Di Tangan Fakhri Husaini, Timnas U-19 Berlevel Tinggi - - www.indonesiana.id
x

Pelatih berstandar tinggi

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 11 November 2019 19:19 WIB
  • Berita Utama
  • Di Tangan Fakhri Husaini, Timnas U-19 Berlevel Tinggi

    Dibaca : 349 kali


    Tak perlu PSSI berpikir lagi, segeralah ikat Fakhri Husaini dengan kontrak baru, hingga Piala Dunia U-20.

    Laga terakhir Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 , yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Minggu, (10/11/2019) tepat di Hari Pahlawan, antara Timnas U-19 Indonesia versus Timnas U-19 Korea Utara berlangsung dramatis.

    Indonesia yang hanya membutuhkan hasil imbang untuk dapat langsung merebut tiket putaran final, justru malah dibuat tersendat oleh pelatihnya sendiri, Fakhri Husaini.

    Mengapa Fakhri membikin Timnas tersendat dan malah harus tertinggal terlebih dahulu 0-1 dari Korea Utara?

    Sebab dalam laga sangat genting, Fakhri masih sempat-sempatnya memberikan kesempatan kepada pemainnya untuk unjuk jam terbang dan lebih memilih kartu truf Brilian dan Supriyadi disimpan di babak pertama.

    Beruntung kepercayaan diri dan perhitungan matang dari Fakhri, Timnas U-19 akhirnya dapat menceploskan gol penyeimbang yang langsung mengantar penggawa Garuda lolos Piala Asia U-19 2020.

    Masuknya Supriyadi dan Brilian, memang akhirnya menghidupkan seluruh sektor Timnas U-19.

    Namun, meski begitu, andai saja Bagus tak mendapatkan peluang pinalti, maka apes juga nasib Timnas tergusur Korea Utara.

    Begitulah ringkasan drama yang dapat dideskripsikan tatkala enambelas ribuan suporter yang hadir di SUGBK dan seluruh publik sepak bola nasional yang menonton di layar kaca dibuat deg-degan oleh keputusan Fakhri yang berjudi berani menyimpan dua pemain andalan.

    Bukan Fakhri namannya bila tak membikin deg-degan publik sepak bola nasional.

    Bukan Fakhri namanya, bila membiarkan pemain yang memiliki potensi tak diberikan kesempatan bermain di laga genting.

    Namun, semua itu cukup diperhitungkan dengan matang oleh pelatih penuh karakter ini.

    Membesut Timnas sejak Bagas-Bagus masih U-15, berbagai raihan prestasi, hingga kini membawa Timnas U-19 lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020, menjadi garansi bahwa Fakhri Husaini adalah sosok pelatih yang sulit dicari penggantinya untuk membesut Timnas U-19 ke Piala Asia dan ke Piala Dunia U-20.

    Meski usai laga versus Korea Utara, praktis kontrak Fakhri habis dengan PSSI, maka tak ada alasan bagi PSSI untuk tak segera mengikat Fakhri dengan kontrak baru hingga Piala Dunia U-20 mendatang.

    Bersama Fakhri Husaini, Timnas U-15 hingga U-19 berstandar tinggi, berstandar kelas dunia karena Fakhri sangat objektif terhadap pemain yang diampunya.

    Tak ada titipan. Tak ada pesanan. Yang ada standar dan standar. Bersama Fakhri, David Maulana dan kawan-kawan menjadi pemain Timnas yang cerdas intelegensi, personaliti, teknik, dan speed.

    Bravo Timnas U-19. Bravo Fakhri Husaini dan tim. Anda harus tetap membesut Timnas U-19 hingga U-20. Aamin.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.