Kasus Sukmawati Soekarnoputeri, Ini Pendapat MUI - Viral - www.indonesiana.id
x

Tangkapan video diskusi Sukmawati

Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 18 November 2019 07:37 WIB
  • Viral
  • Berita Utama
  • Kasus Sukmawati Soekarnoputeri, Ini Pendapat MUI

    Dibaca : 1.501 kali

    Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri kembali akan berurusan dengan polisi. Dia dilaporkan ke Kepolisian Daerah Metro Jaya pada 15 November atas dugaan tindak pidana penistaan agama karena membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan Presiden RI Pertama Soekarno.

    Pelapor Sukmawati kali ini adalah warga bernama Ratih Puspa Nusanti, anggota Koordinator Bela Islam (Korlabi). Sekretaris Jenderal Korlabi, Novel Bamukmin mengatakan, Ratih merasa nabinya dibandingkan dengan Soekarno, maka dia melaporkan putri Soekarno itu ke polis

    Apa pendapat Majelis Ulama Indonesia (MUI)? Wakil Sekretaris Jenderal MUI, Amirsyah Tambunan menyatakan perlu dilakukan klariifkasi terlebihj dahulu kepada Sukmawati. "Perlu dilakukan klarifikasi dan tabayun atas pernyataan tersebut, sesuai SOP (standar operasional prosedur) yang ditetapkan MUI," kata Amirsyah melalui pesan singkat kepada Tempo, Ahad, 17/11.

    "Atas dasar itu semua pihak berharap Sukmawati tidak membuat pernyataan yang menimbulkan kegaduhan," kata Amirsyah. Dia menyatakan menghargai pihak yang melakukan proses hukum karena itu merupakan hak.

    Pernyataan Sukmawati Soekarnoputri yang dituding sebagai membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan Soekarno itu dilontarkan dalam sebuah diskusi. Tempo menemukan salah satu videonya dan dibenarkan oleh Sekretaris Jenderal Korlabi Novel Bamukmin sebagai ucapan yang dipermasalahkan ke polisi. Dalam video itu, putri Soekarno itu tampak mengucapkan kalimat tersebut dalam sebuah forum. Dia  berdiri di atas mimbar dan berbicara menggunakan pengeras suara. Berikut cuplikan ucapannya:

    "Mana lebih bagus Pancasila sama Al Quran? Gitu kan. Sekarang saya mau tanya ini semua, yang berjuang di abad 20 itu nabi yang mulia Muhammad, apa Insinyur Sukarno? Untuk kemerdekaan. Saya minta jawaban, silakan siapa yang mau menjawab berdiri, jawab pertanyaan Ibu ini," ujar Sukmawati Soekarnoputri.

    Dihubungi terpisah, Sukmawati membantah berniat menista Nabi Muhammad SAW. Dia mengatakan, ucapannya yang membandingkan Muhammad dengan ayahnya itu dalam konteks perjuangan kemerdekaan Indonesia. "Saya kan hanya bertanya. Konteksnya sama sejarah Indonesia dalam kemerdekaan, masak begitu saja jadi masalah?," ujar dia kepada Tempo, Sabtu, 16/11.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.