Tip Cara Bermain Saham untuk Pemula yang Aman dan Mudah - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Dua orang melintas di depan layar indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 November 2019

Rabu, 20 November 2019 06:44 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Tip Cara Bermain Saham untuk Pemula yang Aman dan Mudah

    Dibaca : 363 kali

    Investasi sudah tidak asing lagi bagi sebagian kalangan. Mendengar kata investasi pasti langsung terpikirkan istilah saham. Apakah di antara Anda ada yang berniat untuk menjadi salah satu investor saham, namun masih ragu? Maka perlu pahami bagaimana cara bermain saham untuk pemula yang tepat.

    Tips Cara Bermain Saham untuk Pemula

    Memutuskan untuk berinvestasi saham, tidak bisa dilakukan dengan serta merta tanpa pengetahuan. Pemahaman yang belum matang mengenai seluk beluk bermain saham, akan membuat investasi Anda bukanya menguntungkan namun malah merugikan. Untuk itu, simak tips berikut ini (referensi):

    Memilih Perusahaan Sekuritas yang Berbiaya Transaksi Rendah

    Saham memang terkenal memiliki tinggi resiko, sebab ada kalanya investor akan mengalami kerugian sangat besar. Tetapi, di sisi lain juga bisa meraup banyak keuntungan hingga 20% dari modal yang ditanam.

    Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memastikan dan memilih perusahaan sekuritas atau broker saham memiliki biaya transaksi kecil. Saat memulai investasi saham, akan diminta untuk membuka rekening efek yang telah difasilitasi perusahaan tersebut.

    Uang yang Anda masukkan direkening itulah yang akan menjadi e-money untuk membeli saham secara online. Biaya transaksi di sini adalah, nominal pembelian saham kemudian suatu saat menjadi sumber pendapatan perusahaan.

    Memasukkan Dana Saham dengan Pertimbangan

    Setelah rekening efek telah dibuka dan aplikasi tranding juga sudah ada. Maka tugas Anda berikutnya adalah memastikan top up dengan jumlah tertentu ke rekening tersebut. Namun, saat ini masih banyak investor pemula terkadang ragu dan khawatir jika kehilangan uang investasinya.

    Oleh karena itu, mulailah membeli saham dengan dana rendah. Ini karena, sekarang membeli saham tidak harus berjuta-juta hingga milyaran rupiah, namun bisa dengan harga lebih rendah tergantung perusahaannya.

    Anda bisa menentukan penanaman saham dengan memilih nominal yang sekiranya minimal hanya untung 1%. Namun, pastinya jangan menginvestasikan seluruh uang Anda. Ini karena permainan saham tidak akan selalu menguntungkan seperti itu.

    Memilih Saham di Indeks LQ45 atau IDX30

    Bagi investor pemula, mungkin perlu diketahui Bursa Efek Indonesia telah mengeluarkan indeks saham sejumlah 22. Indeks saham adalah ukuran statistik perubahan gerak harga dari kumpulan saham dengan kriteria tertentu.

    Saran bagi pemula bisa memilih saham yang tergabung di indeks LQ45 atau IDX30. Ini karena memiliki likuiditas tinggi dan fundamental perusahaan bagus. Sehingga, bisa menjadi cara bermain saham bagi pemula secara aman.

    Pemilih Saham Perbankan atau Consumer Goods

    Setelah memilih indeks saham, maka yang perlu Anda lakukan adalah memilih perusahaannya. Pemilihan perusahaan saham perbankan atau consumer goods merupakan langkah tepat bagi pemula. Mengapa?

    Sebab, kedua perusahaan ini merupakan bisnis yang produk-produknya telah terkenal dimasyarakat. Sehingga, otomatis perusahaan tersebut akan mendapatkan keuntungan banyak setiap tahunnya dan berpengaruh pada saham Anda.

    Cara Bermain Saham dalam Jangka Waktu Tertentu

    Pada pembahasan ini penting untuk menentukan penanaman saham yang sesuai dengan karakter investor saham bagi Anda. Jika dilakukan dengan jangan waktu lama pilihlah kategori minimal 3 tahun.

    Menggunakan jangka waktu tersebut, memberi keuntungan dan juga semakin besar, karena setiap tahunnya pasti mengalami kenaikan. Adapula yang jangka pendek, namun mengharuskan untuk lebih tahu batas rendah dan informasi terkait tren fluktuasi harga saham tertentu.

    Demikian itu beberapa tip cara bermain saham untuk pemula, jadi tunggu apalagi tidak ada salahnya mulai berinvestasi saham dengan aman dan mudah. Selain itu, pastikan juga jangan tergesa-gesa dalam melakukannya.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.