x

Iklan

Kris Santi Handayani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 14 November 2019 16:11 WIB

Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Keju yang Lezat dan Mantap

Nah, untuk anda yang ingin tahu resep dan cara membuat donat kentang keju yang lezat dan mantap, anda bisa simak berikut ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Donat kentang memiliki tekstur yang lembut dengan rasanya yang lezat. Donat kentang itu sendiri bisa dikreasikan dengan aneka topping sehingga menjadi lebih spesial. Ada banyak topping yang bisa digunakan, mulai dari cokelat, greentea hingga keju. Untuk topping bisa disesuaikan dengan selera.

Resep donat kentang kali ini menggunakan keju sebagai topping. Parutan keju yang gurih berpadu dengan donat kentang yang lembut akan terasa sangat nikmat. Selain itu, resep dan cara membuat donat kentang keju mudah dilakukan, bahkan oleh pemula.

Nah, untuk anda yang ingin tahu resep dan cara membuat donat kentang keju yang lezat dan mantap, anda bisa simak di bawah ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bahan Utama yang dibutuhkan

  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 400 gram tepung terigu protein tinggi
  • 15 gram susu bubuk
  • 50 gram margarin
  • 200 ml air
  • 1 sdt garam
  • 200 gram kentang
  • 1 butir telur
  • 35 gram gula pasir
  • 1 bungkus ragi instan
  • 500 gram minyak padat

Bahan yang Dibutuhkan Untuk Topping

  • Keju parut
  • buttercream

Cara Membuat Adonan Donat Kentang Keju

  1. Langkah pertama, silakan ambil kentang yang sudah anda sediakan. Lalu kentang dikukus hingga empuk dan matang. Setelah matang, anda bisa mengangkatnya. Kemudian haluskan. Sisihkan.
  2. Setelah itu, anda bisa langsung membuat adonan. Silakan sediakan wadah yang akan anda gunakan untuk membuat adonan. Lalu masukan tepung terigu dan susu bubuk sambil diayak. Lalu masukan gula pasir, kentang yang sudah dikukus dan ragi instan. Uleni semua bahan-bahan tersebut hingga tercampur merata.
  3. Masukan telur dan tuangkan sedikit demi sedikit air sambil adonan diuleni hingga kalis. Lalu silakan tambahkan margarin dan garam. Kembali adonan diuleni hingga elastis. Jika sudah, anda bisa mendiamkannya terlebih dahulu selama kurang lebih 20 menit.
  4. Setelah adonan didiamkan selama 20 menit, anda bisa mengkempiskan adonan. Lalu adonan ditimbang masing-masing sebanyak 40 gram. Lalu silakan bentuk bulat adonan.
  5. Langkah berikutnya pipihkah adonan yang sudah anda bentuk bulat. Lalu bagian tengahnya silakan dilubangi.
  6. Sediakan loyang, lalu taburi dengan menggunakan tepung terigu. Letakan donat yang sudah anda bentuk di dalam loyang tersebut dan diamkan lagi selama kurang lebih 30 menit hingga donat menjadi mengembang.

Cara Menggoreng Donat

  1. Setelah donat mengembang, anda bisa langsung menggoreng donat. Silakan ambil wajan yang akan digunakan untuk menggoreng donat. Lalu masukan minyak yang sudah anda sediakan dan panaskan.
  2. Setelah minyak panas, anda bisa memasukan donat. Goreng donat dengan menggunakan minyak panas sedang hingga benar-benar matang atau warnanya berubah menjadi kecoklatan.
  3. Setelah matang, silakan angkat dan tiriskan. Tunggu selama beberapa saat hingga donat menjadi dingin.
  4. Apabila donat sudah dingin, silakan di bagian atasnya anda oleskan buttercream tipis-tipis saja. Kemudian taburkan keju parut di atasnya.
  5. Terakhir anda bisa menyajikannya pada tempat saji untuk keluarga tercinta di rumah.

Donat kentang keju sudah selesai dibuat. Rasanya yang lezat dengan tekstur yang empuk akan anda dapatkan. Setelah mengetahui resep dan cara membuatnya, kini untuk bisa menikmati donat kentang keju anda tidak harus selalu membelinya karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah.

Semoga resep yang kami berikan untuk anda bermanfaat dan dapat menambah koleksi resep masakan anda.

Ikuti tulisan menarik Kris Santi Handayani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler