x

Tangkapan video viral

Iklan

Anas M

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Oktober 2019

Kamis, 19 Desember 2019 16:19 WIB

Heboh Video Sobek Al Quran: Pelaku Ditangkap, Terungkap Fakta yang Mencurigakan

Saat ini beredar video singkat mengenai perobekan Al-Quran yang terjadi di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Dalam video yang juga diunggah dikanal youtube pada Kamis, 19 Desember 2019, itu terlihat ada seseorang tengah memungut sobekan Al Qur'an di jalanan. Tampak pula sobekan Al Quran berceceran di jalanan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Polanya sama
Kasus  penyobekan Al Quran semacam itu  bukan pertama kali.  Tahun lalu juga  terjadi,  bahkan polanya sama  mirip. Saat itu beredar pula video viral  penyobekan Al Quran di Jalan Gunawarman, Jakarta Selatan yang diduga terjadi pada  malam hari, 20 Mei 2018.

Cara merekamnya pun  mirip.  Bedanya, suara yang merekam ketika  itu terkesan marah. "Ini Alquran ini, bukan uang, ini nggak tahu siapa yang nyobek-nyobek terus ngebuang di Jalan Gunawarman. Ini nggak tahu orang nggak punya otak apa nggak punya...,” begitu antara lain ucapnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

BJ Habibie juga ikut diwawancarai oleh media. Presiden ke-3 RI BJ Habibie menyesalkan hal ini. "Tidak boleh, itu tidak dibenarkan," katanya.menjawab pertanyaan wartawan di Hotel Sahid, Sudirman, Jakarta Pusat, 21 Mei, 2018. Habibie mengatakan tidak ada pembenaran apa pun atas aksi merobek kitab suci agama apa pun. Dia berharap kasus ini tidak terulang.

Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Stefanus Micheal Tamuntuan mengatakan saat itu  bahwa polisi mengusutnya. “Kami dapat berita viralnya hari minggu. Petugas reskrim diturunkan atas perintah kapolres untul mengecek ke lokasi, ternyata di TKP sudah ada tim Polda Metro Jaya,” katanya.

Hasilnya?  Ini yang membedakan.  Saat itu tak terungkap.  Kepala Polres Metro Jakarta Selatan Kombes Indra Jafar mengatakan ada kejanggalan dalam video  itu.  Kami jadi muncul kecurigaan kenapa saat itu (perekam kejadian) tidak lapor langsung ke polisi,"  ujar Indra.  Ia  justru menduga ada unsur kesengajaan  menyebarkan video  dengan tujuan memecah belah.  ***

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Anas M lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

18 menit lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB