x

ilustr: toppr

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 14 Desember 2019 19:14 WIB

Lakukanlah Hal-Hal Ini agar Kamu Bahagia

Tips menjalani hidup dengan bahagia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kebahagiaan sesungguhnya adalah sebuah kesadaran puas dan gembira yang berdasar pada keadaan kamu sendiri yang berarti kamu harus senantiasa bersyukur.  
 
Rasa bahagia tidak terikat pada pengalaman-pengalaman tertentu. Bahagia merupakan pilihan kamu sendiri. Apa pun yang kamu lakukan bisa membahagiakan atau tidak tergantung pilihan dari dalam batin kamu sendiri. 
 
Namun demikian mungkin tak ada salahnya untuk memahami dan mencoba melakukan hal-hal berikut ini agar kamu sungguh mengalami kebahagiaanmu.
 
Jujurlah pada Diri Sendiri
 
Katakan yang sebenarnya pada dirimu sendiri. Jujurlah pada dirimu mengenai apa pun yang menurut kamu benar, hal apa yang keliru berdasar pendapatmu serta aspek apa dalam hidup yang perlu kamu rubah. Perlu juga untuk mengakui kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan. Karena pada akhirnya kamu tidak akan pernah bisa menggantungkan harapan pada siapa pun kecuali pada dirimu sendiri. Dengan melakukan ini, kamu akan lebih memahami langkah apa yang perlu kamu jalani untuk membuat hidupmu lebih baik.
 
Jadilah Dirimu Sendiri
 
Sering berusaha menjadi orang lain adalah sia-sia dan kesalahan besar. Kamu mempunyai kepribadian  yang unik yang bisa kamu kembangkan. Galilah keunikan dalam dirimu, keluarkan dan jangan pernah takut akan komentar orang. Siapa pun yang berhak ada di hidupmu adalah mereka yang mau menerima semua kebaikan dan keburukanmu.
 
Hargailah Dirimu
 
Bukan hanya keberhasilan saja yang perlu dihargai. Kesalahan atau kegagalan juga perlu. Jangan mengutuk diri karena kesalahan yang kamu buat. Maafkan dirimu dan terimalah bahwa kamu punya sisi lemah yang menyebabkanmu berbuat salah. 
 
Membuat kesalahan pasti mengajarkanmu sesuatu. Tanpa berbuat salah kamu tidak akan pernah tahu rasanya terpuruk dan harus berusaha bangkit lagi. Hargai usaha yang sudah kamu lakukan untuk bangkit dari kesalahan itu. Yakinlah bahwa kesalahan yang pernah kamu buat adalah pintu masuk ke gerbang kesuksesanmu kelak.
 
Hargailah yang Saat Ini Terjadi
 
Sebaiknya kamu lupakan apa yang pernah terjadi, jangan cemaskan hal apa yang mungkin bisa terjadi di masa depan. Kamu sesungguhnya memang hidup saat ini. Hal-hal yang ada di saat inilah yang penting untuk kamu jalani dan kamu syukuri. Cobalah untuk selalu hidup di saat ini dan hentikan berpikir mengenai masa lalu dan masa depan.
 
Bersikaplah Lembut pada Diri Sendiri
 
Coba kamu ingat, seberapa sering kamu memarahi diri sendiri? Apakah kamu sering memaksa dirimu melebihi batas kemampuan? Berhentilah mulai sekarang. Bersikap lembutlah. Kasih sayang yang kamu curahkan pada dirimu tidak akan membuatmu terlihat lemah, namun justru akan mebahagiakan perasaanmu. Siapa yang akan menjaga dirimu jika bukan kamu sendiri?
 
Utamakan kebahagiaanmu Sendiri
 
Membahagiakan diri sendiri bukan berarti kamu berubah menjadi pribadi egois yang tidak peduli kebahagiaan orang lain. Ketahuilah, sebenarnya kamu bisa membahagiakan dirimu sekaligus membahagiakan orang lain. Dirimu itu penting. Mulai saat ini, cobalah untuk melakukan hal-hal yang membuatmu bahagia. Mulailah merawat tubuh dan perasaanmu. Saat kamu sudah merasa bahagia, akan lebih mudah kamu bisa membahagiakan orang lain.
 
Syukuri Apa yang Kamu Miliki
 
Rasa tidak bahagia seringkali muncul dari ketidakpuasan atas apa yang sudah kamu miliki. Terkadang, kita memang menjadikan pencapaian orang lain sebagai tolok ukur kebahagiaan kita. Apabila hal ini yang kamu lakukan, kamu tidak akan pernah berhenti mengejar apa yang dimiliki orang lain. Tidak pernah merasa cukup dengan apa yang ada di genggamanmu. 
 
Meskipun memang rumahmu saat ini masih lebih sederhana dari rumah temanmu, meskipun bentuk badanmu masih belum sesempurna kawanmu, bersyukurlah. Luangkan waktumu setiap pagi untuk mengingat apa yang sudah kamu dapatkan, dan ucapkan terima kasih atas kesempatan untuk memilikinya.
 
Ciptakan Kebahagiaanmu Sendiri
 
Perasaan bahagia tidak akan datang tiba-tiba. Kamu juga tidak mungkin menggantungkan diri pada orang lain untuk bisa merasa bahagia. Tentukan kebahagianmu, dan lakukan. Apabila kamu masih bingung, cobalah cari kegiatan yang paling kamu senangi dan lihat sisi baik dari kegiatan itu. Kebahagiaan biasanya datang saat kita memutuskan untuk menjalaninya.
 
Beri Kesempatan untuk Mimpi dan Gagasanmu
 
Apakah kamu punya mimpi yang belum bisa terwujud? Mulailah untuk mencoba memberikan dirimu kesempatan mewujudkan impian itu. Kamu tidak akan pernah tahu apakah kamu akan berhasil atau tidak, tetapi paling tidak kamu sudah mencoba. Bila kamu sukses, mimpimu terwujud. Bila tidak, kamu sudah belajar sesuatu.
 
Lakukan Sesuatu Setiap Hari untuk Pencapaian Mimpimu
 
Melakukan sesuatu disini artinya sungguh-sungguh mendedikasikan waktumu untuk mencapai tujuan tersebut. Banyak orang memiliki mimpi yang fantastis, namun hanya sedikit dari mereka yang benar-benar meluangkan waktu untuk mencapainya. Semakin keras kamu bekerja, keberuntungan akan lebih mudah menyapamu dalam upaya mewujudkan impian itu.
 
Yakinkan Dirimu untuk Langkah Selanjutnya
 
Yakinkan dirimu sendiri bahwa kamu siap menghadapi tantangan yang akan muncul di hadapanmu. Kamu mesti siap mengambil langkah nyata untuk membuat kehidupanmu lebih baik. Kamu siap menerima tantangan yang bisa membuatmu berkembang dalam hidup.
 
Bergaul dengan Orang yang Tepat
 
Pastikan kamu menggunakan waktu dalam hari-harimu dengan orang yang benar-benar mendukungmu. Mereka yang menyemangatimu untuk mencapai mimpi, mereka yang mendorongmu bangkit dari keterpurukan, dan yang terpenting  adalah mereka yang menerima dan mencintaimu apa adanya. Orang-orang yang tidak akan menilai tindakanmu tanpa tahu maksud yang mendasarinya.
 
Jangan Menghindari Masalah
 
Suatu masalah akan tetap menjadi masalah, kecuali kamu mengambil langkah untuk mencari penyelesaiannya. Perlu kamu sadari bahwa masalah yang kamu hadapi tidak mendefinisikan siapa dirimu. 
 
Namun, responmu terhadap masalah itulah yang membentuk citra dirimu. Setiap menghadapi masalah, langsung lakukan apa yang bisa kamu lakukan saat itu juga. Setiap langkah, sekecil apapun, dapat membantumu untuk keluar dari masalah yang kamu hadapi.
 
Lihatlah Hal-Hal baik dari Setiap Masalah
 
Ketika merasa terpuruk, tariklah nafas panjang dan cobalah melihat hal-hal baik dari masalah yang kamu hadapi. Sisi terang dari masalah yang membuatmu yakin bahwa masih ada harapan dari setiap kejatuhan. Kamu mesti yakin bahwa keterpurukan ini akan membentukmu menjadi pribadi yang lebih tangguh. Seraya terus bersyukur atas hal-hal baik yang sudah terjadi pada hidupmu selama ini.
 
Lawanlah Dirimu yang Dulu
 
Mungkin kamu bisa belajar dari kesalahan dan pencapaian orang lain, tetapi bukan itu yang penting. Dalam dunia nyata, kamu tidak sedang berjuang melawan orang lain. Kamu sesungguhnya berperang melawan dirimu sendiri. Cobalah mengalahkan versi dirimu yang pernah ada. Pasang target untuk memecahkan rekor pribadi dan lihatlah seberapa jauh dirimu bisa berkembang.
 
Maafkan Orang Lain dan Dirimu
 
Setiap orang pernah tersakiti, baik karena perlakuan orang lain atau karena hal yang mereka lakukan sendiri. Cobalah untuk mulai memaafkan kesalahan itu. Memaafkan bukan berarti serta merta melupakan apa yang pernah terjadi. Memilih untuk memaafkan justru membuat kita menghilangkan rasa sakit yang menghantui dan memberi kesempatan untuk melanjutkan hidup.
 
Mulailah Hubungan yang Baru
 
Demi kebaikanmu sendiri, masukilah berbagai pergaulan atau hubungan yang baru . Ciptakan lingkaran pertemanan dan hubungan personal baru dengan orang-orang positif yang kamu kagumi. Ambil hal-hal baik dari mereka untuk perkembanganmu.
 
Berilah Kesempatan Pertemanan Baru
 
Tanpa terkesan jahat, beberapa hubungan pertemanan memang tidak bisa bertahan selamanya. Orang mengubah prioritas mereka, dan dalam beberapa kasus pertemananmu dengan orang itu harus hilang dari kehidupan kalian. 
 
Tapi saat ada hubungan pertemanan yang berakhir, kamu selalu punya kesempatan untuk memulai pertemanan yang baru. Lebarkan zona nyamanmu, cobalah mengenal orang-orang baru yang mungkin saja dapat merubah hidupmu.
 
Berbahagialah atas Keberhasilan Orang Lain
 
Cobalah untuk melihat apa yang kamu sukai dari orang lain dan sampaikan kepada mereka. Katakan selamat untuk setiap keberhasilan yang mereka capai. Berikan dukungan jika orang lain membutuhkannya. Apa yang kamu lakukan akan setara dengan apa yang akan kamu dapat nantinya. Jadi sebenarnya kamu sedang berbahagia untuk dirimu sendiri, bukan?
 
Dengarkan Suara Hatimu
 
Berikan kesempatan pada intuisi untuk menuntun langkah hidupmu. Bila perlu, diskusikan hal itu dengan orang terdekatmu. Ikuti suara hatimu dan lihatlah kemana ia bisa membawamu.
 
Terbukalah terhadap Perasaanmu
 
Apabila kamu tersakiti, berilah kesempatan pada dirimu untuk mengambil jarak dan menyembuhkan rasa sakit itu. Namun yang lebih penting, cobalah untuk terbuka kepada orang lain atas perasaanmu. 
 
Mulailah dengan orang yang paling dekat denganmu. Biarkan mereka mendengar dan memberimu saran, ijinkan mereka memberimu dukungan. Mengungkapkan perasaan bisa membuatmu merasa lebih baik.
 
Biarkan Dirimu Beristirahat
 
Kenali kapan stres bisa menderamu. Kenali tanda-tandanya serta berikan dirimu kesempatan untuk beristirahat. Ambil nafas panjang, beri kesempatan pada dirimu sendiri untuk tenang. Memberikan diri sendiri waktu istirahat ditengah puncak kesibukan justru bisa meningkatkan produktivitasmu.
 
Berbahagialah akan Hal-Hal Kecil
 
Daripada menunggu kebahagiaan datang dari hal-hal besar seperti kelulusan, promosi kerja atau pernikahan, cobalah mulai menciptakan kebahagiaan akan hal-hal kecil. 
 
Berbahagialah untuk perjalananmu yang bebas macet ke kantor pagi ini, ungkapkan syukur atas kehangatan rekan-rekan kerja di awal hari, serta tersenyumlah saat kamu pulang dengan lelah tetapi merasa berguna untuk pasanganmu yang menanti di rumah. Mensyukuri hal-hal kecil semacam ini dapat membawa dampak besar bagi kehidupanmu.
 
Terimalah Hal-Hal yang Tidak Sempurna
 
Terus menerus menuntut kesempurnaan bisa membuatmu melupakan hal-hal baik yang terjadi. Belajarlah menerima hal-hal disekitarmu yang masih jauh dari sempurna. 
 
Terkadang, lebih baik menerima dan mensyukuri apa yang ada dibandingkan terus mencoba menciptakan kondisi yang menurutmu paling ideal. Bukan berarti kamu jadi apatis, namun kamu justru akan tumbuh menjadi pribadi yang mensyukuri apa pun. Betapapun tidak sempurnanya hal itu.
 
Ambillah Tanggung Jawab Penuh atas Hidupmu
 
Sesungguhnyalah kamu yang bertanggung jawab atas setiap keputusan, keberhasilan dan kegagalan dalam hidupmu. Apabila kamu tidak mengambil tanggung jawab ini dari sekarang, orang lain akan mengambilnya. Kemudian identitasmu akan terus berada dibawah bayang-bayangnya. Hidup terlalu singkat untuk sekedar menjadi bayangan orang lain.
 
Rawatlah Hubungan Terpenting dalam Hidupmu
 
Ingatlah, kamu tidak akan mampu menjadi segala-galanya bagi setiap orang. Tetapi kamu bisa menjadi dunia bagi beberapa orang. Tentukan orang-orang terpenting dalam hidupmu, dan jagalah hubungan itu dengan baik. Katakan betapa kamu bersyukur memiliki mereka dan tunjukkan kesungguhanmu dengan selalu memperlakukan mereka sebagai orang nomor satu di hidupmu.
 
Bantulah Orang Lain
 
Pekalah terhadap kebutuhan orang lain. Sediakan tangan dan luangkan waktu untuk membantu orang-orang disekitarmu. Jangan keberatan memberikan saran apabila kamu tahu jalan yang lebih baik bagi permasalahan yang dihadapi orang lain. Semua kebaikan itu pada akhirnya akan kembali kepada dirimu sendiri.
 
Fokuslah terhadap Hal-Hal yang Bisa Kamu Kendalikan
 
Jangan membuang energi untuk mengkhawatirkan hal-hal yang berada diluar kendalimu. Kamu tidak bisa terus-terusan mengatur segala sesuatu, namun kamu selalu bisa merubah sesuatu. Tatkala ada hal-hal  yang tidak bisa kamu selesaikan dengan tanganmu, yakinlah selalu ada cara untuk mengubahnya.
 
Yakinlah bahwa Semua Hal akan Indah pada Waktunya
 
Pikiranmu harus yakin lebih dahulu bahwa ia bisa melakukan sesuatu sebelum hal itu benar-benar terwujud. Cara untuk mengalahkan pikiran negatif adalah dengan membangun kekuatan positif dalam dirimu kemudian benar-benar berusaha untuk mempercayainya. Gantikan semua pikiran negatif dengan keyakinan positif. Yakinlah bahwa semua akan indah pada waktunya, jika tidak,  maka itu memang belum waktunya.
 
Yakinlah selalu bahwa Dirimu adalah Pribadi yang Berkecukupan
 
Meskipun banyak hal yang tidak sesuai dengan harapanmu, ingatlah selalu betapa nyamannya hidupmu saat ini. Kamu tidak tidur dengan perut lapar, kamu masih bisa meminum air bersih, kamu tidak perlu takut menginjak ranjau darat dan mungkin kamu tidak harus bekerja bersimbah keringat untuk menghasilkan uang. Berjuta orang diluar sana rela bertukar tempat untuk memiliki kehidupan nyamanmu.
 
Nah, itulah sekadar sharing tentang hal-hal yang bisa kamu lakukan agar kamu berbahagia. Semoga bermanfaat dan jangan sampai lupa bahagia.
 
***
Solo, Sabtu, 14 Desmber 2019. 3:43 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler