Timnas U-22 Versus Timnas Iran U-23, Tolok Ukur di SEA Games Filipina - Analisa - www.indonesiana.id
x

Timnas U-22 siap berjuang

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 12 November 2019 23:44 WIB
  • Analisa
  • Berita Utama
  • Timnas U-22 Versus Timnas Iran U-23, Tolok Ukur di SEA Games Filipina

    Dibaca : 370 kali


    Setelah Timnas U-16 dan Timnas U-19 sama-sama lolos ke putaran final Piala Asia 2020, esok, giliran Timnas U-22 asuhan Indra Sjafri yang ditargetkan meraih emas SEA Games Filipina, akan unjuk gigi meladeni Timnas U-23 Iran di Stadion I Wayan Dipta, Bali, Rabu (13/11/2019).

    Kendati Timnas Senior melempem dan PSSI dengan pengurus baru rasa lama tetap kurang mendapat simpati publik sepak bola nasional, hingga suporter juga membuktikan ancamannya dengan memboikot Timnas, tetap saja pecinta sepak bola nasional sejati hadir mendukung Timnas yunior.

    Saat Timnas U-19 berlaga, di pertandingan pertama dan kedua, hanya tiga ribuan suporter yang hadir mendukung di Stadion Madya.

    Namun, saat laga terakhir versus Korea Utara di SUGBK, ada sekitar enam belas ribuan suporter hadir.

    Semoga saja, saat Timnas U-22 melakoni laga persahabatan melawan Iran U-23, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, akan dipadati pula oleh suporter sejati Indonesia. Sebab, Timnas U-22 ke bawah bukanlah Timnas Senior yang memiliki tugas mengendalikan ranking FIFA Indonesia.

    Jadi, tidak ada alasan bagi suporter untuk tak memadati stadion dan mendukung pasukan Indra Sjafri.

    Meski bertajuk laga persahabatan, laga ini akan menjadi ajang pembuktian kualitas pemain Timnas U-22, apakah akan mengikuti jejak adiknya U-16 dan U-19 yang sudah berada di level Asia.

    Menurut Indra, ada beberapa pemain yang belum menunjukkan performa maksimal selama pemusatan latihan.

    "Kami memberikan kesempatan kepada pemain yang kualitasnya perlu kami lihat lebih dalam lagi," kata Indra dikutip dari pernyataan PSSI di Jakarta, Selasa, 12 November 2019.

    Karenanya, Indra akan memaksimalkan pergantian enam pemain, jumlah pergantian yang disepakati dengan Iran dalam laga di Bali.

    Namun, saat laga kedua nanti di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Sabtu, 16 November 2019, kesepakatan pergantian enam pemain tidak berlaku.

    Pengalaman dan prestasi Indra yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 2019, berharap agar pertandingan di Pakansari nanti benar-benar menjadi gladi bersih dan simulasi terakhir sebelum tim asuhannya tampil di SEA Games 2019, dan hanya akan ada tiga pergantian pemain.

    SEA Games 2019 di Filipina akan berlangsung mulai 25 November 2019, jadi sisa waktu Timnas U-22 Indonesia masih cukup untuk bergabung di Grup B bersama Laos, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam dan juara bertahan Thailand dalam ajang bergengsi Asia Tenggara ini.

    Terlebih, laga perdana, Indonesia bakal langsung bertemu tim kuat Thailand pada 26 November 2019.

    Semoga tanding persahabatan esok Rabu, pasukan muda Indonesia U-22, meski tim masih dalam rangka coba-coba dan pemberian kesempatan kepada pemain membuktikan kualitas, minimal Timnas U-22 mampu mengimbangi atau bahkan dapat menjubgkalkan Timnas U-23 Iran yang juga telah lolos ke Piala Asia. Aamiin.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.