x

Soal khilafah dalam ujian siswa

Iklan

Anas M

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Oktober 2019

Kamis, 5 Desember 2019 13:37 WIB

Heboh Materi ‘Khilafah’ di Soal Ujian Siswa: Inilah Fakta dan Pengusutannya

Lembaga Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (LBH NU) Cabang Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menyesalkan beredarnya naskah ujian penilaian akhir semester tingkat Madrasah Aliyah se-Wilayah Kerja Kediri Utara tahun ajaran 2019/2020 yang memuat materi tentang khilafah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seperti diberitakan oleh Antaranews,  Lembaga Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama Cabang Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menyesalkan beredarnya naskah ujian penilaian akhir semester  tingkat Madrasah Aliyah se-Wilayah Kerja Kediri Utara tahun ajaran 2019/2020 yang memuat materi tentang khilafah.

"Materi ujian  mata pelajaran Fiqih Kelas XII di lembar pertama semua hampir menerangkan tentang khilafah," kata Sekretaris LPBH NU Cabang Kabupaten Kediri Taufiq Dwi Kusuma di Kediri, Rabu, 4 Desember 2019.

Baca juga:
Ditantang Megawati Dialog Soal Khilafah, Ternyata Begini Pandangan Tokoh FPI …

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Taufiq,  hal itu menunjukkan proses indoktrinasi di dalam materi pelajaran sangat terlihat. Sebagaimana diketahui indoktrinasi adalah sebuah proses yang dilakukan berdasarkan satu sistem nilai untuk menanamkan gagasan, sikap, sistem berpikir, perilaku dan kepercayaan tertentu.

Praktik ini, lanjut dia, seringkali dibedakan dari pendidikan karena dalam tindakan ini, orang yang diindoktrinasi diharapkan untuk tidak mempertanyakan atau secara kritis menguji doktrin yang telah mereka pelajari.

Soal-soal yang Disorot
Taufiq   mengatakan instruksi berdasarkan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan menuntut evaluasi diri yang kritis dan sikap bertanya yang skeptis terhadap pikiran sendiri. Ia menyoroti, misalnya soal nomor 2:  

  • Dibentuknya suatu pemerintahan pasti ada tujuan yang ingin dicapai oleh para pemegang kekuasaan. Secara umum pembentukan khilafah adalah:

    A. Melanjutkan kepimimpinan Nabi Muhammad;
    B. Mengupayakan kesejahteraan lahir dan batin dalam rangka memperoleh kebahagian di dunia akhirat. Kemudian,
    C. Peran mewujudkan dasar-dasar khilafah (pemerintahan) yang adil dalam seluruh aspek kehidupan umat Islam.
    D. Mewujudkan kehidupan masyarakat yang adil dan makmur, sejahtera lahir batin serta memperoleh Ridlo Allah, dan jawaban
    E. Berupaya memelihara keamanan dan ketahanan negara dan agama.

 

  • Juga ditemui di soal nomor 3: Khilafah yang dibangun Rasulullah SAW dan diteruskan oleh para sahabatnya berlandaskan pada pijakan kokoh yang pada prinsipnya dimaksudkan untuk :
    A. Melindungi rakyat lemah,
    B. Membina toleransi,
    C. Menegakkan kalimat tauhid,
    D. Membangun kerjasama,
    E. Menghindari permusuhan.

Soal khilafah dalam ujian siswa


LBH NU Kediri menyayangkan beredarnya soal tersebut dan berharap Kementerian Agama mengoreksi materi pelajaran sehari-hari. "Kami meminta Kemenag untuk melakukan revisi ulang terhadap ujian mata pelajaran Fiqih secara menyeluruh dan juga melakukan evaluasi total terhadap seluruh mapel khususnya yang berkaitan dengan khilafah," kata dia.

Reaksi  Kementerian Agama
Kepala Kemenag Kabupaten Kediri Zuhri kepada sindonews  mengatakan kasus ini sebagai kecolongan.  Ia akan  mengumpulkan seluruh wakil kepala kurikulum dan guru. Zuhri juga sudah melaporkan ke Kanwil Jawa Timur dan Kanwil langsung turun tangan melakukan pengusutan. “Kasus ini langsung ditangani Kanwil Jawa Timur," katanya.

Ia menjelaskan bahwa  proses pembuatan soal ujian sementer akhir  ada di tangan wakil kepala kurikulum dan guru mata pelajaran. Mereka (Waka kurikulum dan guru mapel) berasal dari masing masing sekolah Aliyah Negeri di wilayah Kabupaten Kediri, Kota Kediri dan Kabupaten Nganjuk.

Zuhri juga mengatakan, Kanwil Kemenag Jawa Timur telah melimpahkan kewenangan (pembuatan soal) ke wilayah kerja, yakni Kemenag Kabupaten Kediri. "Kami diberi hak prerogatif untuk pembuatan soal," katanya. Zuhri mengakui dalam proses pembuatan soal ujian itu tidak ada pengawasan langsung dari Kanwil Jatim.

Dari hasil evaluasi yang dilakukan Kemenag Kabupaten Kediri, soal bermateri khilafah itu dibuat oleh satu orang guru. "Padahal biasanya yang mengerjakan dua orang guru," ujar  Zuhri.

***

Baca juga:
Ditantang Megawati Dialog Soal Khilafah, Ternyata Begini Pandangan Tokoh FPI …

Ikuti tulisan menarik Anas M lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB