Resep Bolu Kukus Milo yang Empuk, Lembut dan Sedap - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Kris Santi Handayani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 13 November 2019 15:24 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Resep Bolu Kukus Milo yang Empuk, Lembut dan Sedap

    Dibaca : 198 kali

    Ingin membuat sajian bolu kukus yang lebih spesial dengan rasa yang unik dan nikmat? Bolu kukus milo dapat anda coba buat di rumah. Dengan campuran susu milo dan cokelat yang nikmat akan membuat kue bolu kukus ini rasanya semakin lezat. Selain itu, teksturnya begitu lembut saat disantap. Siapa saja yang menikmatinya tentu akan ketagihan.

    Resep bolu kukus milo ini sangat mudah dibuat, bahkan untuk anda yang baru belajar membuat kue. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah ditemukan, serta cara membuat yang simple tidak akan membuat anda kesulitan ketika mempraktikannya.

    Nah, untuk mengetahui resep bolu kukus milo anda bisa simak langsung pada pembahasan di bawah ini.

    Bahan-Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Bolu Kukus Milo

    • 50 gram tepung terigu protein sedang
    • 2 butir telur
    • 1/4 sendok teh garam
    • 45 gram gula pasir
    • 25 gram susu milo
    • 25 ml susu cair
    • 15 gram minyak goreng
    • 50 gram cokelat masak pekat
    • 1/4 sdt cokelat pasta
    • 1/4 sdt baking powder

    Bahan Tambahan

    • 20 gram sereal milo
    • 6 sdm selai cokelat untuk olesan

    Cara Membuat Bolu Kukus Milo

    1. Pertama-tama langkah yang harus dilakukan yaitu membuat adonan. Silakan sediakan wadah yang akan anda gunakan untuk membuat adonan. Lalu masukan beberapa bahan seperti gula pasir, telur, emulsifier  dan garam. Kocok semua bahan-bahan ini hingga merata dan mengembang.
    2. Apabila sudah seperti itu, silakan masukan tepung terigu, baking powder dan milo sambil anda ayak dan adonan diaduk-aduk hingga merata.
    3. Langkah berikutnya silakan masukan bahan yang lainnya seperti campuran minyak goreng, cokelat masak putih, susu cair serta pasta vanila. Anda bisa memasukannya sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga adonan tercampur merata.
    4. Kemudian silakan sediakan loyang berukuran 30x10x4 cm. Lalu anda bisa melapisinya dengan kertas roti namun jangan diolesi margarin.
    5. Jika sudah, silakan siapkan alat pengukusan dan diamkan beberapa saat hingga kukusan panas.
    6. Nah, setelah panas silakan kukus adonan dengan menggunakan api sedang sampai matang atau kurang lebih selama 20 menit. Setelah matang, anda bisa langsung mengangkat bolu kukus dan tunggu beberapa saat hingga bolu menjadi dingin.
    7. Apabila sudah dingin, anda bisa mengoleskan selai sebagai lapisan di bagian atas bolu kukus. Lalu  silakan taburkan milo sereal di atasnya.
    8. Terakhir sajikan bolu kukus yang sudah jadi pada tempat saji yang telah anda sediakan.

    Bolu kukus milo yang sederhana dan nikmat sudah selesai dibuat. Rasanya yang sangat lezat tentunya akan sangat memanjakan lidah. Anda bisa membuat bolu kukus ini sebagai cemilan atau hidangan untuk acara-acara tertentu seperti hajatan ataupun arisan keluarga.

    Agar bolu kukus anda mengembang dan tidak gagal, anda harus melakukan langkah demi langkah pembuatan bolu kukus dengan baik dan benar. Anda harus menggunakan bahan-bahan dengan takaran yang telah ditentukan resep. Sebab mengubah, menambahkan atau mengurangi takaran bahan memungkinkan bolu kukus hasilnya tidak sesuai yang diinginkan. Selain itu, kukus juga dalam waktu yang telah ditentukan, jangan terlalu lama ataupun terlalu sebentar.

    Itulah resep dan cara membuat bolu kukus milo yang lezat. Semoga dengan resep yang kami berikan dapat menambah koleksi resep masakan anda.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.