x

Universitas Airlangga. unair.ac.id

Iklan

Kampus Unair

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 November 2019

Selasa, 26 November 2019 15:34 WIB

Unair Siapkan Fakultas Teknik


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Universitas Airlangga memasuki babak baru dalam pengembangan program studinya. Tidak lama lagi kampus ini akan membuka Fakultas Teknik untuk memenuhi kebutuhan bidang teknologi informasi.

Hal ini sudah dimulai pada pertengahan November lalu dimana Universitas Airlangga sudah meresmikan lima program studi baru di bidang sains dan teknologi, yakni Teknik Industri, Teknik Elektro, Nano Teknologi, Robotika atau Artificial Intelligence, dan Data Science. Prodi baru ini akan ditawarkan mulai SNMPTN 2020 nanti.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Rektor Unair Prof M Nasih menyampaikan, Fakultas Teknik dibuka karena kurangnya kampus dengan jurusan teknik di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Dengan fakultas baru ini, besarnya potensi pelajar Jatim di bidang IT bisa diwadahi. Prof Nasih juga mengungkapkan, pembentukan prodi ini merupakan bentuk kontribusi Unair bagi kemajuan bangsa.

"Ini menjadi bagian dari kontribusi Unair. Untuk Indonesia yang lebih maju serta untuk mensupport dan berkontribusi di dalamnya, kita mendirikan lima program studi baru", ujar Prof Moh Nasih setelah peluncuran prodi baru di kampus C Unair.

Fasih juga menyatakan pembukaan Fakultas Teknik di Unair ini untuk memberikan
kesempatan kepada putra-putri terbaik, khususnya dari Jawa Timur, agar mereka mempunyai alternatif dan tidak buru-buru ke luar negeri maupun ke luar daerah. "Saya yakin mereka masih cukup banyak yang tidak dapat kesempatan untuk memperoleh pengetahuan di Surabaya," tambah Fasih.

Rektor Unair ini juga menyampaikan, fakultas yang akan dibuka berbeda dengan fakultas Teknik di kampus-kampus lain. Hal ini karena fakultas teknik fi Unair akan fokus pada teknik lanjutan, seperti Artificial Intelligence, Robotics, hingga Nano Technology.

"Bukan hanya keteknikan, tetapi keteknikan yang advanced, sehingga jurusan yang kita mau declare mulai tahun ajaran depan adalah Robotica, Artificial Intelligence, Nano Technology, dan Big Data," ujar Nasih.

Kemudian saat disinggung apakah fakultas teknik ini akan menjadi pesaing Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Prof Nasih menampik hal ini. Dia mengatakan akan mencoba menjadi partner.

"Kita akan menjadi partner, kalau saingan endaklah dan kebetulan lagi, teknologi teknik kita itu kan nanti ada orang dengan teknik yang kita kombinasikan dengan fakultas yang sudah ada. Jadi artifisial intelijen kita dorong untuk yang berkaitan dengan dunia-dunia kesehatan, science data kita juga nanti akan kita dorong ke sana," paparnya.

Lalu, di manakah lokasi fakultas teknik nantinya? Prof Nasih mengatakan, ada sebagian gedung di Fakultas Farmasi Kampus C Unair yang bisa dimanfaatkan untuk sementara. Hal ini sembari menunggu pembangunan gedung kuliah.

"Sementara menggunakan di farmasi masih cukup luas dan mulai bulan depan nanti ground breaking untuk gedung kuliah bersama. Teaching learning center kita sebelahnya AUP (Airlangga University Press) akan ada bangunan baru lagi untuk pusat pembelajaran. Khususnya kawan teknik dan beberapa lainnya," pungkasnya.

Dengan adanya Fakultas baru, Pria kelahiran Gresik ini berharap Unair mampu mengantarkan putra-putri terbaik bangsa untuk menggenggam dunia IT dan bersaing di level dunia.

Dengan adanya Fakultas baru ini, maka kini Unair telah memiliki 17 Fakultas dengan Program Studi lebih dari 160 jurusan.

Selain itu, menurut data terbaru yang telah diumumkan oleh Kementerian Riset Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemristek/BRIN), saat ini Unair ada di posisi ke-6 sebagai kampus dengan kinerja penelitian terbaik.

Oleh karena itu, Prof. Nasih berharap agar Unair mampu mengantarkan putra-putri terbaik bangsa untuk menggenggam dunia IT dan bersaing di level dunia.

Ikuti tulisan menarik Kampus Unair lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler