Yuk, Mengenal Jenis-jenis Beasiswa buat Mahasiswa - Analisa - www.indonesiana.id
x

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 November 2019

Jumat, 6 Desember 2019 07:01 WIB
  • Analisa
  • Berita Utama
  • Yuk, Mengenal Jenis-jenis Beasiswa buat Mahasiswa

    Dibaca : 1.348 kali

    Apa kamu sedang bingung mencari beasiswa apa yang kurang lebih dapat kamu daftarkan? Memperoleh beasiswa memiliki banyak manfaat serta keunggulan. Tetapi sebelum mendaftarkan, semestinya kamu mengerti terlebih dulu jika ada banyak jenis beasiswa.

    Mengenal beberapa macam beasiswa akan bermanfaat buat kamu untuk memilih mana yang paling sesuai keperluan serta potensi yang kamu punya. Karena itu, silahkan kita ketahui beasiswa dari sumber pembiayaan, bentuk pembiayaan, serta lingkup pembiayaan.

    Berikut adalah daftar beasiswa terbaik berdasarkan bentuk pembiayaan :

    1. Beasiswa penghargaan

    Beasiswa ini cuma diserahkan kepada kamu yang mempunyai prestasi atau perolehan akademik paling baik. Tanda dari beasiswa ini ialah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) untuk mahasiswa atau rata-rata nilai akademik buat kamu yang masih sekolah. Bukan sekedar dari nilai saja Squad, aktif dalam beberapa pekerjaan non-akademik yang lain akan jadi salah satu ketentuan pertimbangan untuk dapat memperoleh jenis beasiswa penghargaan.

    2. Beasiswa bantuan

    Beasiswa ini diserahkan kepada mereka yang dinilai kurang mampu dengan ekonomi, tapi mempunyai prestasi akademik baik hingga dipandang wajar untuk meneruskan pendidikannya ke tahap yang lebih tinggi. Pihak beasiswa akan mengevaluasi ketakmampuan finansial calon penerima beasiswa dari faktor-faktor seperti penghasilan orangtua, jumlah saudara kandung yang sedang menempuh studi, dan pengeluaran dan biaya hidup.

    3. Beasiswa penelitian

    Beasiswa ini tawarkan pendanaan untuk penerima yang akan melakukan riset terkait bidang studi yang sedang ditempuh. Sumbernya juga bisa berasal dari kampus, perusahaan, atau lembaga pemerintahan yang mempunyai proyek riset dan memerlukan tenaga akademis. Jumlah dana serta periode yang ditawarkan bergantung pada jumlahnya biaya yang diperlukan dan lamanya riset dilaksanakan.

    4. Beasiswa non-akademik

    Bukan sekedar prestasi akademik saja yang menjadi ketentuan untuk seseorang dapat memperoleh beasiswa. Sekarang banyak instansi atau perguruan tinggi yang sediakan bantuan pendidikan buat mereka yang memiliki prestasi di luar bidang akademik. Contohnya beasiswa olahraga.

    5. Beasiswa ikatan dinas

    Beasiswa ini mewajibkan para penerimanya untuk mengikat diri dengan ikatan dinas kepada pihak sponsor (pemberi beasiswa) sebagai jalinan timbal balik yang menguntungkan kedua pihak. Bila kamu memperoleh beasiswa ini, umumnya kamu akan diharuskan untuk bekerja di lembaga atau perusahaan sponsor dalam jangka waktu khusus.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.