5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan di Kota Lama Semarang

Kamis, 12 Desember 2019 16:41 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pariwisata Semarang Gak Cuma Lawang Sewu, Loh!

Belakangan ini Kota Semarang menjadi alternatif tujuan wisata untuk berlibur. Kota yang terletak di jalur pantura ini mulai menarik perhatian orang banyak karena kekayaan sejarah di masa lalu. Jika dulu orang-orang hanya mengenal “Lawang Sewu” sebagai ikon Kota Semarang, kini Kota Lama juga disorot oleh wisatawan karena bentuk bangunannya yang bergaya vintage, retro, dan western.

Jika berencana mengunjungi Kota Lama, berikut adalah hal-hal yang harus kamu lakukan di “Little Netherland” :

1. Mencicipi Kuliner Kafe dengan Nuansa Retro

Tekodeko

Sejak Belanda tidak berkuasa lagi di Indonesia, maka banyak bangunan yang tidak berfungsi lagi. Oleh karena itu, bangunan ini kemudian dialih fungsikan menjadi kafe. Dengan mempertahankan keaslian bangunan, maka kafe-kafe yang ada di Kota Lama semuanya bergaya retro dengan suasana zaman dahulu dan dipenuhi koleksi barang-barang antik. Beberapa kafe yang ada di kawasan Kota Lima ini antara lain Retro Cafe, Spigel, Nuris Cafe, Tekodeko, dan Marabunta Cafe.

2. Mengunjungi Semarang Contemporary Art Gallery

Semarang contemporary art gallery

Kota Lama memang gudangnya seni. Setelah menikmati kuliner khas Semarang, ada baiknya berkunjung ke Semarang Contemporary Art Gallery, yaitu  sebuah galeri seni yang memamerkan puluhan karya seni rupa mulai dari kriya, lukis, foto, dan patung. Dengan harga Rp10.000, kamu bisa melihat berbagai aliran karya seni dan berfoto di dalamnya

3. Berfoto di Depan Gedung Marba

Gedung Marba

Bangunan dengan warna oranye ini menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto. Bangunan ini unik karena berbeda dari bangunan yang lainnya dengan arsitektur khas Hindia Belanda. Selain itu, bangunan ini merupakan bangunan tertua yang sudah berdiri sejak abad ke-19. 

4. Sunset di Gereja Blenduk dan Taman Srigunting

Gereja Blenduk

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Kota Lama adalah saat-saat menjelang senja. Dengan suasana langit yang oranye, waktu ini sangat tepat bagi kamu untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Selain itu, kamu bisa bersantai dibawah pepohonan rindang sambil menikmati live musik di Taman Srigunting.

5. Menelusuri Barang-Barang Antik di Pasar Klithikan

barang antik

Kota Lama merupakan gudangnya barang-barang antik. Lokasi Pasar ini dekat dengan Semarang Contemporary Art Gallery, sehingga kamu bisa langsung mengunjungi keduanya. Pasar ini menjual berbagai macam barang antik seperti uang kuno, onderdil, kamera analog, dan guci. Tidak harus membeli, penjual disini sangat ramah bahkan kamu diperbolehkan untuk mengambil foto dan bertanya-tanya seputar barang antik.

Demikianlah berbagai macam aktivitas yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi Kota Lama. Di Kota Lama, kamu seakan-akan dibawa oleh bom waktu dan menelusuri jejak masa lalu. Perlu kamu ketahui, bila kamu ingin berwisata ke Semarang atau Kota Lama bareng keluarga besar atau rekan-rekan kantor, kamu bisa sewa bus Semarang untuk menuju kesana. Harganya tentu lebih terjangkau daripada menggunakan transportasi lain, karena bisa menampung banyak penumpang dalam satu kendaraan.

Selamat berlibur ke Semarang!

Bagikan Artikel Ini
img-content
Candra Bi

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua