x

Iklan

endisa renaningtyas

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Desember 2019

Selasa, 3 Desember 2019 10:08 WIB

Peran Mahasiswa dalam Menumbuhkan Sikap Bela Negara Masyarakat Indonesia

Bela negara merupakan sikap masyarakat yang meunjukkan adanya jiwa patriotisme dan cinta tanah air dan bangsa. Mahasiswa memiliki peran dalam menumbuhkan sika bela negara masyarakat Indonesia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setiap tanggal 19 Desember, Indonesia memperingati Hari Bela Negara yang ditandai dengan adanya Monumen Nasional Bela Negara di daerah Sumatra Barat. Monumen ini dibangun bertujuan untuk mengenang sejarah perjuangan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) dan yang sudah mempertahankan Indonesia dari para penjajah. Bela negara merupakan sikap masyarakat yang menunjukkan adanya jiwa patriotisme dan cinta terhadap tanah air dan bangsa.

Terdapat dasar hukum dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang membahas mengenai bela negara yaitu pada Pasal 27 ayat (3) yang berbunyi : “Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk ikut serta dalam pembelaan negara” dan Pasal 30 Ayat (1) yang berbunyi : “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”.

Kesadaran dalam bela negara masyarakat Indonesia masih tergolong rendah sehingga perlu adanya pembenahan. Salah satunya yaitu masih banyak masyarakat yang melakukan tindak korupsi, berjudi, pergaulan bebas, membeda-bedakan suku dan ras.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Faktor yang menjadikan kurangnya bela negara bagi masyarakat Indonesia yaitu adanya konflik masyarakat dan pemerintah dimana masyarakat memiliki kepercayaan yang rendah terhadap pemerintah, banyak oknum pemerintah yang menyalahgunakan kekuasaan untuk kepentingan pribadi dibandingkan kepentingan masyarakat. Faktor yang lain yaitu adanya konflik aparatur pertahanan dan keamanan negara, globalisasi dan perkembangan iptek.

Globalisasi dan iptek menjadi faktor utama yang menyebabkan rendahnya sikap bela negara di zaman sekarang. Seperti yang telah diketahui bahwa globalisasi dapat menurunkan rasa kecintaan terhadap tanah air, budaya dan adat istiadat sekaligus nilai moral dan sosial masyarakat yang dapat menimbulkan berkembangnya kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi minuman keras, narkoba, judi dan pergaulan bebas. Maka dari itu diperlukan adanya pembenahan untuk meningkatkan sikap bela negara masyarakat Indonesia.

Upaya untuk meningkatkan kesadaran untuk sikap bela negara yaitu dengan memberikan pengetahuan akan perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan Indonesia serta memberikan motivasi untuk mencintai bangsa dengan melakukan bela negara. Sangatlah penting untuk menanamkan kesadaran untuk bela negara karena untuk menghindari adanya perpecahan dalam bangsa Indonesia. Apabila masyarakat tidak sadar akan pentingnya bela negara menyebabkan Negara Indonesia akan kehilangan identitas nasional sehingga warga negara mudah dipengaruhi oleh bangsa lain. Dengan tidak adanya kesadaran bela negara, akan ada banyak wilayah di Indonesia yang memilih untuk memisahkan diri dari Indonesia dan membentuk negara sendiri.

Permasalahan kesadaran bela negara masyarakat Indonesia masih dapat diatasi yaitu dengan adanya kerjasama antara masyarakat dan Pemerintah. Maka dari itu, perlu adanya tindakan dan kegiatan yang mengembangkan sikap dan perilaku warga negara yang cinta tanah air dengan menunjukkan sikap bangga sebagai warga negara Indonesia, menjaga nama baik bangsa dan negara Indonesia dan mencintai produk dalam negeri, budaya dan kesenian bangsa Indonesia. Sadar berbangsa dan bernegara dengan menjalankan hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Rela berkorban untuk bangsa dan negara dengan mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan materi untuk kemajuan bangsa dan negara serta mendahulukan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi.

Mahasiswa sebagai agent of change yang memiliki peran dalam menumbuhkan sikap bela negara. Agent of change merupakan tindakan untuk mengubah kondisi yang kurang baik menjadi kondisi yang baik dan kondisi yang baik menjadi kondisi yang lebih baik lagi. Mahasiswa harus memiliki sikap kritis terhadap dinamika pemerintahan, apabila terjadi kesalahan dalam pemerintah, mahasiwa harus berani untuk mengkritik dan memberikan saran untuk yang lebih baik. Mahasiswa harus menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas sehingga dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat. Contohnya yang sudah terjadi beberapa bulan lalu, mahasiswa melakukan kegiatan demo dalam rangka memberikan aspirasi dan mengkritik kekurangan  pemerintah.

Ikuti tulisan menarik endisa renaningtyas lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu