x

Iklan

Parliza Hendrawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 29 November 2019 16:09 WIB

Legislator Alex Noerdin Bicara 4 Pilar Kebangsaan

Alex Noerdin bicara 4pilar kebangsaan di hadapan warga Indralaya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

ALEX NOERDIN, Anggota fraksi partai Golkar dari daerah pemilihan II, Sumatera Selatan menyambangi konstituen di Ogan Ilir (OI). Dalam kesempatan tersebut, mantan Gubernur Sumsel ini berbicara 4 pilar kebangsaan. Ratusan warga Desa Indralaya Jaya, tampak antusias mengikuti acara.

Acara sosialisasi ini berlangsung pada Jumat pagi (29/11/2019), di kediaman Basri M Zahri S.Pd.M.Si selaku anggota DPRD Ogan Ilir Fraksi Partai Golkar. Hadir juga dalam kegiatan ini, ketua Partai Golkar Ogan Ilir Ir. H. Endang PU Ishak, SH., M.Si, moderator dr Najib Asmani, tokoh masyarakat Ogan Ilir, serta 150 lebih masyarakat Ogan Ilir.

Dalam penyampaian materi, mantan gubernur Sumsel dua periode ini menegaskan bahwa sejatinya hampir seluruh warga negara Indonesia telah paham dan mengerti mengenai 4 pilar kebangsaan tersebut. Yang mana 4 pilar MPR ini terdiri dari pancasila sebagai ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk dari negara yang tidak bisa dirubah lagi dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Sebenarnya kita sudah tahu dan selalu menerapkan 4 pilar tersebut. Namun terkadang kita tidak menyadari bahwa dalam berkehidupan bermasyarakat kita telah menjalankan fungsi dari 4 pilar tersebut. Salah satu contoh bhineka tunggal ika, dimana kita memiliki berbagai ragam suku seperi di Ogan Ilir ada daerah meranjat, Tangjung Rajo dan begitupun di wilayah Indonesia lainnya,”tegas Alex yang juga menjabat Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini.
Lebih lanjut dijelaskannya, begitupun NKRI sebagai bentuk negara yang tidak bisa dirubah, karena sejak jaman penjajahan rakyat Indonesia sudah bersatu dan hingga sekarang NKRI tidak boleh di rubah.
“Contoh kongkrit keberagaman di Sumsel bahwa hingga saat ini tetap zero konflik antar umat beragama. Bukti nyatanya beberapa waktu lalu kita sudah membangun enam rumah ibadah berbeda secara berdampingan tanpa pagar dalam satu kawasan di Jakabaring sport City. Inilah bentuk nyata dari 4 pilar yang secara tidak langsung sudah kita terapkan bersama,”jelasnya.
Dikesempatan yang sama, Pelopor sekolah dan berobat gratis ini juga berinteraksi langsung dengan sejumlah peserta sosialisasi melalui beberapa pertanyaan. Dari setiap pertanyaan yang di jawab peserta mengenai seputar materi sosialisasi 4 pilar MPR, yang berhasil menjawab dengan benar diberikan bingkisan langsung dari bapak Alex Noerdin. Selain itu, seluruh seluruh peserta yang jadir juga mendapatkan satu set buku mengenai 4 pilar MPR yang dibagikan secara langsung oleh bapak H Alex Noerdin.
Sementara itu, Basri M Zahri S.Pd.M.Si selaku anggota DPRD Ogan Ilir Fraksi Partai Golkar yang mewakili seluruh masyarakat Ogan Ilir menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak Alex Noerdin yang telah bersedia hadir sekaligus menyampaikan materi sosialisasi 4 pilar MPR di Ogan Ilir.
“Syukur Alhamdulillah yang hadir di acara sosialisasi ini lebih dari 150 orang. Yang hadir dari berbagai daerah di wilayah Ogan Ilir termasuk juga diantaranya tokoh masyarakat kecamatan Indralaya Selatan. Sangking senangnya kami atas kehadiran bapak Alex Noerdin, kami mempersiapkan penyambutan ini. Saya selaku pribadi mengucapkan terima kasih ke pada Bapak Alex Noerdin, kami juga selama ini merindukan kehadiran bapak Alex Noerdin, jadi kalau bisa hadir balak Alex lagi dalam sesion lainnya,”ujar Basri.
Menanggapi sosialisasi 4 Pilar MPR, Basri sangat merasa hal ini memang sangat penting agar dapat dipahami masyarakat secara jelas.
“Dengan adanya sosialisasi ini masyakat tentunya akan lebih paham lagi mengenai 4 pilar MPR seperti UUD 1945, Pancasila, NKRI serta Bhineka Tunggal Ika,”tegasnya.

Ikuti tulisan menarik Parliza Hendrawan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

14 detik lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB