Anak-Anak Batas Memaknai Hari Pahlawan Dengan Berbagai Kegiatan Lomba - Analisa - www.indonesiana.id
x

Komunitas Pensil

Silivester Kiik

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 11 November 2019 14:39 WIB
  • Analisa
  • Berita Utama
  • Anak-Anak Batas Memaknai Hari Pahlawan Dengan Berbagai Kegiatan Lomba

    Dibaca : 334 kali

    Atambua – Berlokasi di Halaman Gedung Plaza Pelayanan Publik Atambua “Komunitas Pensil” mengadakan berbagai rangkaian kegiatan perlombaan dan lapak baca, Minggu (10/11).

    Kegiatan yang digelar dalam rangka merayakan Hari Pahlawan Tahun 2019 dengan tema “Aku Pahlawan Masa Kini”.

    Lomba dilakukan berdasarkan kategori. Kategori TK-SD kelas III adalah mewarnai, kategori SD (kelas IV-VII) menulis puisi, dan kategori SMP-SMA menulis cerita pahlawan.

    Peserta sangat antusias dan bangga dalam mengikuti lomba. Lomba ini diikuti oleh beberapa Kelompok Belajar yang ada di Kabupaten Belu (Kelompok Belajar Oan Lidak, Taman Baca Toro, Taman Baca Lesepu, dan Taman Baca Masyarakat Sababat Joe).

    Taman Baca Masyarakat (TBM) Sababat Joe terletak di Dusun Nela, Desa Naekasa, Kabupaten Belu dengan koordinatornya Ibu Yasinta Rinjani Bria, A.Pi., M.Si. Di sela-sela kegiatan Ibu Yani (sapaan akrab) menghibur para peserta dengan beberapa lagu anak-anak.

    Ia juga memotivasi para peserta dengan terus membaca. “Membaca adalah jendela dunia, untuk itu kita harus rajin membaca setiap hari,” ujar Ibu Yani.

    Para juri penilai yang terlibat dalam kegiatan ini berasal dari berbagai instansi dan kependidikan yang berbeda-beda.

    Berbagai hadiah menarik dan piagam penghargaan diberikan kepada para juara. Tidak hanya itu. Hadiah lainnya juga diberikan kepada orang tua yang hadir dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari panitia.

    Turut hadir para talenta generasi muda yang berbakat seperti Gery dan Gany, salah satu kontestan TVI (The Voice Indonesia) 2019. Duo Gery dan Gany tampil membawakan sebuah lagu dengan judul “Laskar Pelangi.”

    Tak kalah seru penampilan dari “Stand Up Comedy Atambua” yakni Hendrikus dan Mario yang membius para peserta dan seluruh masyarakat yang hadir dalam suasana tawa.

    Digelarnya kegiatan lomba ini untuk mengenang kembali jasa para pahlawan yang telah berjuang dalam kemerdekaan bangsa Indonesia. Terlebih memaknai kepahlawanan itu sendiri dalam kehidupan mereka setiap hari dengan menumbuhkan kesadaran mereka dalam budaya membaca. “Ayo! Mari Membaca Setiap Hari.”

    Salam Literasi! *)

    *) Silivester Kiik

    E-mail: kiiksilivester@gmail.com


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.