Cara Meningkatkan Pendapatan Google Adsense via Blog - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Lima pemenang kompetisi komik Jaga Privasimu yang digelar Google bekerja sama dengan beberapa lembaga seperti Kominfo, BSSN, Siberkreasi, ID-IGF, IGF-Youth dan ICT Watch di Graha Niaga Thamrin, Jakarta Selatan, Selasa, 20 Agustus 2019. TEMPO/Khory

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 November 2019

Selasa, 12 November 2019 15:19 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Cara Meningkatkan Pendapatan Google Adsense via Blog

    Dibaca : 333 kali

    Kesalahan terbesar seorang blogger saat menggunakan Adsense sebagai alat monetisasi blog mereka, adalah lupa bahwa Adsense merupakan jaringan periklanan berbasis BPK. Jadi bayaran yang dihasilkan berasal dari klik bukan dari tayangan iklan.

    Penempatan yang baik justru menjadi kunci utama dalam hal ini. Dengan menempatkan iklan yang sesuai, peluang untuk mendapatkan klik dari pengunjung semakin besar. Pendapatan bisa jauh lebih meningkat walaupun jumlah pengunjungnya sedikit.

    Berikut ini adalah cara untuk meningkatkan pendapatan Google Adsense pada blog.

    Cara Meningkatkan Pendapatan Adsense

    Gunakan Iklan Banner

    Maksimalkan unit iklan yang bisa diterapkan pada blog Anda. Biasanya Anda diizinkan untuk menggunakan beberapa iklan banner dan juga iklan tautan. Pasang saja beberapa iklan banner itu untuk meningkatkan peluang klik iklan dari pengunjung.

    Ini juga bisa mempengaruhi nilai dari BPK menjadi lebih besar. Pengunjung akan benar-benar mengklik iklan tersebut jika mereka merasa membutuhkan atau tertarik saja. Jadi berdoa saja agar setiap iklan yang tampil dapat menarik perhatian pengunjung. Setiap iklan nilainya berbeda-beda dan besarannya tergantung dari pengiklannya itu sendiri.

    Tempatkan 3 iklan dalam konten posting

    Anda tentu sering melihat beberapa blog besar memasang iklannya pada postingan. Alasannya adalah dibagian itu menjadi tempat dimana banyak pengunjung melihat. Jarang dari mereka melihat sisi sidebar, mereka pasti akan tertuju pada bagian kontennya.

    Anda bisa menambahkan iklan dibagian atas konten, tengah dan juga bawah. Ketika pengunjung membaca artikel, mereka dipastikan akan melihat iklan yang ditayangkan. Jika tertarik, mereka pasti akan mengklik iklan tersebut. Disarankan untuk Anda menempatkan iklan dibagian dimana terdapat poin-poin penting dalam konten tersebut. Pengunjung akan berlama-lama di bagian itu.

     Gunakan warna Merah

    Banyak orang berpendapat bahwa warna merah memiliki daya rangsang mata lebih baik dari warna lain. Jadi orang akan lebih tertarik melihat sesuatu jika warna tersebut merah. Anda bisa mengubah beberapa teks ataupun link menjadi warna merah. Ini sedikit cara mempercaya pengunjung untuk tetap tertarik dengan konten Anda.

    Kemudian ubah juga warna iklan menjadi merah, sehingga lebih memiliki daya tarik bagi pengunjung. Namun perlu diperhatikan untuk tidak mengubah semua ornament blog menajadi warna merah. Itu justru akan membuat tampilan blog menjadi tidak enak dipandang.

    Iklan Sidebar Bergulir

    Anda tentu berharap iklan yang ditayangkan di blog bisa dilihat terus oleh pengunjung. Salah satu caranya adalah membuat iklan sidebar bergulir. Iklan ini akan tetap terlihat ketika pengunjung bergulir ke bawah dan ke atas.

    Jadi iklan tersebut akan mengikuti kemana pengunjung bergulir. Ini memang sedikit beresiko karena bisa dianggap spam oleh Google. Namun masih banyak blog menggunakan cara ini dan aman-aman saja. Anda bisa membuat ukuran iklan memanjang ke bawah dan lebarnya disesuaikan dengan ukuran sidebar blog tersebut.

     Gunakan Iklan Berbasis Teks & Gambar

    Adsense memberikan akses kepada Anda untuk memilih jenis unit iklan yang akan digunakan. Terdapat dua pilihan yakni berbasis gambar ataupun teks. Namun sangat disarankan  bagi Anda untuk menggunakan kedua jenis iklan tersebut. Itu akan memberikan peluang nilai BPK lebih tinggi. Lakukan ini secara perlahan karena peningkatan nilai BPK tidak terjadi secara seketika.

    Demikian penjelasan mengenai tips meningatkan pendapatan Adsense. Tips-tips di atas bisa dicoba dengan tetap mematuhi aturan dari Google untuk menghindari banned akun Adsense.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.