x

Iklan

Aurelia Natasya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Juli 2019

Selasa, 5 November 2019 11:31 WIB

Untuk Ketiga Kalinya, UPH Mengukuhkan Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Sipil


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Karawaci, Tangerang, 4 November 2019 - Material baja sangat penting perannya bagi kemajuan suatu peradaban, namun selama ini konstruksi baja kurang populer, dibanding Konstruksi beton. Tetapi dengan adanya pembangunan insfrastruktur yang masif seperti saat ini tentu diperlukan infrastruktur yang kuat dan ekonomis. Untuk itu penggunaan konstruksi baja mau tidak mau akan menjadi bahan pertimbangan yang serius.

Hal itu diungkapkan Prof. Dr. Ir. Wiryanto Dewobroto, MT dalam Sidang akademik terbuka untuk Pengukuhan dirinya sebagai Guru Besar bidang Ilmu Teknik Sipil yang dilakukan pada 4 November 2019 di Ruang D 501, UPH Kampus Lippo Village.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pengukuhan Guru Besar Teknik Sipil UPH - Prof. Dr. Ir. Wiryanto Dewobroto

Menurut Prof. Wiryanto, hingga saat ini masih sangat jarang penelitian dan insinyur yang fokus dalam bidang struktur baja. Padahal nyatanya baja dapat menjadi pilihan material konstruksi yang lebih unggul dibanding beton dalam beberapa aspek seperti rasio kuat terhadap berat yang paling tinggi dan mudah dibentuk sehingga mampu menyesuaikan kondisi beragam di wilayah Indonesia. Elemen baja yang relatif lebih langsing  memunculkan permasalahan tekuk (buckling) sehingga membutuhkan bracing atau batang NOL. Ini lah yang menjadi fokus penelitian Prof. Wiryanto berjudul “Pengaruh Batang Nol pada Struktur Baja”.

Lebih lanjut dalam uji stabilitas, Prof. Wiryanto, yang spesialisasinya di bidang ilmu Struktur Baja, ilmu Analisa Struktur dan ilmu Komputer Rekayasa Struktur, tertarik menggunakan metode baru yaitu DAM (Direct Anlysis Method) yang mendampingi metode lama yaitu ELM (Effective Length Method).

Menurut Prof. Wiryanto meotode DAM merupakan cara baru perencanaan struktur baja yang termuat di AISC (American Institute of Steel Construction)  2005, 2010, dan 2016. Menariknya, kata dia, metode ini merupakan metode yang menggunakan komputer sebagai prasyarat utama perencanaan. "Cara DAM efektif digunakan untuk struktur rangka bergoyang dan sangat diuntungkan bila ditambahkan bracing atau batang NOL yang sering diabaikan penggunaannya dalam cara lama,” ungkap Prof. Wiryanto.

Namun meskipun teknologi komputerisasi memudahkan, Prof. Wiryanto tetap menegaskan agar dalam membangun jangan terlalu mengandalkan teknologi komputer yang canggih, karena hasilnya tergantung kompetensi insinyurnya. Di sinilah peran insinyur dibutuhkan dalam mengendalikan dan mengevaluasi perencanaan struktur yang tepat.  

“Jadi teknologi semakin hebat, maka sumber daya manusianya juga harus hebat,” tegas Prof. Wiryanto.

Sidang akademik terbuka untuk Pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Ir. Wiryanto Dewobroto, MT. ini merupakan pengukuhan professor UPH ke 12. Dengan ini UPH telah melahirkan tiga Guru Besar dalam bidang Ilmu Teknik Sipil, yaitu Prof. Dr-Ing Harianto Hardjasaputra, Prof. Dr. Manlian Ronald. A. Simanjuntak, ST., MT., D.Min., dan Prof. Dr. Ir. Wiryanto Dewobroto., MT.

Atas pengukuhan ini Rektor UPH Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc., menyatakan bahwa lahirnya professor menjadi bentuk nyata implementasi visi misi UPH.

“Dengan kerja keras dari Prof. Wiryanto mencari keilmuan baru yang bermanfaat, Ini menjadi wujud  nyata dalam pengembangan ilmu setinggi mungkin yang dibarengi dengan Iman kepada Kristus, serta karakter yang benar, diperlukan untuk berkontribusi dalam membangun Indonesia,” ungkap Rektor yang membuka sidang secara resmi sekaligus memberi sambutan.

Tidak hanya itu apresiasi juga dinyatakan oleh Dr. M. Samsuri, S.Pd., M.T. – Sekretaris LLDIKTI (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Wilayah III.

“Selamat kepada Prof. Wiryanto atas pengangkatannya sebagai guru besar. Semoga pencapaian ini menjadi katalis bagi dosen-dosen untuk termotivasi menjadi professor. Selamat juga kepada UPH karena mampu melahirkan professor terbaik di Indonesia terutama di bidang keilmuan Teknik Sipil yang masih langka,” tutur Samsuri.

Pengukuhan Guru Besar Teknik Sipil UPH - Prof. Dr. Ir. Wiryanto Dewobroto

Prof. Wiryanto telah bergabung di Program Studi (Prodi) Teknik Sipil UPH sejak tahun 1998. Beliau sudah menghasilkan sembilan buku yang banyak dipakai sebagai buku pegangan mata kuliah struktur di prodi teknik sipil berbagai universitas.

Prof. Wiryanto Dewobroto juga banyak berkontribusi dalam  pembimbingan penelitian dan penulisan karya ilmiah. Karya penelitiannya juga terpublikasi di Jurnal Internasional bereputasi dan terindeks scopus.

Tidak hanya itu sejak 16 Oktober 2018 Prof. Wiryanto dipercaya menjadi bagian dari komite Keselamatan Konstruksi di Kementrian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia). Baru-baru ini Prof. Wiryanto dan tim dengan menerapkan metode baru DAM mampu melacak penyebab runtuhnya Jembatan Gantung di Pacitan, Jawa Timur.

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Aurelia Natasya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu