x

sumber foto: ayahkeren.id

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 17 Desember 2019 12:21 WIB

Kapan Kamu Boleh Berkencan?

Tentang saatnya berkencan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Para orangtua pada umumnya menentukan batas bagi anak remaja mereka. Banyak cewek yang berusia 14 tahun telah memiliki ‘pacar’ agak tetap. Tentu saja, sudah berpacaran tidak berarti bahwa telah siap untuk itu. Sebagian besar remaja menyangka bahwa orangtua mereka terlalu ketat dalam mengatur pergaulan.

Kamu mesti belajar untuk mendapatkan ijin kencan dengan mengindahkan keputusan-keputusan kedua orangtua kamu. Sekali mereka melihat kamu menghormati mereka, mereka akan lebih mempercayai kamu. Misalnya kamu menanyakan kapan kamu boleh pergi berkencan dengan teman lawan jenismu. Jika mereka menjawab ‘satu atau dua tahun lagi’ dan kamu sewot lalu mengamuk, mereka justru akan semakin yakin bahwa keputusan mereka benar.

Apa pun keputusan orang tua kamu, yang mereka inginkan hanyalah supaya kamu lebih dewasa dan mampu mengambil keputusan secara bertangungjawab. Dari perilaku kamu, mereka akan mengambil kesimpulan apakah kamu dapat ‘membuktikan’ kepada mereka, bahwa kamu telah mampu berkencan dengan baik.

Mintalah ijin kepada orangtua kamu untuk ikut dalam acara-acara piknik sekolah atau kencan berkelompok. Hal ini akan merupakan langkah awal yang baik untuk memperoleh ijin berkencan berduaan. Sikap kamu dalam acara-acara kencanmu akan menimbulkan kesan pada mereka. Bila kamu telah berjanji akan pulang pada pukul sembialn, namun ternyata kamu sampai rumah tengah malam, orangtua kamu pasti akan berpikir panjang untuk member ijin lagi kepada kamu. Oleh sebab itu sangat penting untuk menjaga sikap kamu terhadap pemberian ijin orang tua kamu.

Sekadar berbagi, semoga bermanfaat.  

***
Solo, Selasa, 17 Desember 2019. 9:39 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler