x

halaman depan museum senobudoyo

Iklan

Putri Ari Purnama

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 Desember 2019

Rabu, 18 Desember 2019 08:44 WIB

Museum Sonobudoyo Tawarkan Cuplikan Kebudayaan Jawa

artikel ini adalah artikel tentang salah satu obyek wisata di Yogyakarta yang menyajikan cuplikan kebudayaan yang ada di Indonesia khususnya Jawa

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kebudayaan kerap kali terbayangkan ketika nama kota Yogyakarta di sebutkan. Rasa nyaman tergambar jelas di antara kerumunan warga Yogyakarta. Tempat wisata yang beragam membuat wisatawan yang datang ke Yogyakarta tinggal memilih ingin mengunjungi tempat yang seperti apa. Kebudayaan menjadi salah satu atraksi yang peling diminati oleh wisatawan.

Berbicara tentang kebudayaan, banyak sekali hasil kebudayaan yang dapat kita saksikan di Yogyakarta. Museum Sonobudoyo juga hadir menjadi salah satu tempat yang menyajikan beberapa hasil kebudayaan di Yogyakarta. Museum yang berada di Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta ini memberikan gambaran mengenai sejarah dan kebudayaan Jawa kepada wisatawan. Letaknya yang dekat dengan titik nol kilometer dan dekat dengan Alun-alun Utara Kota Yogyakarta menjadikannya mudah ditemukan oleh wisatawan.

Ketika pertama kali memasuki Museum Senobudoyo ini, wisatawan akan disuguhi gamelan yang dilengkapi dengan fitur suara otomatis ketika wisatawan mendekat. Semakin masuk kedalam, wisatawan akan disuguhi ruang-ruang pameran seperti ruang batik, ruang wayang, ruang senjata, ruang purbakala, ruang topeng, ruang logam, ruang ukir yang menyajikan ukiran khas jepara, ruang mainan anak jaman dulu, bahkan ruang Bali yang menunjukkan sedikit kebudayaan Bali ada didalamnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Wisatawan tidak perlu khawatir tidak dapat mengerti beberapa hal di dalam Museum Sonobudoyo ini karena museum ini menyediakan pemandu wisata gratis yang dapat menemani wisatawan dengan menukarkan tiket yang wisatawan miliki. Tiket masuk museum ini juga tidak mahal. Untuk wisatawan lokal tiket masuk museum ini 3rb untuk dewasa dan 2,5rb untuk anak-anak dan apabila datang rombongan maka masing masing tiket akan dipotong 500 rupiah. Untuk wisatawan mancanegara juga tidak terlalu mahal yaitu 10rb.

Tidak hanya menawarkan ruang pameran, Museum Sonobudoyo memiliki keunikannya sendiri. Keunikan tersebut adalah adanya pagelaran wayang yang di lakukan setiap hari Senin sampai Sabtu dengan durasi 2 jam saja dari pukul 8-10 malam. Museum ini berhasil mengemas pagelaran wayang menjadi salah satu atraksi wisata yang tidak membosankan mengingat pagelaran wayang biasanya dilakukan semalaman suntuk. Hal ini ditujukan agar wisatawan tertarik dan tidak bosan saat menonton salah satu kebudayaan Jawa ini, selain itu hal ini juga bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Jawa yang mulai pudar dan hilang. Untuk menikmati pagelaran wayang ini wisatawan juga tidak perlu membayar mahal. Harga tiket pagelaran wayang ini hanya 20rb.

Atraksi yang disajikan oleh Museum Sonobudoyo ini dapat membawa wisatawan untuk melihat sebagian dari kebudayaan yang ada di Jawa. Pagelaran wayang juga mengijinkan wisatawan untuk melihat cuplikan pagelaran wayang yang biasanya disajikan selama kurang lebih 7 jam.

Jadi tunggu apalagi? Jika kalian ingin mencoba pengalaman baru menyaksikan cuplikan kebudayaan Jawa maka Museum Sonobudoyo menjadi jawabannya.

Ikuti tulisan menarik Putri Ari Purnama lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu