Mengulik Perilaku Milenial dalam Investasi - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Setyo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 30 Oktober 2019 15:09 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Mengulik Perilaku Milenial dalam Investasi

    Dibaca : 142 kali

    Ada temuan menarik tentang milenial dari survei yang dilakukan IDN Research Institute bekerja sama dengan Alvara Research Center. Survei menemukan kalau milenial belum memiliki kesadaran investasi yang besar. Ditemukan kalau milenial menyisihkan 10,7% dari gajinya untuk ditabung, sedangkan 51,1% pendapatan biasa digunakan untuk kebutuhan bulanan.

    Temuan ini mempertegas fakta di lapangan bahwa milenial pada dasarnya belum memiliki kesadaran berinvestasi yang cukup baik. Milenial masih menyukai tabungan dibanding investasi. Mindset milenial dalam menyimpan uang itu masih sebatas di tabungan.

    Konsep menyimpan uang bagi melenial pada umumnya hanya sebatas menyimpan tanpa berpikir soal perkembangan uang (bunga). Milenial belum terbuka wawasannya soal akumulasi nominal atas uang yang disimpaan.

    Milenial belum menyadari betul plus-minus menyimpang uang di tabungan. Bunganya yang kecil hingga potongan administrasi kerap tak disadari milenial. Bukannya membuat uang yang disimpan makin tumbuh, tabungan membuat uang tidak berkembang secara kompetitif dengan inflasi.

    Bunga tabungan konvensional masih jauh di bawah inflasi. Hal ini membuat uang dengan nominal kecil justru makin tergerus alias susut karena biaya administrasi dan potongan ini-itu.

    Milenial perlu diramahkan dengan akumulasi nilai uang yang disimpan agar tidak tergerus inflasi di masa depan. Investasi menjadi salah satu alternatif karena investasi memberikan return (imbal hasil) di atas inflasi.

    Semisal investasi yang mudah untuk milenial bernama IPOTPAY membuka pintu bagi milenial untuk menikmati pengembangan uang dengan benar yang terdaftar dan terawasi oleh OJK. Investasi reksa dana pasar uang di aplikasi tersebut memudahkan milenial merasakan investasi dengan cara yang paling mudah. Berbasis aplikasi yang bisa dijalankan dengan smartphone di genggaman tangan, investasi itu menjadi mudah dan gampang.

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.