Medali Emas Diiperoleh Setelah 30 Kali Penyelenggaraan SEA Games - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Yusuf Budiman (kanan) dan Rian Rinaldo (kiri), ketika berfoto bersama tim polo air di New Clark City Aquatics Center, Filipina. Foto- Ist

djohan chan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 November 2019

Senin, 9 Desember 2019 15:19 WIB
  • Olah Raga
  • Berita Utama
  • Medali Emas Diiperoleh Setelah 30 Kali Penyelenggaraan SEA Games

    Dibaca : 1.849 kali

    Dua atlet polo air Rian Rinaldo dan Yusuf Budiman, yang  mengharumkan nama Indonesia, dengan menggondol medali emas dari SEA Games 2019 di New Clark City Aquatics Center, Filipina, Rabu kemarin, (4/12), sekitar pukul 12.55 WIB, tiba di bendara STS Jambi, dari Jakarta. Mereka datang dengan pesawat Batik Air.

    Menurut Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi, Indra Armendalis, kepada penulis Jumat (6/12) mengatakan, Rian Rinaldo dan Yusuf Budiman Pada 26 November bermain imbang, dengan se-kor 6-6, melawan tuan rumah Filipina.

    Kemudian pada hari berikutnya (Rabu), Tim polo air Indonesia mengalahkan Thailand 17-12, dan pada hari Kamis, Tim polo air Indonesia mengalahkan Singapura 7-5. Dengan mendapatkan tujuh poin, anak asuh Milos Sakovic ini (Rian Rinaldo dan Yusuf Budiman) sudah sulit utuk dikejar oleh para pesaing-nya.

    Rian Rinaldo dan Yusuf Budiman dianggap lebih unggul setelah menyisihkan tiga tim lainnya, dalam empat pertandingan polo air, dan tim polo air Indonesia dinyatakan mampu mencetak 44 gol, dan 30 kali kebobolan. Dua atlet polo air Indonesia ini (Rian Rinaldo dan Yusuf Budiman berhasil) meraih medali emas di SEA Games 2019 Filipina.

    Pelatih timnas polo air putra Indonesia Milos Sakovic dalam keterangan-nya kepada wartawan di Jakarta, Selasa, (3/12) mengatakan, laga Polo Air putra di New Clark City Aquatics Center, Filipina diikuti lima Negara, yaitu Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Singapura. 

    Milos Sakovic mengatakan kompetisi pertandingan polo air di SEA Games 2019 Filipina menggunakan sistem poin tertinggi, untuk meraih medali emas. Jadi, Indonesia harus mampu menang dalam tiga pertandingan terakhir.

    Kepulangan Rian Rinaldo dan Yusuf Budiman ke tanah kelahirannya Jambi, Rabu kemarin, (4/12) disambut Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi, Indra Armendalis. Mereka lalu diarak keliling Kota Jambi, bersama olahragawan Jambi lainnya, sebagai wujud apresiasi warga Jambi.  

    Indra Armendalis juga mengatakan Rian Rinaldo dan Yusuf Budiman akan mendapatkan bonus, baik dari KONI Provinsi Jambi maupun dari Gubernur Jambi, yang diserahkan langsung oleh Fachrori Umar, pada hari Kamis (13/12), di rumah dinas Gubernur.  

    Menurut DR.Drs.H.Fachrori Umar, SH, M.Hum, kepada Majalah Forum, pem-berian bonus itu merupakan apresiasi pemerintah dan warga Jambi, atas keberhasilan atletnya (polo air) menyumbangkan emas dalam ajang laga di SEA Games 2019, di Filipina. Bonus itu sekaligus sebagai tapi asih untuk mendorong prestasi olahraga generasi muda Jambi lainnya.   

    Menurut Indra Armendalis, pemberian bonus kepada Yusuf dan Rian itu merupakan sejarah panjang. Selama 29 kali Indonesia mengikuti SEA Games, baru untuk yang ke 30 kalinya ini (SEA Games 2019 di Filipina), Indonesia, berhasil meraih medali emas.   

    Indra menambahkan, selain Yusuf dan Rian, Jambi juga menyertakan atlit lainnya, seperti. Juliana Klarisa, peraih medali perunggu, dari angkat besi, dan 13 atlet Jambi lainnya yang ikut memperkuat kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2019 di Filipina.

    Mereka adalah Andriani Riska, Andrianto Joko, Abdurrahim, Dede Saputra dari cabor dayung, dan Mutiara Putri Rahma, Abun Nawan, Mirda Wahyuni, Aprilia Anggara, Angger Darmawan, Angger Setiawan, yang memperkuat tim senam Indonesia, asal Jambi. (Djohan)


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.