Hidup Tetap Asyik Meski Jomblo - - www.indonesiana.id
x

ilustr: guesehat

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 13 Desember 2019 05:26 WIB

  • Topik Utama
  • Hidup Tetap Asyik Meski Jomblo

    Tentang pilihan gaya hidup

    Dibaca : 1.835 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Memiliki hubungan mesra dengan seseorang yang kita cintai tentu merupakan suatu hal yang baik. Itu bisa membuat kita merasa bahagia.

    Namun, tidak mempunyai pasangan alias single atau jomblo bukan berarti kita tidak bisa bahagia. Hidup kita tetap asyik. Kesendirian dalam situasi tertentu dibutuhkan. Itu bisa membantu kita lebih memahami diri sendiri.

    Selain itu itu, ketika sendirian, kita juga bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa kita kerjakan ketika berpasangan. Berikut ini beberapa cara untuk menikmati kesendirian:

    Fokus pada Karir

    Para ahli psikologi klinis mengungkapkan bahwa, menghabiskan waktu sebanyak mungkin untuk bekerja tidak hanya membuat kita mampu meraih profesionalitas yang tinggi, namun juga membuat kita bahagia dan kuat. Hal itu bukan berarti kita harus berubah jadi gila kerja, tetapi memberikan yang terbaik dari diri kita pada pekerjaan juga akan membebaskan kita.

    Menghabiskan Waktu Bersama Teman-Teman

    Jika kita selama ini kehilangan waktu untuk bisa bersama teman-teman, ini saatnya kita bersosialisasi kembali. Kita bisa bertemu teman di akhir pekan atau setelah bekerja untuk bersantai bersama mereka. Kegiatan ini akan menciptakan kenangan indah yang bakal bertahan lama dalam ingatan kita.

    Pergi Belanja atau Nonton Bioskop

    Kebanyakan orang tidak suka pergi belanja atau nonton sendirian. Namun bepergian sendiri akan membantu kita membangun kepercayaan diri dan membentuk kepribadian kita. Hal itu mengajarkan kita untuk mandiri.

    Pergi Liburan Sendiri

    Dengan berlibur sendiri akan membuat kita merasa bebas dan bisa membangun kepercayaan diri. Pilihlah lokasi liburan yang sesuai dengan kepribadian kita. Apabila kita senang belanja, Paris dapat menjadi pilihan tepat. Jika kita suka olahraga air, Thailand atau Lakshadweep bisa menjadi pilihan terbaik.

    Menekuni Hobi

    Manfaatkan waktu ini untuk hobi kita. Apabila kita suka memasak misalnya, mulailah membuka kelas memasak dengan mengundang teman dan tetangga untuk belajar memasak bersama. Jika kita suka otomotif, gunakan waktu kita untuk mengotak-atik mobil atau motor kita sesuai dengan yang kita inginkan.

    Hidup untuk Diri Sendiri, bukan oleh Diri Sendiri

    Orang sering bingung antara hidup untuk diri mereka sendiri dengan hidup sendiri. Kita harus menyadari ini waktunya untuk berinvestasi dalam diri kita. Hal itu harus menjadi sebuah pencarian untuk menemukan diri sendiri dan mempelajari bagaimana kita bisa menjadi yang terbaik. Jika kita berpikir perlu belajar bahasa baru atau melakukan kerja sosial misalnya, lakukanlah sekarang. Gunakan waktu ini untuk meningkatkan diri kita.

    Kecuali enam hal tersebut, ada sejumlah tips yang juga penting untuk menjalani kesendirian, yaitu:

    • Gunakan waktu kesendirian itu untuk instropeksi diri daripada mencari cinta lagi.
    • Renungkan hubungan masa lalu kita dan mencoba belajar dari kesalahan masa lalu.
    • Bersiaplah untuk cinta yang datang dalam hidup kita daripada mempersiapkannya.
    • Terbuka untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang baru dalam hidup kita.

     

    Nah, itulah beberapa hal yang bisa kita coba lakukan untuk menikmati kesendirian kita. Semoga bermanfaat.

    ***
    Solo, Kamis, 12 Desember 2019. 8:35 pm
    'salam sukses penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko

    Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.