Jenis-Jenis Kain Untuk Membuat Seragam - Analisa - www.indonesiana.id
x

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 November 2019

Kamis, 12 Desember 2019 06:28 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Jenis-Jenis Kain Untuk Membuat Seragam

    Jenis bahan kain untuk membuat seragam apa aja sih? Nah berikut ini merupakan Jenis-Jenis Kain Untuk Membuat Seragam.

    Dibaca : 1.431 kali

    Untuk kamu yang ingin pesan seragam kerja pasti masih bertanya-tanya, kira-kira mau pakai jenis bahan kain apa yang akan digunakan nantinya. Jenis bahan kain untuk membuat seragam apa aja sih? Nah berikut ini merupakan Jenis-Jenis kain untuk membuat seragam.

    Kain Drill

    Bahan dasar seragam untuk membuat seragam kerja yang paling sering digunakan adalah bahan drill. Jenis kain drill merupakan campuran antara bahan katun dan juga polyester. Jenis kain ini memiliki banyak nama atau sebutan, tergantung dari ketebalannya sendiri, ukuran serat kain dan juga pabrik yang memproduksi.

    Biasanya kain drill ini paling banyak digunakan untuk membuat konveksi seragam. Bahan kain ini banyak diminati karena nyaman digunakan untuk kegiatan aktifitas sehari-hari dan juga kuat atau tahan lama.

    Kain drill memang sangat cocok untuk digunakan dalam aplikasi bordir, karena serat benangnya yang cukup tebal dibandingkan dengan bahan lain, seperti oxford. Sehingga ketika dibordir sekalipun, serat kain ini tidak mudah mengkerut.

    Oxford

    Bahan selanjutnya yang cukup sering digunakan adalah koveksi seragam adalah bahan oxford. Bahan ini memiliki karakteristik benang yang kecil dan lebih tipis. Kelebihan kain ini yaitu ringan dan tipisnya serat benang, sehingga tidak panas ketika digunakan pada siang hari sekalipun. Mengenai harga juga bisa dikatakan bahan ini lebih murah dari bahan drill.

    Kekurangannya hanya terletak pada area yang dibordir akan terlihat lebih mengkerut, sehingga mengurangi estetika keindahan seragam secara tampilan umumnya. Solusi untuk kekurangan ini yaitu dengan menggunakan metode bordir badge, atau bordir tempel.

    Bordir sendiri sudah diaplikasikan dikain lain, kemudian dijahit pada kain oxford. Bahan ini memang cocok untuk digunakan oleh perusahaan yang aktifitasnya lebih banyak di dalam ruangan dan untuk desain seragam yang lebih formal.

    Bahan oxford memang cocok untuk digunakan pada desain seragam yang simple, tidak banyak kombinasi kain atau bordirnya saja. Sehingga jenis bahan kain seragam ini terlihat lebih klinis dan elegan.

    Kanvas

    Bahan kanvas tentu memiliki karakter yang kuat dan tebal. Hand-feel-nya bisa dinilai cukup kasar, tidak selembut bahan drill pada umunya. Jenis kain ini memang sering digunakan untuk membuat seragam PDL (pakaian dinas lapangan) atau kemeja adventure, dikarenakan ketahanannya lebih kuat ketika digores dan baik untuk menangkal udara dingin sekalipun.

    Kain kanvas memang cukup panas digunakan, tidak seadem drill. Bahan ini juga bisa digunakan untuk membuat jaket, celana dan bahkan bisa untuk membuat tas. Tentunya ketebalan dan komposisi bahan kanvas yang dimilikinya sangat cocok digunakan untuk kemeja berbeda dengan yang digunakan untuk tas.

    Umumnya untuk kemeja memiliki komposisi katun yang lebih dominan, sedangkan kanvas untuk tas sendiri memiliki komposisi polyester yang lebih banyak, supaya lebih tahan terhadap air. Bahan kain kanvas yang bisa digunakan untuk membuat kemeja ini biasanya bermerk Kanvas Marsoto, Kanvas Oxford dll.

    Warna kain kanvas satu ini memang sangat terbatas, rata-rata yang tersedia hanyalah warna gelap seperti hitam, coklat gelap, abu-abu gelap, hijau army dan warna cream.

    Ripstop

    Terakhir yaitu jenis kain ripstop dengan memiliki karakter yang kurang lebih sama dengan kain kanvas. Kainnya ini cukup tebal dan kuat, serta sering digunakan untuk membuat seragam PDL dan kemeja adventure.

    Bedanya hanya terletak pada motif kain yang biasanya berbentuk garis kotak-kotak kecil, tidak seperti kain Kanvas yang tidak memiliki motif sedikitpun, atau hanya polos saja. Motif di sini bukan berbentuk warna, melainkan seperti terdapat garis-garis pada permukaan kain. Biasanya jenis kain ini digunakan untuk membuat seragam militer dan kemeja adventure.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.