x

Sejumlah pekerja mengecek barang-barang yang akan dikirim menjelang Single Day 11.11 atau Hari Belanja Online di gudang logistik Alibaba di kota Shenyang, provinsi Liaoning, Cina, 10 November 2019. Merek dari China, seperti Xiaomi, Midea, dan Haier diserbu para pembeli. REUTERS/Stringer

Iklan

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 November 2019

Kamis, 14 November 2019 19:15 WIB

6 Tips Mencari Kerja Buat Kamu yang Fresh Graduate

Siapa sih yang tidak mau langsung kerja sesudah lulus? Seperti dikutip dari Broonet.com, berikut panduan cari kerja untuk fresh graduate.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Selamat untuk gelar pertama Anda! Perjuangan 4 tahun di bangku kuliah sekarang pada akhirnya membuat nama Anda kelihatan lebih panjang dari mulanya, karena gelar! Selamat hadir di dunia yang sebenarnya, yaitu dunia kerja. Waktunya buat Anda untuk mengaplikasikan apa yang sudah Anda dalami sepanjang kira-kira 4 tahun di bangku perkuliahan.

Cari pekerjaan bukan hal yang sepele. Anda harus telaten menjalankannya sebab banyak saingan yang baru lulus. Status Anda dengan mereka sama, yaitu fresh graduate yang belum mempunyai pengalaman apa-apa di dunia kerja. Oleh karenanya, Anda harus bertindak lebih dari mereka, seperti lebih gencar untuk cari pekerjaan.

Siapa sih yang tidak mau langsung kerja sesudah lulus? Seperti dikutip dari Broonet.com, berikut panduan cari kerja untuk fresh graduate.

Ketahui Potensi Diri Anda

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Belajar sepanjang 4 tahun belum pasti membuat orang otomatis tahu keinginan dan potensi yang sebetulnya. Oleh karenanya, cari tahulah apa yang menjadi kesukaan Anda dan ketrampilan yang sesungguhnya alias talenta terpendam. Alangkah bahagianya bila sebuah kesukaan dapat jadikan sebagai ladang penghasil uang.

Pasti, pekerjaan itu tidak harus yang betul-betul terkait dengan mata kuliah Anda dulu. Langkah yang perlu Anda lakukan ialah menulis kemampuan apa yang Anda punya. Jangan langsung menilai jika kemampuan itu benar-benar rendah mutunya. Tulislah dulu semua lalu pilih mana yang pantas untuk dijadikan pekerjaan. Kemudian, pilih skill yang memberi gaji terbesar.

Bikin CV yang Sesuai

Sebelum melamar pekerjaan, ketahui terlebih dulu pekerjaan yang akan Anda lamar. Bila Anda melamar di bagian kreatif, pasti Anda harus membuat dengan design sekreatif mungkin. Nah, CV atau surat lamaran kerja yang kreatif ini alangkah lebih baiknya sesuai dengan jenis pekerjaan yang Anda lamar.

Yakinkan jika CV itu menerangkan dengan detail siapa diri Anda serta apa yang telah Anda lakukan. Diluar itu, upayakan untuk memberi lampiran yang sesuai pekerjaan Anda. Ini ditujukan untuk meningkatkan nilai jual Anda.

Pakai Alamat E-mail yang Baik

Alamat e-mail penting untuk Anda perhatikan. Jangan pernah Anda melamar kerja lewat alamat e-mail yang bukan nama Anda alias e-mail pinjaman. Atau lebih parahnya memakai nama alamat e-mail yang kekanak-kanakan alias alay.

Tidak dimungkiri, zaman sekarang masih ada-ada saja orang yang begitu menganggap enteng alamat e-mail. Walau sebenarnya perusahaan juga bisa melakukan penilaian pada alamat e-mail yang Anda pakai. Bikinlah alamat e-mail yang sesuai nama Anda.

Memilih Boleh, Tetapi Jangan Terlalu Jadi Pemilih!

Anda bebas memilih dimana ingin kerja dan bebas memastikan pekerjaan apa yang ingin didapatkan. Namun, jangan pernah Anda menutup diri untuk peluang yang mungkin semakin besar dari yang dipilih.

Lamarlah beberapa pekerjaan dari sejumlah perusahaan. Anda dapat menjadikan yang lain jadi pilihan cadangan Anda saat perusahaan yang dicari menolak Anda. Hal ini ditujukan untuk menghemat waktu menunggu menerima panggilan dari perusahaan berkaitan.

Gunakan Aplikasi Pencari Pekerjaan

Sekarang, Anda bukan sekedar bisa cari pekerjaan dengan offline saja, tetapi juga dapat memakai beberapa website atau aplikasi untuk membantu Anda cari pekerjaan. Situs resmi dan aplikasi itu akan memberi info persyaratan apa yang sedang dicari oleh perusahaan itu, hingga dengan mudah Anda dapat menyesuaikannya dengan perusahaan.

Anda juga bisa memberi e-mail Anda agar bisa diberi notifikasi jika ada pekerjaan yang baru membuka lowongan pekerjaan untuk fresh graduate.

Buat Diri Anda Dilirik Perusahaan

Tingkatkanlah potensi yang Anda punya, ditambah lagi bila Anda sekarang sedang menanti panggilan wawancara dari perusahaan. Buat persiapan diri secara baik dalam membuat surat lamaran pekerjaan supaya dengan gampang potensi Anda dilirik oleh perusahaan. Jangan malas cari tahu cara membuat cover letter yang kreatif, serta bikinlah diri Anda dilirik perusahaan. Mudah-mudahan sukses!

Ikuti tulisan menarik Candra Bi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler