Kecelakaan Maut Tol Cipali Km 113, Enam Tewas: Inilah Penyebabnya - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Kecelakaan di Tol Cipali

Dian Novitasari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Oktober 2019

Minggu, 1 Desember 2019 19:16 WIB
  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Kecelakaan Maut Tol Cipali Km 113, Enam Tewas: Inilah Penyebabnya

    Dibaca : 2.357 kali

    Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat  Pitra Setiawan mengungkapkan rasa duka cita atas  kecelakaan di Jalan Tol Cipali, Minggu, 1 Desember 2019,  khususnya pada keluarga korban baik yang meninggal maupun luka-luka.

     “Kami berkoordinasi dengan kepolisian untuk menyelidiki penyebab terjadinya kecelakaan tersebut,”  ujarnya.   Pihaknya  akan membuat rekayasa lalu lintas untuk membatasi kecepatan.  Ia juga menghimbau para pengemudi di jalan jalan tol agar beristirat jika lelah.

    Kecelakaan maut terjadi di Jalan Tol Cipali Kilometer 113,2 Jalur B ke arah Jakarta, pada Minggu pagi, 1 Desember 2019.  Sebuah minibus Avanza  dengan nopol B 1076 PYC menambrak truk pengangkut sepeda motor nopol B 9556 UIO.

    Mobil Avanza itu sempat terseret truk hingga ratusan meter. Enam orang tewas dan satu orang alami luka luka berat dalam kecelakaaan ini.

    Penyebab kecelakaan
    Perwira unit PJR Cipali, Inspektur Polisi Satu Karyana,  mengatakan  kecelakaan terjadi saat dua kendaraan itu melaju dari arah Cirebon menuju Jakarta di jalur lambat. Tiba-tiba kendaraan Avanza menyeruduk kendaraan truk yang berada di depannya.

    Seperti ditulis Antaranews, pihak kepolisian untuk sementara menduga sopir minibus tidak bisa mengendalikan laju kendaranannya. Sehingga menabrak dengan truk yang ada di depannya. "Avanza  ringsek karena saat itu dalam kecepatan tinggi di jalur lambat,"   katanya .

    Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko pun  mengatakan kecelakaan itu diduga karena kelalaian dari pengemudi Avanza. “Pengemudi kurang konsentrasi tidak memperhatikan adanya kendaraan yang ada didepannya," kata Wisnu kepada Liputan6.com, 1 Desember 2019.

    Tangkapan Video Kecelakaan Tol Cipali

    Nasib korban
    Enam orang yang meninggal dunia serta satu  orang luka berat telah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciereng, Subang, Jawa Barat.

    Menurut galamedianews, dari enam korban tewas, dua di antaranya belum teridentifikasi.
    Berikut identitas korban yang sudah teridentifikasi :
    1) Sutarno (sopir Avanza) umur 44 Tahun, alamat: Jagakarsa, Jakarta Selatan
    2) Sukardi, umur 42 Tahun, alamat:  Kel. Gebang Raya, Kec. Periuk, Kota Tangerang
    3) Sunarto, laki-laki, umur 33 Tahun, pekerjaan pengemudi, alamat:   Jagakarsa, Jakarta Selatan
    4) Tutik Kurniawati, umur 34 Tahun, pekerjaan ibu rumah tangga, alamat:  Nogosari, Boyolali

    Dua korban anak  belum terindenfikasi diduga anak korban yang tewas.  Korban yang luka berat adalah  Partini, perempuan, umur 41 tahun, alamat: Jagakarsa, Jakarta Selatan.

    ****

     

     

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.