x

Memilih layanan web hosting

Iklan

Deden

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 18 Desember 2019 19:48 WIB

Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk Website dan Blog

Tips memilih layanan web hosting terbaik untuk website dan blog bagi pemula.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Web hosting menjadi salah satu aspek penentu sukses dan tidaknya sebuah situs web dimasa mendatang. Oleh sebab itu, adalah sangat penting bagi seorang webmaster untuk memilih layanan web hosting terbaik dengan dukungan server yang unggul.

Apa itu Web Hosting?

Secara garis besarnya, web hosting adalah tempat untuk menyimpan file/data website sehingga website tersebut bisa online dan menyajikan berbagai konten didalamnya, baik berupa teks, gambar, video, hingga aplikasi.

Karena fungsi fundamental web hosting tidak lain adalah sebagai media storage, maka website tidak akan bisa bekerja sebagaimana yang Anda lihat apabila tidak ada yang namanya web hosting.

Berapa Biaya Layanan Web Hosting?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Biaya sewa web hosting cukup bervariasi, tergantung kelas paket dan juga tempat membeli layanan web hosting tersebut. Setiap perusahaan penyedia web hosting memiliki strategi masing-masing untuk menggait konsumen.

Adapun salah satu strategi yang cukup banyak digunakan provider adalah dengan menawarkan biaya sewa murah. Karena memang tidak sedikit orang yang terkendala di biaya ketika ingin menyewa web hosting, maka strategi biaya sewa web hosting murah sepertinya hasilnya cukup efektif.

Tips Memilih Web Hosting yang Berkualitas

Ini merupakan main poin dari artikel ini. Saya akan mengulas beberapa kiat memilih web hosting murah dengan kualitas yang dapat diandalkan, sehingga tidak akan mengurangi potensi website Anda untuk tetap bisa berkembang.

Perhatikan beberapa hal penting dibawah ini jika Anda ingin menggunakan layanan web hosting murah.

1. Pilih Penyedia Hosting Terpercaya

Saat ini ada ratusan penyedia web hosting di Indonesia yang menawarkan web hosting murah. Dari sekian banyak penyedia tersebut, tidak semuanya siap memberikan kualitas terbaik. Untuk menghindari rasa kecewa dikemudian hari, maka sebaiknya Anda tentukan pilihan pada penyedia web hosting terpercaya yang telah digunakan banyak orang.

2. Perhatikan Disk Space Hosting

Tidak sedikit penyedia web hosting lokal yang menawarkan harga super murah, bahkan hanya Rp 1.000 per bulan. Namun, masalahnya adalah mereka menyediakan disk space yang jauh dibawah kebutuhan. Dalam memilih web hosting, pastikan setidaknya Anda akan mendapatkan disk space 300 MB.

3. Ketahui Fasilitas Web Hosting

Tentu, Anda perlu mengetahui fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan. Web hosting berkualitas adalah sebuah layanan web hosting yang menyediakan fasilitas sebagaimana yang dibutuhkan pengguna. Percuma Anda mendapatkan hosting dengan harga murah bilamana fasilitasnya sangat terbatas yang pada akhirnya akan mengganggu pengelolaan website Anda.

4. Tim Teknis Harus Responsif

Mengapa Anda membutuhkan web hosting dengan tim support yang responsif? Bayangkan Anda sedang dihadapkan dengan masalah serius, dan ketika Anda mencoba menghubungi tim dukungan teknis justru Anda dibuat menunggu tanpa ada jawaban, apa yang akan Anda rasakan?

5. Ada Garansi Uang Kembali

Pertimbangan memilih web hosting murah berikutnya adalah Anda perlu memilih penyedia web hosting yang siap memberikan garansi uang kembali tanpa syarat. Anda harus mendapatkan garansi uang kembali 100 persen. Dengan memiliki garansi, maka Anda akan terhindar dari kerugian. Jika nantinya kurang puas, Anda hanya perlu meminta refund.

Nah itulah beberapa tips untuk memilih web hosting murah berkualitas, semoga dapat memberikan masukan yang berguna bagi Anda, khususnya buat Anda yang masih cukup awam mengenai layanan web hosting.

Ikuti tulisan menarik Deden lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler