Cara Mendapatkan dan Contoh Backlink Berkualitas - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Redaksi Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Februari 2020

Selasa, 3 Desember 2019 15:44 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Cara Mendapatkan dan Contoh Backlink Berkualitas

    Dibaca : 1.012 kali

    Bagi anda yang sedang memulai bisnis online atau memiliki hobi menulis di dunia online, keberadaan website sangat penting, sebagai media promosi dan eksistensi usaha atau eksistensi diri. Tentu tidak ingin situs anda memiliki trafik rendah, karena barang tidak laku atau tulisan tidak ada yang membaca?

    Optimasi SEO website menjadi jalan keluar yang efektif dalam rangka menaikkan rangking atau urutan situs anda sehingga selalu muncul di urutan atas mesin mencari google. Selain melalui konten, cara optimasi SEO juga bisa menggunakan jasa backlink berkualitas yang memang memegang peranan cukup penting.

    Definisi Backlink dan Cara Kerja nya

    Dalam proses menuju peringkat atas mesin pencari, dibutuhkan dukungan sistem lain, yang disebut dengan backlink. Secara sederhana, backlink adalah tautan link aktif yang ditujukan ke situs anda dari website lain.

    Contohnya begini :

    Anda memiliki foto / gambar desain sendiri, kemudian dipasang di situs sendiri. Lalu ada pemilik situs lain yang sengaja mengambil foto / gambar anda tersebut dan dipasang di situsnya. Sebagai bentuk apresiasi, dia mencantumkan “link” dalam bentuk “sumber” dari foto / gambar  tersebut dan diarahkan ke situs anda.

    Contohnya backlink kira-kira seperti ini :

    • Foto dari : https://waranesia.com/ (contoh alamat situs anda), atau
    • Sumber : https://www.qencan.com/, atau
    • Dsb.

    Dengan kata lain, orang yang telah mengambil foto/gambar anda tadi telah “memberikan backlink ke situs anda.

    Secara umum dan yang paling populer, backlink ada 2 jenis, yaitu backlink Dofollow, dan backlink Nofollow. Untuk doffolow sendiri Merupakan jenis backlink yang memberikan nilai ke situs. Sedangkan Backlink Nofollow Merupakan jenis backlink yang tidak memberikan nilai.

     

    Manfaat Backlink Bagi Website

    Sebagai sebuah cara atau strategi menaikkan posisi situs di urutan atas mesin pencari (SEO/Search Engine Optimiser), peranan backlink sangat penting. Semakin banyak backlink yang ditautkan, maka menurut mesin pencari, kualitas situs semakin bagus.

    Tetapi dibutuhkan backlink yang berkualitas. Menurut Google, salah satu faktor penilaian sebuah situs dikatakan populer, karena ada backlink berkualitas. Google tidak akan segan-segan menutup situs dengan backlink berkualitas rendah.

    Cara Mendapatkan dan Contoh Backlink Berkualitas

    Lantas bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas? Beberapa diantaranya:

    • Konten yang “menjual”;

    Merupakan konten (isi/materi) dalam situs yang anda desain dan buat sendiri, misalnya: artikel, riset, e-book, gambar, dll. Usahakan data di dalam konten tersebut se akurat mungkin. Apabila ada pemilik situs lain membahas tema yang sama, kemudian menggunakan data-data dalam konten anda tersebut untuk mendukung konten situsnya. Tentu pemilik situs tersebut akan mencantumkan sumber konten supaya kredibel atau menautkan backlink ke situs anda.

    • Penulis tamu, atau.

    Contoh backlink yang kedua bisa juga dengan menjadi penulis tamu, agar mendapatkan backlink berkualitas. Anda menulis sebuah artikel di situs orang lain, kemudian anda cantumkan link aktif yang tertuju ke situs anda. Link aktif tersebut otomatis menjadi backlink untuk situs anda.

    Saat ini banyak situs yang bersedia memberikan imbalan dalam bentuk uang, backlink atau keduanya, apabila artikel layak dimuat di situs tersebut. Contohnya situs Hipwee.com. Ini merupakan situs yang sudah memiliki rangking tinggi di google. Apabila artikel anda dimuat dan mendapatkan backlink, maka akan mendongkrak urutan ranking situs anda di mesin pencari.

    Demikian beberapa cara dan contoh backlink berkualitas. Sebelum membeli atau mencari backlink, pastikan kamu menggunakan beberapa tools pencari backlink dan melihat kualitasnya.

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.













    Oleh: Admin

    3 hari lalu

    Digeser Suplayer Telur Kabupaten, Peternak: Pak Bupati, Beri Kami Kesempatan

    Dibaca : 807 kali

    Tuban - Belum selesai polemik soal beras berkutu di program BPNT, kini muncul suplayer yang mengatasnamakan diri suplayer kabupaten. Tak ayal, kehadiran suplayer telur kabupaten inipun menggeser peternak lokal. Adalah Sahli, Peternak Ayam Petelur di Desa Pongpongan Kec. Merakurak yang mengeluhkan tak lagi bisa ikut menyuplai telur dalam program BPNT. Pasalnya, e-warong sembako di desanya sudah memiliki suplayer baru yang ditunjuk dari kabupaten. Akibatnya, Sahli kehilangan pangsa pasar terdekat yang ada di desanya. "Katanya sudah ada suplayer baru dari kabupaten yang bertugas menyuplai telur di program BPNT, jadi e-warong sekarang tidak lagi ambil telur dari saya" terang Sahli saat di temuai di kandangnya, Kamis, 21/05/2020. Sahli menuturkan, peternak ayam petelur yang ada di desanya sebenarnya cukup merasakan dampak ekonomi dari program andalan Jokowi ini. Ia dan teman-temannya tidak perlu jauh-jauh mencari pangsa pasar untuk telur yang dihasilkan dari kandangnya. Selain itu, harga jualnya juga relatif setabil dan kompetitif. Namun semenjak kehadiran suplayer kabupaten ini, ia terpaksa harus mencari pangsa pasar baru. "Dulu telur tidak pernah keluar dari desa karena diambil Agen BPNT, sekarang saya terpaksa jual telurnya ke tengkulak meski harganya lebih murah" terang pemuda yang sudah menggeluti peternakan unggas sejak 5 tahun terakhir ini. Terpisah, Aripin, peternak ayam petelur di desa yang sama juga menyayangkan masuknya suplayer baru dari luar desa. Menurutnya, supplier kabupaten ini makin menambah derita peternak ayam petelur yang beberapa bulan terakhir ini mengalami guncangan harga akibat beredarnya telur yang diduga HE. Jika hadirnya suplayer luar di BPNT Desa Pongpongan ini adalah kebijakan Bupati, Arifin meminta agar kebijaka itu dievaluasi. "Mohon Pak Bupati bisa melindungi peternak lokal. Beri kami kesempatan untuk menyuplai telur di desa kami" pinta Arifin. Untuk diketahui, adanya komoditi telur dalam program BPNT ini telah memantik semangat warga desa mencoba peruntungan dalam bidang perunggasan. di Desa Pongpongan sendiri, saat ini terdapat 5 kandang ayam petelur milik warga. Dua diantaranya merupakan kelompok binaan dari PT. Semen Indonesia. Diperkirakan, tahun ini juga akan muncul lagi peternak-peternak baru yang menggeluti peternakan ayam petelur. Hal ini diketahui dari banyaknya usulan peternakan unggas dari kelompok masyarakat yang yang masuk melalui program CSR Semen Indonesia tahun 2020 untuk Desa Pongpongan (tro/id).