x

Bobox ditujukan untuk milenial yang ingin hangout atau staycation. Foto: @bobobox_id

Iklan

Ovia Citra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Desember 2019

Jumat, 13 Desember 2019 05:26 WIB

Degradasi Kesopanan Generasi Milenial


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Generasi milenial merupakan generasi yang sedang naik daun. Banyak sekali berita, seminar bahkan penelitian yang membahas generasi milenial. Sebutan generasi milenial adalah untuk mereka yang lahir pada 1980 - 1990, atau pada awal 2000, dan seterusnya.

Generasi ini hidup di zaman yang serba menggunakan teknologi canggih dengan hadirnya industry 4.0. Kecanggihan teknologi ini menjadikan mereka menghabiskan waktu di depan layar perangkat mobile selama 9 hingga 12 jam sehari. Dapat dibayangkan, jika satu hari 24 jam sedangkan 12 jam untuk memainkan perangkat mobile, 5-7 jam untuk tidur, lantas hanya berapa jam generasi ini berinteraksi dengan orang di sekitarnya?


Sungguh miris ketika melihat generasi milenial yang acuh terhadap lingkungan sekitar dan lebih mementingkan kenikmatan teknologi pada masanya. Hal ini menjadikan mereka kurang berinteraksi dengan orang di sekitarnya. Padahal, melalui pengalaman berinteraksi, tingkat moralitas termasuk kesopanan dapat lebih matang(Islamiah, 2018). Sebaliknya, semakin sedikit waktu mereka untuk berinteraksi, semakin sedikit pula nilai-nilai kesopanan yang mereka terapkan atau bahkan mereka tidak peduli dengan kesopanan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hal ini selaras dengan hasil penelitian yang dilakukan Saiful(2016), bahwa berdasarkan sampel penelitiannya semenjak mengenal smartphone dengan segala kecanggihan dan kebebasannya mereka mulai menjadi pribadi yang kurang menjunjung tinggi kesopanan apalagi dalam hal berinteraksi. Budaya memperhatikan orang yang sedang berbicara, budaya bersalaman dengan guru saat bertemu mulai luntur, budaya bertutur kata halus kepada orang tua mulai memudar, budaya mendahulukan yang tua mulai ditindas dengan sikap egois, budaya menunduk saat lewat didepan orang tua mulai sirna bahkan tidak ada perbedaan antara tua dan muda.

Lalu bagaimana dengan eksistensi jati diri bangsa Indonesia yang terkenal ramah dan sopan? Akankah hal tersebut tetap ada pada diri para penerus bangsa?
Sejatinya, nilai kesopanan tetap dapat dilakukan generasi milenial terutama dalam bertutur kata saat bermain di media social. Memberikan komentar positif pada akun orang lain, salah satu contohnya. Jika para warganet seluruhnya menerapkan kesopanan, tentu tidak ada istilah haters yang akhir-akhir ini banyak menimbulkan suatu permasalahan yang bermuara pada hukum. Sangat disayangkan, hanya dengan secuil kalimat berujung kehidupan di balik jeruji besi.

Komentar-komentar tidak sopan juga dapat mempengaruhi psikologi pemilik akun. Banyak pemilik akun yang trauma dengan “nyinyiran haters” dan pada akhirnya menonaktifkan kolom komentar bahkan akun pribadinya. Dengan menerapkan nilai kesopanan, tentu tidak akan beredar foto-foto yang tidak pantas dilihat dan konten-konten tulisan yang tidak pantas dibaca.

Sungguh kompleks dampak negatif yang disebabkan terkikisnya kesopanan generasi milenial di era kemajuan teknologi. Degradasi kesopanan yang terjadi pada kaum milenial harus segera dipulihkan. Penanaman nilai-nilai kesopanan sejak dini dalam kehidupan sehari-hari harus diterapkan. Bahkan dalam penggunaan media social juga harus menerapkan nilai-nilai kesopanan. Bertutur bahasa halus di media social dapat menghindari terjadinya konflik akibat salah paham. Jika konflik dihindari, hubungan social terjaga, maka damailah negeri Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika ini.

Ikuti tulisan menarik Ovia Citra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB