x

sumber foto; infokomputer.grid.id

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 17 November 2019 02:00 WIB

Bahaya Hobi yang Berlebihan

Tentang bahaya hobi yang berlebihan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk menghilangkan stres yang umumnya disebabkan oleh pekerjaan dan rutinitas hidup sehari-hari. Sebagian besar orang mengatasinya dengan melakukan hobi yang disukai. Namun tidak sedikit juga yang membuat hobi menjadi kecanduan. Beberapa yang belakangan ini sering kita jumpai adalah hobi selfie, maniak gadget serta mengoleksi batu akik. Hobi yang berlebihan dapat membahayakan kehidupan seseorang.

Pada dasarnya, hobi merupakan sesuatu yang dapat membuat seseorang merasa senang dan dapat sejenak melupakan permasalahan hidup yang ada. Namun ketika hobi tersebut sudah menjadi berlebihan maka akan memberikan dampak negatif. Orang yang maniak terhadap hobinya bisa jadi sudah ada permasalahan mental sebelumnya karena orang yang normal akan tahu kapan waktu yang tepat untuk menjalani hobinya.

Orang dapat dikatakan berlebihan dalam menjalani hobinya ketika orang tersebut mengabaikan orang disekitarnya dan kegiatan yang biasa ia jalani sehari-hari. Sikap tersebut tentu saja dapat memengaruhi fungsi sosial dan daya pikirnya. Orang-orang terdekat tentu akan merasa tidak nyaman untuk bergaul dengannya dan kemudian perlahan meninggalkannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat seseorang tidak memiliki teman atau orang terdekat suatu ketika nanti orang tersebut akan merasa kesepian dan dapat menimbulkan masalah psikologis lainnya. Untuk itu sebaiknya kita membatasi kegiatan hobi kita agar tetap bisa menjalani kehidupan sosial kita. Pada hakekatnya manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri.

Setiap orang memiliki cara mengatasi stres dan kegelisahan yang berbeda-beda. Menjalani hobi merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menghilangkan stres tersebut. Orang yang memiliki mental yang sehat dapat mengatasi stres dengan cara yang baik yang tidak akan menimbulkan permasalahan baru. Kita harus mengatur hobi kita agar tidak menimbulkan permasalahan baru yang dapat membuat kehidupan kita tidak seimbang.

Mari kita nikmati hobi kita secara wajar. Hidup membutuhkan keseimbangan, jangan sampai hobi membuat kita kecanduan.

***
Solo, Sabtu, 16 November 2019. 7:00 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB