapai cita-cita dan sumber daya manusia yang berkualitas.

    Salam Literasi!

    Penulis: Silivester Kiik

    Email: kiiksilivester@gmail.com

    ***

    Galeri Kegiatan Komunitas Pensil

    Komunitas Pensil

    Silivester Kiik

     

    Komunitas Pensil

    Silivester Kiik

    Silivester Kiik

     

    Komunitas Pensil

    Silivester Kiik


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.