Inilah 5 Pilihan Pekerjaan Sampingan yang Patut Dilirik - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

ilustr: bernas.id

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 19 November 2019 12:03 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Inilah 5 Pilihan Pekerjaan Sampingan yang Patut Dilirik

    Dibaca : 698 kali

    Apakah gaji yang anda terima setiap bulan masih kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Apabila jawabannya ya, mungkin sudah saatnya anda mempunyai sambilan alias pekerjaan sampingan. Lantas, jenis pekerjaan sampingan seperti apa yang cocok untuk seorang karyawan? Berikut ini beberapa pekerjaan sampingan yang layak untuk anda coba.

    Guru Les

    Apabila anda mempunyai pengetahuan mendalam tentang salah satu pelajaran tertentu, cobalah memanfaatkan ilmu tersebut dengan menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan. Anda bisa menjadi guru les privat bagi anak sekolah selepas pulang kantor. Bingung mencari pasar? Tawarkan saja pada orang-orang di sekitar tempat tinggal atau rekan kerja anda di kantor.

    Fotografer

    Jika anda mempunyai hobi di bidang fotografi, tidak ada salahnya memanfaatkan hobi anda tersebut untuk mencari penghasilan tambahan. Mulailah dari ruang lingkup yang kecil. Sebarkanlah informasi kepada teman atau rekan kerja dan katakan pada mereka bahwa anda melayani jasa memotret untuk berbagai acara, baik itu pernikahan, acara ulang tahun, maupun foto pribadi. Dari mulut ke mulut, bukan tidak mungkin anda akan menerima job memotret dari salah satu mereka.

    Bisnis Kuliner

    Tak bisa dipungkiri, karyawan yang mempunyai pekerjaan sampingan bisnis kuliner kebanyakan adalah mereka yang hobi memasak. Meski harus memasak setelah pulang kerja, namun mereka tetap enjoy saat menjalaninya. Nah, jika anda mempunyai keterampilan dalam memasak, tak ada salahnya untuk masuk ke bisnis kuliner saat ini juga. Mulailah dengan membuat berbagai macam jenis kue atau makanan ringan.

    Pemasarannya? Anda bisa tawarkan langsung ke teman-teman atau menjualnya secara online. Jika online, jangan lupa sertakan foto agar terlihat lebih menarik.  

    Penulis

    Kemungkinan lain, jika anda memiliki keahlian menulis artikel, anda bisa menawarkan diri menjadi pekerja lepas di sebuah perusahaan media. Biasanya anda akan ditugaskan untuk menulis sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Atau mungkin jika anda memiliki stok tulisan menarik tentang catatan perjalanan, tawarkan saja pada media yang anda datangi, Kalau ‘jodoh’, bukan tidak mungkin anda bisa menjadi kontributor di media tersebut.

    Penerjemah

    Apakah anda memiliki kemampuan berbahasa asing yang mumpuni? Jika ya, jadikan keahlian anda tersebut sebagai pekerjaan sampingan. Saat ini, jasa penerjemah sering diperlukan dalam berbagai bidang, seperti film, buku, atau dokumen-dokumen resmi. Semakin tinggi jam terbang anda, maka semakin besar pula tarif yang bisa anda patok dalam sekali pemakaian jasa.

    Nah, itulah lima pilihan pekerjaan sampingan yang mungkin anda perlukan dan bisa anda coba. Semoga bermanfaat untuk menambah penghasilan anda.

    ***
    Solo, Selasa, 19 November 2019. 10:01 am
    'salam damai penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.