Ingin Karir atau Punya Pekerjaan Lebih Baik dengan Gaji Tinggi? Miliki Sertifikasi BNSP - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Ulfah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 27 November 2019 08:40 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Ingin Karir atau Punya Pekerjaan Lebih Baik dengan Gaji Tinggi? Miliki Sertifikasi BNSP

    Dibaca : 325 kali

    BNSP? Ada yang tau gak sih apa itu BNSP? Banyak orang menyebutkan BNSP baik dari guru, teman, ataupun orang yang berada di sekitar kita. Nah.. pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa itu BNSP dari mulai artinya sampai pengertiannya. Lngsung aja yuk kita simak...

    Badan Nasional Sertifikasi Profesi adalah lembaga independen yang terbentuk oleh pemerintahan untuk melaksanakan Ketenagakerjaan yaitu pada ketentuan Pasal 18 ayat (5) UU Nomor 13 Tahun 2003. BNSP bekerja untuk menjamin mutu kompetisi tenaga kerja pada semua bidang profesi yang ada di Indonesia. Melalui proses sertifikasi kompetesi kerja baik yang berasal dari pengalaman kerja maupun lulusan pelatihan kerja.

    Tugas pokok dan fungsi BNSP

    Sertifikat BNSP

    Tujuan dari pembentukan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), yaitu bagian integral dari pengembangan paradigma yang baru dalam sistem penyiapan pada tenaga kerja yang berkualitas.

    Dalam sistem penyiapan tenaga kerja dalam format paradiagma baru ini terdapat pada dua prinsip yang bisa menjadi dasarnya, yaitu : yang pertama, menyiapkan tenaga kerja yang di dasarkan atas kebutuhan pengguna (demand driven), dan yang kedua adalah proses diklat sebagai wahana penyiapan tenaga kerja yang dilakukan dengan cara pendekatan pelatihan dengan berbasis kompetensi ( Competency Based Training / CBT ).

    Pengembangan sistem penyiapan tenaga kerja dengan paradiagma yang baru ini dimulai pada awal tahun 2000 yang ditandai dengan adanya tanda tangan surat kesepakatan bersama ( SKB ) antara Menteri Tenaga Kerja, Menteri pendidikan Nasional, dan Ketua umum kadin indonesia .

    Adapun tugas pokok dan fungsi BNSP yaitu sebagai otoritas sertifikasi sesuai peraturan pemerintah tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi yaitu dalam UU Nomor 23 tahun 2004 pasal 4 Ayat (1). Untuk terlaksananya tugas sertifikasi kompetensi kerja yang dimaksud pada pasal 3. BNSP dapat memberikan lisensi pada lembaga sertifikasi profesi yang memenuhi ketenntuan yang ditetapkan yang tujuannya untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja.

    Ayat 2: Ketentuan mengenai persyaratan dan tata cara pemberian lisensi lembaga sertifikasi profesi ditetapkan lebih lanjut oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Kompetensi kerja nasional Indonesia merumuskan kemampuan kerja yang bisa mencakup pada aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan keahlian.kompetensi kerja Internasional standar kompetensi kerja yang dikembangkan dan ditetapkan oleh suatu organisasi atau lembaga multinasional dan sering digunakan secara internasional.


    Apa sih Sertifikasi Kompetensi BNSP itu?

    Sertifikasi Profesi BNSP

    Sertifikasi Kompetensi yaitu pemberian sertifikat atau penghargaan kompetensi dengan melalui uji kompetensi yang bisa dilakukan secara sistematif, objektif, dan terukur oleh standar kompetensi. Agar hasilnya bisa optimal, maka calon peserta uji kompetensi diberikan pembekalan atau pelatihan terlebih dahulu agar mereka bisa mengetahui standar kompetensi profesi mereka dan bisa mengukur gap kompetensi dari standar yang diterapkan.

    BNSP merupakan lembaga independen pelaksanaan sertifikasi yang harus bertanggung jawab langsung kepada presiden dan didirikan atas amanah UU No. 13 tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan dan PP No. 23 tahun2004 tentang pembentukan BNSP. dalam PP No. 23 dinyatakan bahwa dalam melaksanakan tugasnya BNSP harus memberikan lisensinya kepada Lembaga Sertifikasi Profesi ( LSP ).

    Manfaat Memiliki Sertifikasi BNSP

    manfaat sertifikasi BNSP

    Meski sudah tersedia di berbagai lembaga pendidikan, masih banyak orang yang enggan mengambil sertifikasi profesi. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Inilah beberapa di antaranya.
    1. Sebagai bukti kompetensi
    2. Mengangkat karier
    3. Membuka kesempatan yang lebih luas
    4. Mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik
    5. Dan masih banyak lagi
    Untuk mendapatkan sertifikat BNSP, Kami punya referensi untuk Anda.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.