x

Software Akuntansi untuk Perusahaan Travel

Iklan

Kirana Haditia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 November 2019

Jumat, 13 Desember 2019 11:50 WIB

3 Fungsi Software Akuntansi bagi Perusahaan Travel

Hampir semua perusahaan membutuhkan software akuntansi, alasannya karena semua perusahaan memiliki proses akuntansinya masing-masing. Rumit atau tidaknya proses akuntansi tersebut tergantung dengan skala perusahaan. Perusahaan kecil tentu proses akuntansinya lebih mudah dibandingkan dengan yang perusahaan besar. Yang akan dibahas pada kesempatan kali ini adalah fungsi software akuntansi untuk perusahaan travel.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Software akuntansi – Saat ini zaman semakin modern membuat masyarakat mengubah gaya hidupnya, bahkan dalam keseharian dan juga di dalam pekerjaannya. Di zaman modern seperti saat ini kehidupan masyarakat menjadi terbantu dengan teknologi yang ada sehingga kehidupan mereka menjadi lebih simpel dan lebih praktis. Tidak hanya kehidupan saja namun bisnis pun bisa menjadi lebih berkembang berkat memanfaatkan teknologi tersebut. Oleh sebab itu bisnis akan bisa tertinggal jika tidak bisa berteman dan memanfaatkan teknologi yang ada tersebut.

Salah satu wujud dan bentuk teknologi yang bisa dimanfaatkan adalah software khusus akuntansi. Seperti yang diketahui bahwa akuntansi ini memerlukan ketelitian dan juga cukup rumit sehingga sering menghasilkan error. Padahal akuntansi berhubungan dengan keuangan perusahaan yang cukup vital dimana error sedikit saja akan membuat data keuangan yang dimiliki menjadi tidak real time.

Software Akuntansi untuk Perusahaan Travel

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hampir semua perusahaan membutuhkan software ini, alasannya karena semua perusahaan memiliki proses akuntansinya masing-masing. Rumit atau tidaknya proses akuntansi tersebut tergantung dengan skala perusahaan. Perusahaan kecil tentu proses akuntansinya lebih mudah dibandingkan dengan yang perusahaan besar.

Yang akan dibahas pada kesempatan kali ini adalah fungsi software akuntansi untuk perusahaan travel. Perusahaan travel ini berhubungan dengan perjalanan, pembelian tiket, paket wisata, dan lain sebagainya sehingga akan banyak proses dan transaksi akuntansi didalamnya. Artinya jika tidak jeli penghitungan akuntansi tersebut akan menjadi error dan merugikan perusahaan.

Berikut adalah fungsi accounting software bagi perusahan travel yang penting untuk Anda perhatikan:

  1. Membantu penjualan

Fungsi yang pertama adalah membantu penjualan. Software yang baik tidak hanya sekadar mencatat namun juga bisa melakukan print out dalam membuat jurnal secara otomatis. Selain itu software ini juga terbukti mampu dalam mencatat transaksi penjualan secara otomatis.

  1. Mencatat deposit atau uang muka

Dalam setiap transaksi bisnis pasti harus memberikan deposit yang mana menjadi tanda bahwa pembeli serius untuk melakukan pembelian atau menggunakan jasa perusahaan travel tersebut. Oleh sebab itu software ini berfungsi sebagai pencatat deposit atau uang muka.

Transaksi keuangan pada perusahaan travel sering berhubungan dengan pembelian tiket vendor sehingga harus melakukan deposit. Tujuan akhir dari deposit ini adalah mengontrol sisa deposit ke vendor. Nantinya software akuntansi terbaik juga bisa melakukan print out atau mencetak bukti pembayaran deposit sehingga saat pelunasan tanda bukti itu harus dibawa dan ditunjukkan ke perusahaan travel.

  1. Mencatat transaksi penjualan paket tour and travel

Fungsi dari software akuntansi yang terakhir adalah melakukan pencatatan penjualan paket tour and travel. Untuk melakukan penghitungan tersebut tentu akan lebih mudah dan cepat jika dilakukan secara otomatis tidak dilakukan secara manual. Software terbaik akan bisa memberikan layanan penjualan, pembayaran konsumen, mencatat uang muka, dan yang terakhir adalah pembayaran supplier.

Pentingnya Accounting Software bagi Perusahaan Travel

Bisnis travel persaingannya sangat ketat, sehingga pelayanan kepada konsumen di tuntut cepat dan juga tepat. Dengan bantuan aplikasi akuntansi ini perusahaan travel Anda akan bisa mencatat segala keuangan dengan cepat dan tepat, berbeda jika menghitung secara manual tentu proses pencatatannya lebih lama dibandingkan dengan mencatat secara otomatis.

Selain itu yang membuat software ini penting bagi perusahaan travel adalah bisa memberikan gambaran berupa persediaan tiket yang dimiliki oleh perusahaan beserta dengan harganya sehingga hal tersebut akan bisa memunculkan data tiket secara real time dibandingkan dengan pencatatan manual yang rentan untuk mengalami kesalahan.

Demikianlah pentingnya dan fungsi software akuntansi bagi perusahaan travel, semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Kirana Haditia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler