x

Gubernur Jawa Barat mendorong terciptanya start up baru di Jawa Barat melalui 1000startupdigital.

Iklan

Surya Setiawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 September 2019

Minggu, 3 November 2019 23:55 WIB

Melirik Potensi Startup di Indonesia Dilihat dari Berbagai Sisi

Indonesia sendiri pernah melakukan gerakan 1000 startup dan lembaga baru. Gerakan ini dipantau Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang memang bertugas dalam ekonomi kreatif.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Membangun sebuah perusahaan rintisan atau yang sering disebut dengan startup memang diprediksi akan berkembang pesat pada beberapa tahun ini.

Berbagai macam kalangan, termasuk mahasiswa mulai tertarik untuk mengembangkan bisnis ini. Terlebih mengingat potensi startup di Indonesia memang cukup besar.

Bisnis startup di Indonesia memang memiliki pasar yang tergolong tinggi. Kendati demikian, potensi startup yang dimiliki Indonesia haruslah diiringi dengan perkembangan teknologi. Berikut merupakan informasi seputar perkembangan potensi startup di Indonesia saat ini:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mengenal Awal Mula Bisnis Startup

Kata startup sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya proses atau tindakan dalam memulai suatu usaha atau bisnis. Mayoritas perusahaan startup di Indonesia merupakan perusahaan baru yang masih berada di dalam tahap pengembangan. Oleh karena itulah perusahaan startup juga sering dikatakan sebagai perusahaan rintisan.

Perusahaan jenis startup sendiri pertama kali berkembang pada akhir tahun 90-an sampai ke tahun 2000. Kebanyakan perusahaan startup dari dahulu hingga sekarang memang bergerak di bidang teknologi, dan internet. Perusahaan atau bisnis startup mulai diminati seiring dengan berjalannya waktu.

Minilik Potensi Startup di Indonesia

Pada saat ini, banyak generasi anak muda Indonesia memiliki jiwa berbisnis yang kuat. Didukung dengan alasan susahnya mencari lapangan pekerjaan, tentunya banyak yang memilih untuk melakukan usaha sendiri. Salah satu pilihan tersebut adalah dengan membangun bisnis startup.

Melansir dari income.id Potensi startup di Indonesia memang tidak bisa dipungkiri. Indonesia sendiri bahkan menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang dijadikan tolok ukur perkembangan startup. Ada beberapa alasan mengapa Indonesia menjadi daerah potensial untuk membangun startup.

Salah satu alasannya adalah penggunaan internet di Indonesia yang berkembang dengan sangat signifikan. Meningkatnya jumlah pengguna internet juga didukung dengan kecepatan koneksi internet yang semakin baik di Indonesia. Penggunaan smartphone yang kian menjamur tentu menjadikan semakin baiknya pula daya beli masyarakatnya. Terutama dengan melihat perkembangan masyarakat menengah yang terus bertambah.

Sesuai dengan pendapat APJII (Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia) pengguna internet pada negara Indonesia mencapai 132,7 juta di tahun 2016. Apabila menilik riset yang dilakukan Google dan Temasek, pertumbuhan pengguna internet akan terus meningkat 19 persen setiap tahunnya. Pengguna internet di Indonesia akan mencapai 215 juta sebelum menginjak tahun 2020.

Potensi startup di Indonesia juga bisa dilihat dari bagaimana Indonesia telah menjadi negara acuan selain negara Tiongkok dan India. Angka sektor bisnis elketronika di Indonesia dianggap fantastis secara global. Ini juga tidak terlepas dari bagaimana pemerintahan di Indonesia begitu mendukung bisnis startup.

Ditinjau bahwa pemerintah Indonesia sendiri pernah melakukan gerakan 1000 startup dan lembaga baru. Gerakan ini dipantau Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang memang bertugas dalam ekonomi kreatif. Tidak hanya itu, pemerintah Indonesia akan membantu meminjamkan dana kepada para pebisnis startup.

Melihat potensi Startup di Indonesia yang menggiurkan menjadi perhatian para investor kelas dunia. Indonesia dianggap berpotensi sebagai pasar digital yang menguntungkan. Inilah yang menyebabkan jumlah investor kian bertambah setiap tahunnya. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik di dalam krisis global juga ikut memperkuat untuk menanamkan modal di Indonesia.

Beberapa Jenis Startup Yang Berhasil di Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, potensi startup di Indonesia memang tidak bisa dipandang dengan sebelah mata. Ini terbukti dari banyaknya jajaran bisnis startup yang berhasil di Indonesia. Simak beberapa contoh perusahaan startup tersebut:

  1. Tokopedia

Bagi masyarakat Indonesia, nama Tokopedia pastilah sudah tidak asing lagi untuk didengar. Tokopedia sendiri menjadi salah satu startup e-commerce dengan valuasi setara 102 triliun rupiah. Perusahaan Tokopedia sendiri dianggap sebagai top valuasi untuk bisnis startup di negara Indonesia. Tidak heran mengapa nama Tokopedia begitu dikenal pada masyarakat Indonesia.

  1. Go-Jek

Go-Jek merupakan salah satu ride-hailing pertama dengan peminat yang sangat tinggi di Indonesia. Tidak hanya itu, Go-Jek bahkan sempat menerima gelar ‘Unicorn’ karena prestasinya. Perusahaan Go-Jek sendiri memiliki valuasi setara 150 triliun rupiah. Valuasi ini bisa dikatakan sangat signifikan perkembangannya. Inilah salah satu bukti potensi startup di Indonesia sangat menjanjikan.

  1. Traveloka

Selain Go-Jek dan Tokopedia, perusahaan Traveloka yang bergerak di bidang traveling menyusul sebagai salah satu startup yang sukses di Indonesia. Traveloka sendiri memiliki valuasi setara 26,6 triliun rupiah. Perusahaan Traveloka kini sudah menjadi langganan para masyarakat Indonesia yang gemar bertraveling.

Tips Agar Berhasil Menjalankan Startup

Melihat banyaknya perusahaan startup di Indonesia yang sukses tentu menjadi motivasi sebagian orang untuk mendirikan bisnis ini. Untuk memulai mendirikan bisnis startup, ada beberapa hal yang perlu diketahui para pelaku bisnis.

Salah satunya adalah membuat Business Plan sendiri. Selain mengetahui mengenai perusahaan startup, sebuah Business Plan juga akan sangat membantu para pelaku bisnis. Melalui Business Plan, pelaku bisnis akan mengetahui langkah-langkah yang harus ditempuh ke depannya.

Selain itu, Business Plan juga akan membantu para pelaku bisnis untuk menentukan target market bisnis startupnya. Melihat potensi startup di Indonesia, para pelaku bisnis bisa memulai Business Plan yang sederhana. Konsep inilah yang nanti akan dikembangkan kedepannya.

Founder startup juga harus menemukan partner kerja yang cocok. Usahakan untuk menemukan partner kerja yang memiliki visi misi yang sama. Ini berguna untuk meminimalisir adanya perbedaan pendapat. Partner kerja juga haruslah saling mendukung satu sama lain untuk mencapai hasil yang memuaskan kedepannya.

Potensi startup di Indonesia yang cukup menjanjikan memang pantas untuk dijadikan tempat untuk memulai bisnis rintisan ini. Kendati demikian, membangun startup agar bisa mencapai kesuksesan tentu membutuhkan perencanaan yang sangat matang. Oleh karena itu, semoga informasi di atas bisa berguna bagi para pelaku bisnis yang ingin memulai perusahaan startup.

 

Ikuti tulisan menarik Surya Setiawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler