Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Klien - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Sumber foto: creative commons

Adhika Dwi Pramudita

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 November 2019

Jumat, 15 November 2019 08:37 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Klien

    Dibaca : 64 kali

    Sebagai social media agency di Jakarta, Penulis.ID selalu berusaha untuk menjaga hubungan baik dengan klien. Ada beberapa cara yang cukup efektif untuk menjaga hubungan baik ini. Buat kamu yang punya bisnis di bidang jasa, cara-cara ini juga akan bermanfaat untuk meningkatkan hubunganmu dengan klien. Bagaimanapun juga, bisnis jasa sangat bergantung terhadap hubungan dan kepuasan dari klien.

    Kejutkan Klien Dengan Memberi Lebih

    Banyak sekali bisnis jasa yang over promise, namun under deliver. Padahal, seharusnya kita malah under promise, over deliver. Apabila kita bisa membuat klien bahagia dengan memberikan hal ekstra di atas ekspektasi klien, maka klien otomatis akan lebih senang. Klien akan merasa enak sekali bekerja dengan kita. Kalau kita berhasil melakukan itu, otomatis hubungan kita dengan klien akan membaik.

    Namun tentunya servis lebih ini harus dihitung dengan baik. Jangan sampai karena ingin memberi klien jasa lebih, kita malah merugi.

    Komunikasi Dengan Sopan

    Dalam berkomunikasi, apalagi dalam berhubungan dengan klien, kita harus melakukannya dengan sopan dan mengikuti norma yang ada. Misalnya di Penulis.ID, meskipun klien sedang marah-marah, kita berusaha untuk tidak membalas marah, namun justru membalas tetap professional. Kalau klien marah, lalu kita ikutan marah, reaksi tersebut bisa dibilang tidak sopan. Berkomunikasilah dengan sopan agar klien juga sopan ke kamu.

    Selain itu, kita harus mengikuti norma yang diterima di masyarakat. Misalnya, sebaiknya jangan menganggu klien apabila sudah larut malam atau di luar jam kerja, kecuali kalau memang ada hal yang sangat darurat. Ingat bahwa berbagi foto kucing lucu bukanlah keadaan darurat, sehingga tidak perlu kamu kirimkan malam itu juga.

    Evaluasi Rutin Terhadap Target

    Dalam bisnis social media agency seperti Penulis.ID, kami sangat peduli terhadap target yang dipasang oleh klien. Komunikasi berupa evaluasi rutin terhadap target sangatlah penting. Kita jadi bisa tahu apakah kita sudah mencapai, mendekati, atau malah jauh sekali dari target. Evaluasi rutin ini juga bisa kita pakai sebagai ajang silahturahmi dengan klien.

    Kami menyarankan untuk mengadakan evaluasi rutin terhadap target setidaknya sebulan sekali. Kalau kamu bisa mengagendakan 2 minggu sekali, lebih bagus lagi. Lokasi evaluasi tidak harus di kantor, bisa juga diagendakan di luar kantor seperti di kedai kopi yang lagi hits.

    Itulah tadi beberapa cara untuk menjaga hubungan baik dengan klien. Semoga berguna dan silahkan dipraktekkan!


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.