x

Head of Marketing Retail Division PT. Indo Premier Sekuritas, Paramita Sari (hijab) di acara Penghargaan Tokoh Finansial di Jakarta, Kamis, 12 Desember 2019 (Foto: Istimewa)

Iklan

Johanes Sutanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 14 Desember 2019 05:16 WIB

IndoPremier Raih 2 Penghargaan di Ajang Tokoh Finansial Indonesia 2019

IndoPremier: Sekuritas Terbaik 2019 Kategori Aset di Atas Rp. 1 Triliun dan Kategori Lead Underwriter Obligasi Teraktif.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya


Jakarta - Malam penobatan Tokoh Finansial Indonesia 2019 yang diselenggarakan Majalah Investor di Jakarta, 12 Desember 2019 memberikan penghargaan khusus pada PT Indo Premier Sekuritas dalam dua kategori, yakni sebagai Sekuritas Terbaik 2019 Kategori Aset di Atas Rp. 1 Triliun dan Kategori Lead Underwriter Obligasi Teraktif.

Kategori Aset di Atas Rp. 1 Triliun tentu layak diberikan pada IndoPremier karena sebagai pelopor dalam berbagai bidang usaha efek di Indonesia capaiannya sangat signifikan.

Bicara soal aset di atas 1 triliun ini tentu tidak mengejutkan karena hingga saat ini dari sisi pangsa pasar maupun kapitalisasi modal, IndoPremier telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu pelaku pasar modal terbesar dengan kapitalisasi modal lebih dari Rp 1 Triliun justru sudah sejak 31 Desember 2016 silam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Data dari Laporan Keuangan PT Indo Premier Sekuritas di laman IDX per 31 Maret 2019 tercatat total aset IndoPremier ada di angka 1,9 Triliun. Angka ini naik signifikan dari 31 Desember 2018 dengan total aset yang mencapai 1,7 Triliun. Adapun data terakhir total aset IndoPremier per 30 September 2019 sudah di angka 2,3 Triliun.

Aset IndoPremier tumbuh pesat karena IndoPremier bergerak tak hanya di bidang perantara pedagang efek, tetapi juga penjamin emisi efek, dan manajemen investasi.

Adapun nasabah-nasabah IndoPremier dibagi menjadi 2 kategori yang berbeda yaitu retail dan institusi. Hingga saat ini, IndoPremier adalah salah satu perusahaan efek yang mempunyai peran sangat besar di 2 kategori ini.

Harus diakui, hingga saat ini anya ada beberapa perusahaan efek di Indonesia yang sangat berhasil di kedua kategori nasabah, karena biasanya suatu perusahaan efek hanya dapat berkonsentrasi di satu kategori nasabah.

Sementara itu, untuk Kategori Lead Underwriter Obligasi Teraktif, ketika di kuartal I/2019 saja IndoPremier sudah menorehkan prestasi cemerlang dengan nangkring di peringkat pertama penjamin emisi obligasi.

IndoPremier sukses menjadi penjamin emisi penerbitan obligasi yang menjadi pendanaan alternatif idaman bagi perusahaan-perusahaan yang ingin memperoleh tambahan modal ekspansi, sekaligus untuk pembiayaan kembali (refinancing) obligasi jatuh tempo.

IndoPremier sebagai penjamin emisi menyiapkan, menyusun, dan menjamin penggalangan dana tersebut dengan mempertemukan perusahaan yang dijamin dengan investor-investor pengelola dana jangka panjang.

Adapun terbitan obligasi melalui IndoPremier Sekuritas di antara PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) pada Maret lalu, PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII), PT Indosat Tbk (ISAT), dan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero).

Tidak tanggung-tanggung, di kuartal I/2019 ini IndoPremier Sekuritas ternyata menjadi penjamin emisi obligasi terbanyak dengan dengan total nilai emisi sebesar Rp. 4,32 Triliun.

Di kuartal I/2019 IndoPremier Sekuritas justru sudah menempati posisi pertama sebagai penjamin emisi obligasi dengan mencatatkan nilai emisi sebesar Rp. 4,32 Triliun atau 38,4% lebih tinggi dibanding nilai emisi yang dicapai Mandiri Sekuritas yang nangkring di peringkat kedua.

Total underwriting yang dilakukan IndoPremier sebanyak 49 seri obligasi. Sebagai penjamin emisi obligasi terbesar di Indoensia, IndoPremier Sekuritas menguasai pangsa pasar sebesar 21,34% pada kuartal I/2019.

Ikuti tulisan menarik Johanes Sutanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu