x

ilustr: DNA India

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 22 November 2019 11:16 WIB

Inilah Cara Berbelanja Online dengan Aman dan Nyaman

Tips online shopping

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Liburan panjang memang masih sebulan lagi dan ketika musim diskon berarti saatnya uang elektronik alias kartu kredit beraksi. Dalam hal ini selain harus cermat berbelanja barang-barang apa saja yang dibutuhkan dan diperlukan, anda juga harus hati-hati saat menggunakan kartu kredit. Terutama saat anda malas keluar kamar dan hanya ingin berbelanja online. Untuk itu agar berbelanja anda lewat online tetap aman perlu anda gunakan cara-cara berikut ini.

Lindungi Privasi

Jangan memperlihatkan informasi pribadi kecuali anda tahu dengan baik siapa pihak yang mengumpulkannya dan bagaimana data tersebut digunakan. Beberapa situs menjual informasi pelanggan mereka kepada pihak ketiga, oleh karena itu periksalah secara teliti dan jangan berbagi informasi yang anda miliki apabila tidak ingin orang lain menggunakannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hati-hati dengan Situs Palsu

Tidak terlalu sulit untuk membuat sebuah situs di Internet, jadi yang harus dilakukan adalah mengecek dengan teliti terhadap toko atau ritel yang jadi obyek belanja, terutama apabila anda belum pernah mengetahui toko online tersebut sebelumnya.

Gunakan Browser yang Aman

Biasanya browser memakai sandi untuk setiap informasi pembelian yang anda kirim melalui Internet, sehingga transaksi menjadi lebih aman. Mayoritas browser menerapkan hal ini sebagai fitur standar.

Pakai Kartu Kredit atau Debit

Ketika berbelanja online, kemungkinan terjadinya transaksi tidak resmi akan dibatasi. Transaksi tidak resmi biasanya tercakup dalam Zero Liability Policy, dalam hal ini bank anda akan mengembalikan setiap transaksi tidak resmi tersebut. Meskipun demikian, menjadi tanggung jawab anda untuk melaporkan setiap hal yang mencurigakan terhadap kartu anda, atau jika kartu anda hilang maupun dicuri, kepada institusi keuangan.

Gunakan Secure Code

Pakailah penyedia jasa keuangan yang menyediakan tingkat keamanan ekstra untuk pembelian online sehingga melindungi informasi rahasia pemegang kartu. Hal ini biasanya dilakukan dengan memberikan kata sandi (password) tambahan yang hanya diketahui pemegang kartu, contohnya adalah dengan MasterCard SecureCode. Fitur keamanan ini memberi perlindungan tambahan untuk para pemegang kartu dari para peretas (hacker) dan penipu di di dunia maya, serta memberikan keamanan online di semua tingkatan.

Simpanlah Semua Catatan Transaksi dan Bukti Pembayaran

Ingat, untuk memeriksa rincian pembayaran sebelum melakukan pembayaran akhir; periksa kebijakan pengembalian barang dan cakupan perlindungan data pribadi anda. Akhirnya, print bukti transaksi, dapatkan salinan surel langsung kepada anda, dan pastikan bahwa jumlah pembelian sesuai dengan tagihan di akhir bulan.

Selamat menyongsong liburan akhir tahun, selamat menikmati diskon yang ada. Selamat berbelanja online dengan aman dan nyaman.

***
Solo, Jumat, 22 November 2019. 10:33 am
'salam kreatif penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

2 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB