x

Liburan Akhir Tahun (Foto: Travel Tempo)

Iklan

Johanes Sutanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 6 November 2019 15:36 WIB

Tips Menyiapkan Liburan Akhir Tahun yang Menyenangkan

Nah, guna menciptakan kebahagiaan tersebut, tentu dibutuhkan biaya. Biaya yang dialokasikan untuk liburan akhir tahun itu pun jangan sampai merusak kondisi kesehatan keuangan secara umum, apalagi sampai berutang segala.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tak terasa sudah memasuki November yang mulai basah dengan hujan dan sebentar lagi Desember. Akhir tahun pun tinggal sebentar lagi. Pastinya, banyak dari kita sudah memiliki rencana untuk liburan akhir tahun.

Ada yang mau liburan di dalam kota saja, keluar kota, keluar provinsi atau pun ke luar negeri. Selain tempat-tempat wisata, tak sedikit yang ingin liburan sembari menikmati saat-saat untuk belanja dan kuliner.

Namun di luar ini semua, hal terpenting dari liburan akhir tahun adalah kebahagian ngumpul bareng keluarga, sahabat, saudara hingga teman-teman. Kebahagiaan ini adalah ruh yang ingin dicapai dari liburan pada umumnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nah, guna menciptakan kebahagiaan tersebut, tentu dibutuhkan biaya. Biaya yang dialokasikan untuk liburan akhir tahun itu pun jangan sampai merusak kondisi kesehatan keuangan secara umum, apalagi sampai berutang segala.

Adapun kesalahan orang pada umumnya dalam menyiapkan liburan adalah budgeting yang terlalu minim. Dalam arti tertentu meminimalkan budget itu penting, namun perlu diliat kembali tujuan liburan itu sendiri. Jangan sampai tujuan kebahagiaan dalam liburan tidak didapat karena budget yang ngepres. Oleh sebab itu, jangan terlalu pelit dalam budgeting.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya benar-benar mempersiapkan liburan akhir tahun dengan bijak, seperti dengan 3 tips berikut ini:

1. Sisihkan dari gaji bulanan
Liburan akhir tahun biasanya membutuhkan duit yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, rutin menyisihkan 10% dari gaji bulanan dengan alokasi khusus untuk liburan akhir tahun sangat lah bijak. Sistem "cicilan" tiap bulan ini penting agar pengeluaran tidak terasa berat jika harus disiapkan dalam sekali dalam setahun. Namun jika yang terakhir ini memungkinkan, maksimal dana liburan akhir tahun yakni 10% dari total pendapatan selama 1 tahun.

2. Disimpan di pos khusus liburan
Karena uang sebesar 10% dari pendapatan bulanan ini khusus untuk liburan akhir tahun dan idealnya disiapkan jauh hari bagi yang tidak bisa menyisihkannya dalam sekali pengeluaran alias 10% dari pendapatan selama setahun maka dana khusus liburan ini ditabung. Tak hanya ditabung seperti biasanya, tak ada salahnya ditabung di tabungan modern yang memberikan akumulasi nilai uang lebih dari tabungan konvensional, semisal aplikasi tabungan online IPOTPAY, yang memberikan imbal hasil (return) 7-9% per tahun.

3. Listing jenis liburan akhir tahun
Setelah memiliki dana, selanjutnya menentukan jenis liburan akhir tahun yang dipilih dengan berpatokan dengan budget yang tersedia. Ingat, jangan sampai terjadi liburan akhir tahun menggerogoti pos keuangan lainnya atau bahkan sampai utang. Oleh sebab itu realistis lah dengan dengan dana yang dimiliki dalam menentukan jenis liburan mulai dari lokasi entah di dalam negeri atau pun di luar negeri. Setelah itu pilihkan destinasi-destinasi yang cocok dan akan mendatangkan kebahagiaan.

4. Buat rincian pos-pos liburan
Setelah destinasi ditentukan, saatnya mengalokasikan dana pada pos-pos liburan secara lebih rinci mulai dari akomodasi, transportasi, tiket dan lain-lainnya yang diperlukan. Perincian secara detail akan meminimalisir pengeluaran tak terduga karena sudah terdeteksi terlebih dahulu.

5. Siapkan duit cadangan
Meski semua pengeluaran liburan akhir tahun telah dibuat secara rinci, ada baiknya tetap menyiapkan uang cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diperkirakan semisal harga tiket wisata, transportasi dan menu makanan telah naik. Idealnya duit cadangan ini sebesar 30% dari keseluruhan budget liburan. Dengan ketersediaan duit cadangan, liburan pun tidak dihantui kecemasan kehabisan uang sehingga inti dari liburan yakni kebahagiaan tetap terjaga.

Ikuti tulisan menarik Johanes Sutanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

1 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB