Resep Donat Greentea yang Lezat dan Mudah Dibuat - Viral - www.indonesiana.id
x

Kris Santi Handayani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 13 November 2019 08:29 WIB
  • Viral
  • Berita Utama
  • Resep Donat Greentea yang Lezat dan Mudah Dibuat

    Dibaca : 381 kali

    Donat, sajian yang nikmat ini disukai banyak orang karena memiliki rasa yang lezat dengan tekstur yang lembut. Saat ini telah banyak toko yang menjual aneka varian donat dan tentunya dengan rasa yang spesial.

    Donat memang bisa kita variasikan menjadi berbagai sajian yang enak dengan topping menggugah selera. Untuk anda yang ingin sajian donat dengan rasa yang lebih spesial, serta topping istimewa, anda bisa membuat donat greentea topping cokelat susu yang ditaburi dengan kenari. Perpaduan rasa green tea dan cokelat susu sebagai topping akan membuat anda dan keluarga ketagihan saat menyantapnya.

    Cara membuat donat greentea itu sendiri sangat mudah, dengan bahan-bahan yang sederhana. Nah, jika anda ingin tahu resep sajian donat greentea dan cara membuatnya, anda bisa simak di bawah ini.  

    Bahan Utama yang Dibutuhkan Untuk Membuat Donat Greentea

    • 250 gram tepung terigu protein tinggi
    • 30 gram gula pasir
    • 1 sdm greentea bubuk
    • 1 butir telur
    • 1/2 sdt garam
    • 100 ml susu cair dingin
    • 1/2 bungkus ragi instan
    • 50 gram margarin
    • 100 gram kentang kukus
    • Minyak goreng secukupnya

    Bahan Untuk Topping

    • 100 gram cokelat masak susu
    • 100 gram kenari

    Cara Menyiapkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

    1. Ambil cokelat yang sudah anda sediakan, kemudian lelehkan.
    2. Selanjutnya iris panjang kenari. Sisihkan.

    Cara Membuat Adonan Donat Greentea

    1. Pertama-tama, silakan siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan donat. Kemudian masukan beberapa bahan yang sudah anda sediakan seperti misalkan tepung terigu, gula pasir, greentea bubuk, kentang yang sudah dikukus dan ragi instan.
    2. Selanjutnya silakan masukan telur beserta susu cair sedikit demi sedikit saja sambil adonan diuleni hingga kalis.
    3. Setelah itu, anda bisa memasukan garam dan margarin. Uleni lagi hingga adonan elastis. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
    4. Jika sudah, anda bisa menimbang adonan masing-masing sebanyak 40 gram. Lalu bentuk adonan menjadi bulat. Diamkan selama kurang lebih 10 menit.
    5. Langkah berikutnya, silakan adonan yang sudah anda bentuk bulat dibentuk kembali menjadi bulat pipih. Lalu di bagian tengahnya anda bisa melubanginya.

    Cara Menggoreng Donat

    1. Siapkan loyang untuk menyimpan donat yang sudah dibentuk. Lalu taburi dengan menggunakan tepung terigu. Simpan adonan donat yang sudah anda bentuk dalam loyang tersebut dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
    2. Apabila sudah 30 menit, anda bisa langsung menggorengnya. Silakan sediakan wajan yang akan digunakan untuk menggoreng donat.
    3. Masukan minyak goreng secukupnya ke dalam wajan tersebut. Tunggu sebentar hingga minyak goreng menjadi panas atau meletup-letup.
    4. Apabila minyak goreng sudah panas, anda bisa menggoreng donat dengan menggunakan api sedang. Goreng donat hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan.
    5. Selanjutnya celupkan bagian atas donat ke dalam cokelat masak susu yang sudah anda lelehkan. Lalu berikan kenari di bagian atasnya.

    Donat green tea lezat sudah selesai dibuat. Teksturnya yang lembut dengan rasanya yang manis dan nikmat akan membuat anda ketagihan. Anda bisa membuat donat greentea seperti di atas di rumah dengan cara yang mudah, serta bahan yang mudah didapatkan. Semoga dengan resep yang kami hadirkan di atas akan memudahkan anda membuat donat green tea di dapur.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.