x

foto: dokpri

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 8 Desember 2019 14:17 WIB

Menikmati Sate Buntel Khas Solo

Tentang nikmatnya Sate Buntel

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kita semua pasti tak asing dengan makanan sate, kuliner khas Indonesia. Pasti yang paling dikenal adalah Sate Kambing, tetapi kita juga memiliki beberapa sate jenis lain, tergantung dari bahan daging dan bumbunya. 
 
Ragam sate kita antara lain, Sate Ayam Ponorogo, Sate Ayam Madura, Sate Daging Sapi khas Padang, Sate Lilit khas Bali, Sate Sapi khas Ungaran, Sate Kerbau khas Kudus, Sate Ayam atau Sapi khas Blora, Sate Babi, Sate Gukguk khas Solo (dulu disebut Sate Jamu), Sate Kere khas Solo dan Sate Buntel yang akan kita coba resepnya di tulisan ini.
 
Sate Buntel, yang merupakan sate khas Solo ini pada awalnya hanya dari daging kambing pilihan, namun saat ini juga banyak yang membuatnya dari daging sapi atau babi. 
 
Bagi anda yang ingin menikmatinya tanpa harus membuat sendiri, anda bisa mampir bersantap ke warung atau restoran khusus sate kambing yang banyak kita jumpai di Solo (dan juga kota lain) yang biasanya juga menyediakan menu Sate Buntel. Namun apabila anda ingin mencoba membuat sendiri, cara mengolahnya juga tidak sulit. 
 
Anda akan merasakan sensasi rasa sate yang unik dan lezat. Keunikan dan kelezatannya kita peroleh karena cara membuatnya dagingnya bukan dipotong-potong kecil seperti biasanya melainkan dicincang halus serta dicampur dengan bumbu rempah-rempah.
 
Mungkin anda membayangkan sulitnya menusuk sate yang dicincang halus, tetapi jangan salah, dalam hal ini daging bukan ditusuk melainkan direkatkan ke tusuk sate serta kemudian dibuntel (dibungkus) dengan lemaknya. Nah, apabila anda sudah tidak sabar ingin mencoba memasak dan menikmati kuliner Sate Buntel ini, silahkan mencoba resepnya berikut ini.
 
Resep Sate Buntel Khas Solo
 
 
Bahan
  • tusuk sate
  • 1 kg daging kambing atau sapi (bisa juga babi) yang sudah digiling
  • bagian lemak daging secukupnya
  • 1 butir telur
  • kecap manis

 

Bumbu yang dihaluskan
  • 90 gram gula jawa merah haluskan
  • 7 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh jintan serbuk
  • 2 sendok makan air perasan asam
  • garam secukupnya
  • penyedap secukupnya
  • merica bubuk secukupnya

 

Sate Buntel sebelum Dibakar

Cara Membuat
  1. Siapkan daging kambing atau sapi yang telah dicincang halus, selanjutnya campurkan bumbu yang telah dihaluskan, tambahkan telur ayam dan kecap manis, aduk-aduk adonan hingga tercampur merata semua.
  2. Siapkan tusuk sate yang akan digunakan, selanjutnya ambil adonan yang sudah diaduk tadi kurang lebih 2 sendok makan, kemudian rapatkan adonan ke tusuk sate hingga berbentuk seperti pemukul lonjong dengan dibungkus lemak tipis, ukuran sedang, lakukan hingga adonan habis
  3. Simpan sate yang sudah direkati daging berbumbu tadi ke tusuk sate diatas panci atau bahan lainnya untuk mengukus, tunggu sampai daging benar-benar matang lalu angkat dan tiriskan
  4. Selanjutnya tinggal proses pembakaran sate, silahkan bakar sate di atas bara sambil sesekali dibolak-balik dan diberi olesan bumbu kecap manis di atasnya, lakukan sampai sate benar-benar berubah warna menjadi kuning kecoklatan
  5. Angkat sate yang sudah matang, dan sajikan di atas wadah atau piring yang sudah disiapkan.
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Sate Buntel setelah Dibakar

Cara menyajikannya tidak selalu harus beserta tusuknya, bisa juga dengan cara sate dilepas dari tusuknya dan dibelah di atas piring lalu ditambahkan sambal kecap dan merica bubuk sesuai selera. Untuk memberi rasa segar bisa dilengkapi dengan irisan kol, bawang merah dan tomat. Selamat menikmati Sate Buntel khas Solo. Yummy...!
 
***
Solo, Sabtu, 7 Desember 2019. 4:45 pm
'salam lezat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler